5 Cara Jitu Mengatasi Windows 7 Lemot

5 Cara Jitu Mengatasi Windows 7 Lemot

Ada banyak sekali gangguan aktivitas dalam penggunaan laptop Windows 7 mulai dari aplikasi yang tidak merespon hingga lemot. Hal ini terjadi karena perkembangan pengolahan dan akses data yang sudah lebih tinggi. Masih ada beberapa cara untuk mengatasi Windows 7 lemot akibat penggunaan yang terlalu banyak terus menerus.

Windows 7 yang menjadi lemot bisa diakibatkan karena banyaknya kendala yang dihadapi oleh laptop tersebut. Misalnya saja seperti ruang penyimpanan yang sudah penuh, terlalu banyak program startup berjalan dan file sampah. Selain itu terkena virus juga bisa menjadi alasan Windows 7 lemot. Berikut untuk mengatasi Windows 7 yang lemot :

1. Perhatikan Program Startup Windows 7

Untuk mengatasi Windows 7 lemot bisa dilakukan dengan cara memperhatikan terlebih dahulu program startup Windows 7. Program startup sendiri layaknya program bawaan yang mendukung sistem operasi Windows yang ada. Biasanya program startup akan secara otomatis berjalan seiring dengan dihidupkannya laptop. Sehingga terkadang banyak sekali yang berjalan tanpa terasa.

Langkah yang bisa dilakukan untuk memperhatikan program startup dengan membuka menu Start, pilih Run. Kemudian cari msconfig untuk memunculkan tampilan konfigurasi program startup. Pilih menu tab Startup dan pengguna bisa mematikan beberapa program startup yang tidak diperlukan. Jika sekiranya sudah cukup, maka jangan lupa klik Apply dan pilih Ok.

2. Minimalisir Aktivitas Multitasking

Laptop seringkali digunakan dengan menjalankan beberapa program secara bersamaan. Bukannya mengapa, hanya saja melakukan multitasking seperti itu bisa menyebabkan Windows 7 menjadi lemot.

Meminimalisir penggunaan multitasking pada Start Task Manager dan buka menu Applications dan hentikan program yang tidak diperlukan. Setelah selesai, klik End Task sehingga program akan ditutup secara paksa.

3. Upgrade Storage dan RAM

Mengatasi Windows 7 lemot berikutnya bisa dilakukan dengan cara mengupgrade storage dan RAM yang digunakan. Mengupgrade storage dari HDD menjadi SSD tentu saja akan membantu dalam mengatasi lemot pada Windows 7. Hal ini didukung oleh performa dari SSD yang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan menggunakan HDD.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Drive C Di Windows 10

Selain itu dengan menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi akan memperlancar penggunaan Windows 7 sehingga tidak lemot. Sekarang ini laptop dengan ukuran RAM yang besar saja yang bisa dengan lancar menjalankan berbagai aplikasi. Hal ini disebabkan oleh aplikasi dan program yang ada sudah mengalami perkembangan dengan signifikan.

4. Bersihkan Hard Disk

Hard disk juga menjadi salah satu penyebab Windows 7 menjadi lemot. Membersihkan hardisk secara berkala juga mampu untuk melancarkan Windows kembali. Buka Start Menu dan pilih All Programs, kemudian buka Accessories, System Tools dan masuk ke pengaturan Disk Cleanup. Bersihkan berbagai data sampah yang ada secara berkala.

5. Sesuaikan Visual Effect

Visual effect yang disediakan pada setiap Windows juga bisa membantu mengatasi Windows 7 lemot. Windows sekarang sudah ditambah dengan berbagai macam visual effect untuk memberikan kesan menarik. Efek yang disediakan seperti adanya animasi dengan Gerakan yang cukup halus, tampilan transparansi dan berbagai efek lain yang telah disediakan secara gratis.

Efek visual tadi bisa dimatikan agar Windows 7 menjadi lebih ringan penggunaannya dan tidak lemot. Buka Control Panel dan pilih Performance Information and Tools untuk mengakses pengaturan Adjust visual effects. Akan muncul menu Visual Effects, Klik Adjust for best performance untuk memberikan pilihan terbaik yang cocok sehingga tidak lemot.

Dalam mengatasi Windows 7 lemot, perlu memperhatikan beberapa hal diatas untuk melancarkan kembali sistem dan program yang ada. Semakin kesini sudah banyak aplikasi dan program yang berkembang sehingga Windows 7 sudah tidak sanggup untuk menjalankannya. Maka dari itu laptop perlu didukung dengan komponen terbaik agar berjalan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.