5 Cara Mengunci Video di Youtube Agar Tidak Bisa Di Download Orang Lain

Sebagian kecil orang yang mengunggah video Youtube terkadang hanya untuk kesenangan saja. Oleh karena itu tujuannya bukan dipublikasikan tetapi hanya untuk arsip video saja. Suatu cara mengunci video di Youtube agar tidak bisa di download tentunya menjadi hal yang diperlukan. Sebab, beberapa orang biasanya tidak ingin jika videonya diunduh orang lain.

Tidak hanya itu bagi para content creator cara mengunci video Youtube supaya tidak bisa diunduh juga cukup diperlukan. Dikarenakan adanya fitur download terkadang membuka kesempatan bagi orang lain untuk menyalahgunakan video yang diunggah sehingga merugikan. Untuk mengetahui bagaimana cara lebih jelasnya, berikut ulasannya;

1. Atur Setelan Privasi Video Youtube

Setelan privasi video Youtube membuat pengguna dapat melakukan kontrol video agar tidak dilihat oleh orang lain. Dengan setelan private video akan hanya dapat dilihat oleh pengguna yang mengunggahnya saja. Video yang diunggah pun juga tidak muncul di pencarian atau rekomendasi, sehingga menghindari penyalahgunaan oleh orang lain.

Cara mengatur setelan privasi video di Youtube ini yakni masuk dahulu ke akun Youtube yang dimiliki. Saat melakukan unggah video ke Youtube klik ‘Berikutnya’ terus hingga muncul tampilan konten. Apabila sudah pada menu visibilitas, pilih ‘Privasi’ agar video tidak ada yang bisa mendownload.

2. Atur Setting Unlisted Video Youtube

Pengaturan unlisted ini merupakan pengaturan yang dapat digunakan pada video yang diunggah di Youtube. Manfaatnya pengaturan ini dapat memungkin pengguna untuk mengontrol video yang diunggah oleh orang-orang tertentu yang sudah diberi link. Hal ini akan membuat video tidak sembarang dilihat dan didownload oleh orang lain selain yang diberikan linknya.

Untuk melakukan setting unlisted video Youtube ini yakni sebelumnya login dahulu akun Youtube. Setelah itu, saat mengunggah video pilih terus ‘Berikutnya’ sampai keluar tampilan konten. Selanjutnya, pilih menu visibilitas dan pada menu tersebut pilih ‘Unlisted/Tidak Publik’. Kemudian, unggah dan video akan hanya bisa di download oleh orang yang diberi link.

Baca Juga »  Unduh Aplikasi Make Up Wajah Bikin Cantik dan Bersinar

3. Gunakan Youtube Premium

Youtube Premium merupakan Youtube versi yang lebih upgrade dan berbayar. Youtube versi tersebut memiliki banyak keuntungan lebih daripada Youtube pada umumnya. Salah satunya yakni dapat memiliki akses untuk mematikan fitur download sehingga mengunci video yang diunggah agar tidak diunduh orang lain.

Cara mengunci video di Youtube agar tidak bisa di download dengan Youtube Premium yakni login akun Youtube Premium, kemudian buka studio.youtube.com. Setelah itu, pilih ‘Setelan’ di bagian menu bar kiri. Selanjutnya, klik ‘Setelan Lanjutan’ lalu di bagian ‘Klip’ berikan centang pada ‘Jangan izinkan penonton mengambil klik konten saya’.

4. Gunakan Youtube Studio

Youtube Studio ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengurus tampilan konten video yang diunggah di Youtube. Termasuk untuk mengatur video yang diunggah bisa dikunci agar tidak bisa di download oleh orang lain.

Cara menguncinya yakni buka akun Youtube Studio, kemudian pilih menu ‘Konten’ pada tampilan sebelah kiri. Setelah itu, pilih video yang ingin dikunci menjadi tampilan privasi. Kemudian, masuk setelan ‘Visibilitas’ lalu pilih ‘Pribadi’ dan selanjutnya simpan video.

5. Berikan Hak Cipta Pada Video Youtube

Untuk mengunci video agar tidak bisa di download dapat juga dengan memberikan hak cipta pada video yang diunggah. Fitur hak cipta diberikan oleh pihak Youtube untuk memberikan perlindungan bagi pemilik asli video.

Syarat utama untuk dapat mengajukan hak cipta yakni merupakan pihak yang pertama mengunggah video yang diajukan. Caranya dengan mengajukan kepada Direktorat Jendral HAKI dengan mengajukan surat permohonan, formulir permohonan, identitas pribadi, dan melakukan pembayaran tertentu.

Demikianlah, beberapa cara mengunci video di Youtube agar tidak bisa di download. Hal tersebut tidak seratus persen menjamin video yang diunggah aman dan tidak dicuri. Akan tetapi, setidaknya dapat mengurangi kemungkinan untuk disalahgunakan orang lain.

Baca Juga »  5 Cara Membuat Thumbnail Youtube Di Hp Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.