5 Cara Kompres Video Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Semakin besar ukuran sebuah video, maka semakin banyak pula kuota internet yang ikut tersedot jika menguploadnya ke sosial media. Proses mengunggahnya pun akan menjadi lambat bahkan terkadang bisa berhenti di tengah jalan. Size yang besar juga akan memenuhi kapasitas RAM sehingga membuat ponsel menjadi berat dan lemot. Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini, harus tau dulu cara kompres video tanpa aplikasi.

Bagi yang belum tau, kompres video tidak sama dengan memotong video. Kompresi video merupakan metode yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran file video. Jangan takut untuk mengompres, kualitas video akan tetap sama. Jika mengalami perubahan pun, pasti tidak akan terlihat dengan jelas. Ada beberapa aplikasi yang bisa mengecilkan ukuran video, namun yang dibahas kali ini adalah cara kompres video lewat situs website. Simaklah pembahasan berikut ini:

1. Menggunakan Situs Web VideoSmaller.com

Rasanya cukup menyebalkan saat tau ponsel tidak sanggup lagi menampung aplikasi kompres video, karena tempat penyimpanan yang sudah penuh. Meskipun begitu, jangan khawatir dulu. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengecilkan video. Caranya adalah dengan menggunakan situs website videosmaller.com. Situs ini sudah banyak dipakai orang dan terbukti berkualitas.

Ikuti langkah-langkah mengompres video lewat situs VideoSmaller.com berikut ini; buka browser lalu ketik “video smaller” di mesin pencarian, klik situs websitenya, kemudian pilih video yang mau dikompres, setelah itu tentukan skalanya, dan terakhir tap menu upload video. Tunggulah sampai proses kompres selesai. Jika sudah, klik link download file untuk menyimpan video yang sudah dikompres tadi.

2. Memakai Situs Web onlineconverter.com

Videosmaller.com bukan satu-satunya situs web yang bisa mengompres video. Ada situs onlineconverter.com dengan tampilan sederhananya. Meskipun terlihat biasa, situs ini punya fitur-fitur yang lengkap untuk menunjang proses kompres video. Penggunanya dapat memilih size video yang diinginkan. Cara kompres di situs ini juga sangat mudah. Cukup dengan membuka websitenya lalu tap menu choose file, pilih video dan ukuran yang telah ditentukan, kemudian tap tombol compres.

Baca Juga »  Inilah 5 Cara Merubah MKV Ke MP4 Terbaru 2022

3. Mengakses Situs Web MP4Compress

Sesuai dengan namanya, situs ini hanya bisa mengompres video dengan format MP4 saja. Video yang ukurannya dibawah 500 MB juga bisa dikecilkan dengan situs MP4Compress. Situs ini patut dipertimbangkan, sebab koneksi yang dipakai website sudah terenkripsi dengan baik. Data pengguna pun akan aman dan terlindungi dari kejahatan siber.

Bukan hanya itu saja, semua file yang diunggah dan dikompres akan terhapus secara otomatis. Cara memakainya juga sangat mudah. Ikutilah langkah berikut; kunjungi situs MP4Compress.com, lalu tap tombol select file untuk memilih dan memasukkan video, kemudian tekan tombol upload video file. Jika prosesnya sudah selesai, pengguna bisa menyimpan hasilnya dengan mengklik tombol download file.

4. Membuka Situs Web YouCompress.com

Selanjutnya ada situs web kompres serba guna. Selain video, situs YouCompress.com ini juga bisa mengompres file JPG, PNG, GIF, FPD, JPEG, dan lain-lain. Video yang dikompres lewat situs web ini bebas dari watermark, padahal layanannya gratis alias tidak membayar sama sekali. Cara mengompresnya pun mirip seperti website yang lain. Pengguna tinggal memasukkan file video yang mau dikompres. Lalu tunggu sampai selesai agar bisa mendownload hasilnya.

5. Mengunjungi Situs KeepVid.com

Cara kompres video tanpa aplikasi yang terakhir adalah dengan mengunjungi situs keepvid.com. Situs kali ini diklaim oleh banyak orang sebagai situs kompresor terbaik yang pernah ada. Wajar saja jika orang menilai seperti itu, situs keepvid.com dapat mempertahankan kualitas video tanpa menguranginya. Situs website ini juga gratis hingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Sekian penjelasan diatas terkait 5 cara kompres video tanpa aplikasi. Daripada mendownload aplikasi untuk mengkompres video, lebih baik menggunakan situs website agar tidak menambah beban kerja ponsel. Ada yang perlu diperhatikan ketika memilih website yang mau digunakan. Salah satunya adalah pengguna harus memilih alat kompres video yang keamanannya terjamin supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian file.

Leave a Reply

Your email address will not be published.