Bisa Dilakukan Siapa Saja, Inilah Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat

Bisa Dilakukan Siapa Saja, Inilah Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat

Handphone atau HP merupakan salah satu kebutuhan penting di kehidupan saat ini. Untuk itu apabila HP mengalami kerusakan, tentunya sangat membingungkan pemiliknya. Salah satu kerusakan yang sering dijumpai adalah touchscreen terangkat. Cara mengatasi touchscreen ngangkat tidaklah sulit, hanya perlu melakukan beberapa poin yang akan dibahas di artikel ini.

Touchscreen yang ngangkat tentu mengganggu kenyamanan penggunanya. Ketika touchscreen ngangkat, maka HP akan sulit digunakan. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara memperbaiki masalah tersebut. Seperti apa caranya? Simak ulasan berikut:

1. Siapkan Perekat

Langkah pertama dan wajib dilakukan adalah menyiapkan perekat untuk merekatkan touchscreen tersebut. Perekat untuk touchscreen juga ada banyak macamnya seperti double tape, lem mechanic, dan double tape 3M. Pengguna harus memastikan menggunakan perekat yang tepat, karena salah dalam memilih perekat akan berakibat fatal terhadap kualitas dan keawetan touchscreen.

Biasanya untuk perekat touchscreen yang sering digunakan karena memiliki kualitas baik adalah double tape 3M dan lem mechanic. Bedanya adalah lem mechanic berbentuk cair, sedangkan double tape 3M tidak. Sebaiknya pilih sesuai kebutuhan dan kemudahan penggunaan, apabila lebih mahir menggunakan perekat cair pilih lem mechanic, apabila dirasa lebih mudah perekat padat bisa menggunakan double tape.

2. Bersihkan Device

Setelah menyiapkan perekat, cara mengatasi touchscreen ngangkat selanjutnya adalah dengan membersihkan device atau HP. Pastikan HP dalam keadaan bersih terutama touchscreen yang akan dipasangi perekat. Untuk itu cek keadaan touchscreen dan bersihkan terlebih dahulu apabila ada kotoran, supaya nantinya dalam pemberian perekat tidak mengurangi daya rekat.

Membersihkan layar juga tidaklah sulit, bisa menggunakan kain, lap, atau tisu biasa. Usap dengan lap bagian dalam touchscreen namun jangan didorong ke dalam, bersihkan kearah luar touchscreen. Hal ini bertujuan supaya debu dan kotoran tidak semakin masuk kedalam celah yang sulit dijangkau.

Baca Juga »  Covid: India meluncurkan peringatan online untuk memperingati korban pandemi

3. Pemberian Perekat

Setelah semua bagian touchscreen bersih, kini saatnya memasangkan touchscreen. Butuh ketelitian dan kehati-hatian dalam tahap ini, pengguna harus melihat segala sisi apakah touchscreen sudah dipasang penuh dengan perekat atau ada sisi yang belum dipasang perekat. Tentu ini sangat sulit dan membutuhkan kehati-hatian ekstra, terlebih HP merupakan perangkat yang berukuran kecil.

Semakin rapi semakin bagus, apabila ada sedikit saja perekat di luar bagian touchscreen, maka akan sangat mempengaruhi hasil dari perbaikan ini. Bahkan lem yang merembet kemudian menutupi bagian perintah dari touchscreen bisa menghambat perintah yang diberikan ketika kita menyalakan HP. Setelah semua perekat dipastikan rapi, pasangkan touchscreen dengan tepat dengan melenceng.

4. Pasang Touchscreen

Selanjutnya adalah proses paling penting yaitu pemasangan touchscreen ke HP. Proses pemasangan sebaiknya dilakukan dengan cepat dan tepat. Setelah semua diberi perekat, langsung pasang saja pada touchscreen.

Apabila pemasangan menggunakan double tape, langsung potong saja semua double tape yang tersisa di luar sisi touchscreen. Sedangkan pemasangan dengan lem cair, maka langsung lap saja semua sisa lem yang keluar.

Tunggu beberapa saat hingga touchscreen bisa digunakan. Jangan langsung digunakan, diteliti terlebih dahulu dan diamkan sesaat hingga semua perekat benar-benar menempel sempurna. Setelah sekitar 5 menit, bisa mulai dicoba dan diteliti bagaimana kinerja touchscreen tersebut. Pemasangan yang berhasil akan terlihat dari bagaimana respon touchscreen tersebut.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mengatasi touchscreen ngangkat pada HP? Semua bisa menerapkan cara di atas. Kuncinya adalah kesabaran dan kehati-hatian dalam pemasangan perekat dan touchscreen. Tidak perlu khawatir apabila ini merupakan pertama kali memperbaiki touchscreen ngangkat dari HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.