Cara Mendapatkan Penghasilan dari Shutterstock Contributor, Simak!

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Shutterstock Contributor, Simak! (freepik.com)
Cara Mendapatkan Penghasilan dari Shutterstock Contributor, Simak! (freepik.com)

Shutterstock Contributor merupakan agen jual foto terbesar yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan. Situs ini telah menyediakan stok foto yang jumlahnya lebih dari 350 juta stok foto.

Tak hanya menyediakan foto, situs ini juga menyediakan vektor dan ilustrasi serta klip video dan trek musik yang jumlahnya lebih dari 21 juta. Perlu Anda tahu, lisensi Shutterstock ini bebas royalti. Jadi, Anda bisa mengunduh stok didalamnya dengan bebas tanpa batasan waktu.

Shutterstock Contributor, Dapatkan Cuan Lewat Jual Foto!

Saat ini banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda coba. Nah, salah satu jenis bisnis yang memiliki banyak peluang diantaranya yaitu bisnis dengan menjual karya lewat situs-situs atau agency microstock. Bisnis ini bisa dilakukan oleh para desainer ataupun fotografer.

Saat ini banyak perusahaan/agensi microstock yang muncul sebagai tempat jual beli foto. Salah satu agensi microstock yang populer yaitu Shutterstock.

Shutterstock merupakan suatu agensi dengan tingkat penjualannya yang cukup tinggi daripada dengan agensi-agensi yang lainnya.

Menariknya, Shutterstock juga menjadi salah satu situs microstock terbesar yang memiliki tingkat penjualan yang semakin tinggi sampai saat ini.

Misi dari agency ini yaitu sebagai penghubung bagi pihak profesional yang bergelut dalam bisnis kreatif yang kontributornya tersebar di penjuru dunia.

Shutterstock sudah berdiri sejak tahun 2003. Pusat kantornya yaitu berada di New York City.Karena merupakan salah satu situs microstock yang banyak diminati, maka Shutterstock mampu sukses menjangkau marketplace yang luas dan memiliki tingkat penjualan yang terbilang sangat tinggi.

Shutterstock kini menjadi situs unggulan untuk para fotografer dan desainer yang ingin mendapatkan penghasilan dengan kreativitas yang ia miliki. Seseorang yang berprofesi sebagai desainer ataupun fotografer dapat menjadi Shutterstock Contributor dengan cara menjual gambar maupun vector dengan free royalty.

Peluang di Shutterstock

Banyak sekali peluang yang bisa Anda dapatkan dalam situs ini. Sebab, Shutterstock tidak akan menutup peluang bagi setiap orang yang memiliki keinginan untuk bergabung jadi kontributor baru, walaupun sudah banyak sekali stok gambar, dan video di halaman situs ini.

Meskipun banyak peluang yang bisa Anda coba, namun Shutterstock sebisa mungkin akan memilih stock yang mempunyai nilai yang tinggi dan secara teknis karya tersebut sempurna.

Maka dari itu, akan selalu ada review sebelum pengiriman karya. Setelah karya tersebut dinyatakan lulus review, Anda baru bisa mengirimkan hasil karya dan juga mendapatkan penghasilan.

Bagi seorang desainer grafis, mereka akan memanfaatkan situs ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebanyak-banyaknya.

Lalu untuk para agensi dan biro-biro iklan, Shutterstock bisa dijadikan sebagai tempat untuk membeli vektor maupun file untuk dijadikan bahan iklan dengan harga yang terjangkau.

Penghasilan di Shutterstock

Penghasilan di Shutterstock memang tidak menentu. Meski demikian jumlah penghasilan yang didapatkan bisa sangat besar. Jumlah penghasilan dengan menjadi Shutterstock Contributor tidak terbatas. Semua itu sesuai dengan banyaknya portofolio dan juga seberapa bagus kualitas karyanya.

Tak hanya itu saja, sistem pembayaran yang terdapat pada situs ini sifatnya free royalty. Dengan begitu, hasil gambar atau vektor Anda bisa diunduh pelanggan berkali-kali. Akan tetapi, semua royalty bisa tetap menjadi milik Anda.

Cara Menjadi Shutterstock Contributor

Untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari jual foto di situs, maka terlebih dahulu Anda harus menjadi Shutterstock Contributor.

Nah, agar Anda bisa menjadi seorang kontributor Shutterstock yang sukses dengan penghasilan yang tinggi, maka harus memperhatikan tips berikut ini!

  1. Potret Foto yang Timeless

Agar foto hasil karya Anda bisa diterima di Shutterstock, maka sebaiknya bisa memotret foto yang timeless atau tak lekang oleh zaman. Cobalah untuk memotret topik mana yang kini sedang banyak diminati.

Adapun topik yang selalu laku di dalamnya antara lain seperti gaya hidup, bisnis, kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya memilih topik yang timeless, Anda juga bisa menggunakan strategi lain, antara lain seperti day trader’s. Anda bisa mengambil gambar dengan topik teknologi, mode, dan juga peristiwa terkini.

Gambar dengan topik seperti ini biasanya akan mudah terjual lebih cepat, namun sayangnya topik yang ini akan mengalami penurunan peminat seiring berjalannya waktu.

  1. Pastikan Hasil Foto Anda Autentik

Shutterstock Contributor juga harus bisa menghasilkan foto dengan kualitas seperti nyata dan autentik. Adapun cara terbaik untuk membuat stok foto yang menjual yaitu dengan fokus pada emosi autentik, kisah hidup nyata, dan juga atmosfer alami.

Untuk hasil yang autentik, pastikan Anda mempersiapkan pemotretan dengan sebaik mungkin. Tempat pemotretan harus tampak seperti nyata dan tidak ada unsur paksaan. Dengan begitu, foto Anda bisa terlihat semakin menarik dan nyata.

  1. Buat Suntingan yang Bersih

Foto yang ingin Anda jual sebaiknya tidak menggunakan filter yang aneh. Patikan hasil foto Anda menggunakan suntingan yang bersih saja.

Sebab, ketika seseorang membeli foto Anda, biasanya mereka akan mengubahnya sendiri sesuai dengan tampilan serta nuansa brand dan kampanye mereka..

Pada umumnya, pembeli sudah punya gambaran sendiri dalam pikiran mereka. Dengan menciptakan foto natural dengan editan yang bersih dan simpel, pembeli bisa mengkreasikan kembali foto tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Persiapkan Foto Sedetail Mungkin

Sebelum melakukan pemotretan, persiapkan terlebih dulu yang Anda butuhkan. Mulai dari tempat, model, menyiapkan properti, hingga mempertimbangkan posisi pencahayaan yang tepat. Baik untuk foto indoor atau outdoor.

  1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Sesudah Anda mengedit gambar dengan baik, maka selanjutnya bisa mengunggah hasil karya tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat agar bisa menjangkau banyak orang.

Pastikan kata kunci yang Anda gunakan menggambarkan kondisi yang ada pada gambar unggahan tersebut. Sehingga, orang akan lebih mudah mencarinya.

Dengan menerapkan tips ini, maka Anda bisa mendapatkan banyak penghasilan dengan menjadi Shutterstock Contributor yang profesional.