Sangat Mudah, Inilah 5 Cara Mengamankan Akun Gmail

Gmail menjadi salah satu akun social media yang sangat penting. Banyak kegunaan dari akun Gmail, tidak heran banyak juga orang jahat yang sering berusaha membobol akun Gmail orang lain. Namun tidak perlu khawatir, ada 5 cara mengamankan akun Gmail supaya tidak bisa dibajak.

1. Menggunakan Password Kuat

Cara mengamankan akun Gmail yang paling mendasar adalah dengan menggunakan password kuat. Semakin kuat password maka akun Gmail akan semakin aman. Untuk memperoleh password dengan tingkat keamanan kuat, gunakanlah berbagai macam kombinasi symbol, huruf, dan angka. Sebagai contoh adalah password “roml4h22#”.

Semakin kuat dan bermacam karakter, maka semakin aman. Tidak hanya itu, untuk penggunaan password yang kuat dan baik adalah selalu mengganti dengan password baru setiap beberapa waktu.

Pengguna bisa memilih jeda waktu antara 30 , 60 , atau 90 hari untuk mengganti password. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan waktu luang, semakin sering diganti maka akun Gmail semakin aman.

2. Menggunakan Verifikasi 2 Langkah

Password yang kuat saja rasanya kurang untuk mengamankan akun Gmail. Pengguna bisa menggunakan cara tambahan dengan verifikasi 2 langkah dari Gmail. Verifikasi 2 langkah digunakan untuk mengantisipasi apabila password Gmail sudah terbobol. Cara mengamankan akun Gmail juga tidaklah sulit.

Pengguna hanya perlu menautkan atau menghubungkan akun Gmail kea kun social media lain ataupun akun Gmail lain. Bisa juga menghubungkan dengan nomor HP untuk verifikasi. Jadi semisal akun Gmail sudah terbobol passwordnya, pembobol belum tentu bisa masuk akun Gmail kalau belum melakukan verifikasi dari no HP.

3. Menggunakan Jaringan Internet Aman

Akun Gmail dapat dibobol melalui jaringan internet yang tidak aman. Salah satu celah akun Gmail bisa dibobol adalah dengan menggunakan manfaat wifi publik yang kita ketahui tingkat keamanannya. Bisa saja jaringan tersebut tidak dienkripsi oleh pemilik, sehingga siapa saja bisa dipantau aktivitas internetnya apabila menggunakan jaringan wifi tersebut.

Baca Juga »  5 Cara Mengamankan Kontak Hp dari Pinjaman Online

Selain menggunakan jaringan WiFi sembarangan, akun Gmail juga bisa tidak aman apabila menggunakan jaringan internet untuk mengakses website dengan tingkat kriminalitas tinggi. Salah satu yang bisa mengancam adalah situs judi, video dewasa, dan semacamnya. Sangat rawan sekali pengguna Gmail akunnya bisa dibobol apabila sering mengakses internet.

4. Cek Google, Safety Center

Untuk mengamankan akun Gmail, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Google Safety Center. Dalam fitur buatan Google ini terdapat beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mengamankan akun Gmail. Pengguna tinggal mengaturnya dengan membuka halaman website safety.google/intl/id/.

Dalam laman tersebut pengguna akun Gmail dapat mengecek dan mengatur segala macam kegiatan yang berkaitan dengan akun Gmail mulai dari pengumpulan dan penggunaan data, hingga mengatur segala layanan yang diakses menggunakan email. Segala macam aktivitas juga bisa dipantau melalui Google Safety Center.

5. Berhati-hati Dengan Informasi Pribadi

 Banyak sekali jenis kejahatan dan trik untuk bisa membobol akun Gmail. Salah satu cara yang sering berhasil adalah dengan membuat link yang mengarahkan ke website yang mengharuskan pengguna mengisi data pribadi. Untuk itu cara mengamankan akun Gmail adalah tidak sembarangan mengisi identitas pengguna ke website mencurigakan.

Biasanya seseorang akan salah membedakan antara mengisi data diri di situs yang tepat dengan situs palsu untuk mencuri data Gmail. Satu hal yang paling mudah untuk membedakan adalah website resmi tidak akan meminta pengguna memasukkan data dan password Gmail. Apabila ada perintah memasukkan password, sudah dipastikan itu modus.

5 cara mengamankan akun Gmail di atas bisa dilakukan satu persatu maupun bersamaan. Kunci penting supaya akun Gmail tetap aman adalah rutin melakukan pengecekan dan peresetan password.

Leave a Reply

Your email address will not be published.