Langkah Cara Membuat Barcode Link Secara Online

QR Code merupakan salah satu teknologi terbaru sebagai evolusi dari barcode atau yang dikenal dengan kode batang. Kode ini dulunya hanya mengusung satu dimensi namun sekarang kehadiran QR Code menawarkan dua dimensi. Cara membuat barcode link ini sebenarnya sangat mudah hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

Di Indonesia, teknologi terbaru ini telah marak digunakan dalam menjalankan kepentingan bisnis. Sehingga keberadaannya sudah tidak asing lagi, bahkan semua kegiatan telah mendukung untuk penggunaan barcode link. Berikut inilah beberapa langkah cara yang dapat digunakan untuk membuat barcode link dengan cepat:

1. Membuat QR Code Generator

Sebelum membuat QR Code sebaiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu kegunaannya. Sebab meskipun keberadaan barcode link sudah sangat banyak di berbagai aspek. Namun masih banyak masyarakat yang awam dengan barcode link. Dalam membuat barcode link maka membuat QR Code terlebih dahulu.

Tools ini akan memudahkan hasil QR code secara otomatis. Dalam pembuatannya didukung dengan pilihan QR Code Generator online bagi pengguna. Beberapa yang dapat digunakan antara lain QRCode Monkey, Visualead, QR Stuff, Kaywa dan The-qrcode-generator.com. Semua situs yang ada dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Tentukan Tipe Konten

Langkah berikutnya yang bisa ditempuh oleh pengguna sebagai cara membuat barcode link yakni dengan membuat konten. Di dalam QR Code Generator yang telah dipilih sebelumnya maka akan ada opsi konten. Dengan demikian pengguna bisa memilihnya salah satu sesuai kebutuhan dari konten yang tersedia.

Konten yang disediakan oleh QR Code Generator cukup beragam dan semuanya mampu mendukung untuk akses ke berbagai hal. Ketersediaan konten yang ada berupa URL, E-mail, Bitcoin, PDF, Images, Vcard, SMS, Twitter, MP3, Text, Wifi, Facebook dan App Store. Setiap konten memiliki bentuk QR code yang berbeda.

Baca Juga »  Inilah 5 Cara Merubah MKV Ke MP4 Terbaru 2022

3. Masukkan Link

Pada tahapan selanjutnya dalam membuat barcode link dengan memasukkan link atau data. Hal ini bertujuan agar barcode link yang nantinya digunakan langsung mengarah pada konten tujuan. Link yang dimasukkan pada pembuatan barcode harus sesuai dengan pemilihan konten yang dibutuhkan oleh pengguna.

Apabila pengguna memilih opsi URL maka akan dimintai untuk memasukkan link situs dari pemilik. Lalu akan dimintai untuk menuliskan nama username yang ingin dimasukkan pada pembuatan QR code apabila memilih opsi Twitter. Selain Twitter pun langkahnya tetap sama pada setiap konten.

4. Atur Design

Cara pembuatan barcode link yang cukup mudah perlu membuat penampilannya lebih menarik. Ketika sudah memasukkan data dengan benar maka silahkan mengatur desain untuk tampilan QR code sesuai keinginan pengguna. Kemudian akan ada pilihan frame QR code yang bisa digunakan dan warna menarik.

Pembuatan barcode link secara online bisa dengan mudah menambahkan logo perusahaan di dalam QR code. Apabila telah berhasil mengatur desain sesuai dengan keinginan, langkah berikutnya mengunduh hasil barcode yang sudah jadi. Pengguna bisa memilih berbagai macam format seperti JPG atau vector SVG dan EPS.

5. Uji Coba QR Code

Jika sudah melalui semua tahapan di atas, artinya pembuatan barcode link yang ditautkan pada konten sudah berhasil. Tidak selesai sampai di situ, jika sudah mengunduh barcode link silahkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Dengan demikian bisa diketahui apakah barcode link langsung mengarah ke tautan yang diinginkan atau tidak.

Lakukan uji coba tersebut menggunakan HP dengan aplikasi scan yang telah terunduh sebelumnya. Saat tautan link yang dibuat sudah bisa dibuka maka artinya pembuatan barcode link berhasil dilakukan. Pengguna bisa langsung share barcode link agar orang lain dapat mengakses konten dengan mudah.

Baca Juga »  Unduh Aplikasi Make Up Wajah Bikin Cantik dan Bersinar

Demikianlah uraian langkah cara membuat barcode link yang bisa dilakukan melalui platform online. Dengan adanya barcode link memudahkan pengguna untuk menuju tautan konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.