Cara Membersihkan Drive C Di Windows 10

Cara Membersihkan Drive C Di Windows 10

Local Disk C merupakan sebuah directory utama dalam suatu sistem. Setiap data yang tersimpan akan secara default tersimpan pada sistem ini. Apabila Local Disk C tiba-tiba penuh, maka kinerja komputer akan terganggu dan menjadi lebih lambat. Berikut akan dijelaskan tentang cara membersihkan Drive C di Windows 10:

1. Hapus File Pribadi Yang Tidak Penting

Banyak penyebab yang mengakibatkan Local Disk C tiba-tiba penuh, salah satunya adalah banyaknya file pribadi yang tersimpan Local Disk C. File pribadi ini biasanya ditemukan di folder Downloads, Document, Pictures dan Music. File yang ada di folder tersebut tanpa pengguna sadari otomatis tersimpan dan terkadang memiliki ukuran yang besar.

Lakukan pengecekan secara rutin file-file yang tersimpan pada Local Disk C, sehingga kapasitas Local Disk C tidak penuh. Setelah itu, pilihlah file yang masih dibutuhkan dan file yang tidak penting. Apabila file masih dibutuhkan, pindahkan file ke penyimpanan lain. Sedangkan file yang tidak penting, maka hapus dari Local Disk C.

2. Hapus Temporary File

Penggunaan komputer atau laptop yang lama akan membuat cache yang tersimpan semakin bertambah. File ini berasal dari aktivitas program atau aplikasi tertentu, sehingga secara otomatis akan terhapus jika program berhenti. Namun, tidak semua file tersebut akan secara otomatis ikut terhapus tetapi ada file yang tersimpan di Local Disk C.

Cara membersihkan Drive C di Windows 10 selanjutnya adalah dengan menghapus temporary file di Local Disk C. Bukalah Windows Run dengan menekan Windows+Run. Lalu ketik %Temp% dan tekan Enter. Selanjutnya, pengguna akan ditampilkan temporary file, maka tekan Ctrl+A lalu klik kanan dan Delete. Maka secara otomatis temporary file terhapus.

3. Hapus Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang memiliki ukuran besar membuat komputer maupun laptop menjadi lebih lambat, sehingga menghambat pekerjaan pengguna. Hal ini disebabkan oleh aplikasi yang tersimpan sering kali membuat Local Disk C penuh. Cara membersihkan Drive C di Windows 10 adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Baca Juga »  5 Cara Jitu Mengatasi Windows 7 Lemot

Langkah cara untuk menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan di Local Disk C adalah dengan membuka Storage Local Disk C. Selanjutnya, pilih bagian App & feature, maka akan ditampilkan aplikasi yang terinstall di Windows 10. Pilihlah aplikasi yang memiliki ukuran besar dan sudah tidak dibutuhkan lalu uninstall aplikasi tersebut.

4. Gunakan Storage Sense

Cara membersihkan Drive C di Windows 10 lainnya adalah dengan menggunakan Storage Sense. Pengguna Windows 10 dapat memanfaatkan fitur Storage Sense untuk membersihkan Local Disk C yang penuh. Penggunaan fitur Storage Sense membantu penggunanya untuk menghapus cache yang tersimpan di Local Disk C secara otomatis.

Cara menggunakan Fitur Storage Sense adalah membuka fitur dengan mengetik Storage sense pada kolom pencarian. Setelah itu, pilih Configure Storage Sense Or Run It Now. Selanjutnya, pilih Clean dan tunggu proses pembersihan cache hingga selesai. Maka, secara otomatis cache terhapus dan penyimpanan Local Disk C sudah tidak penuh lagi.

5. Gunakan Disk Clean Up

Selain penggunaan fitur Storage Sense, pengguna juga dapat memanfaatkan Disk Clean Up untuk membersihkan Local Disk C. Fitur ini dapat membersihkan Local Disk C dengan menghapus cache, Recycle Bin, temporary file hingga thumbnails. Hal ini menunjukkan Disk Clean Up lebih efektif dan efisien untuk membersihkan Local Disk C.

Bukalah File Explorer kemudian klik kanan di Local Disk C lalu pilihlah Properties. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih Disk Clean Up dan tunggu beberapa saat proses kalkulasi data. Setelah itu, centang file yang akan dihapus lalu klik Ok. Maka akan muncul pesan untuk konfirmasi penghapusan file lalu pilih Delete Files.

Demikian penjelasan tentang tata cara membersihkan Drive C di Windows 10. Selain cara yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa aplikasi yang dapat membersihkan Local Disk C secara otomatis seperti CCleaner. Pembersihan Local Disk C secara berkala akan membuat performa Komputer maupun Laptop akan lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.