Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks di Android Termudah

Rekaman suara memiliki segudang manfaat. Banyak kalangan muda mengidolakan hal tersebut karena bisa digunakan untuk merekam rapat ataupun untuk wawancara. Hanya saja, rekaman suara sulit dipahami jika suara tersebut terlalu cepat dalam pembicaraan tersebut. Oleh karena itu perlu diketahui cara merubah rekaman suara menjadi teks di android dengan mudah.

Seperti yang sudah diketahui, banyak aplikasi yang dapat menjadi solusi atas masalah tersebut. Saat rekaman suara sudah berubah menjadi teks, maka kesalahpahaman pada rekaman suara akan tidak terjadi lagi. Beginilah penjelasan cara merubah rekaman suara menjadi teks di android termudah.

1. Memanfaatkan Live Transcribe Aplikasi

Cara merubah rekaman suara menjadi teks di android yang pertama yaitu memakai Aplikasi Live Transcribe. Aplikasi tersebut sudah didukung kecerdasan buatan (AI). Oleh karena itu, Aplikasi Live Transcribe menjadi aplikasi pertama dalam mengalihkan suara menjadi teks, dan juga aplikasi tersebut dapat digunakan pada IOS dan android.

Cara penggunaan Aplikasi Live Transcribe yakni hanya menekan ikon mikrofon pada aplikasi saja. Maka, aplikasi akan mengubah suara yang masuk menjadi teks secara otomatis. Namun, untuk menyimpan teks yang sudah diubah tersebut dengan cara menyalin teks tersebut dan ditempelkan di aplikasi catatan yang ada pada smartphone.

2. Menggunakan Google Keyboard

Aplikasi kedua untuk mengubah rekaman suara menjadi teks di Android, yaitu menggunakan Google Keyboard. Aplikasi tersebut mudah digunakan, dikarenakan Aplikasi Google keyboard memiliki tampilan yang sederhana. Di beberapa smartphone, Google Keyboard sudah terpasang otomatis.

Oleh karena itu, diperlukan untuk cek pada smartphone masing-masing apakah sudah terpasang Google Keyboard atau belum. Cara menggunakan aplikasi Google Keyboard hanya mencari ikon mikrofon. Kemudian, menekan ikon tersebut dan langsung terekam suara yang didengar aplikasi tersebut, setelah itu akan langsung mengubah suara menjadi teks dalam waktu sekejap mata.

Baca Juga »  WhatsApp dan Telegram, Kamu Team Mana?

3. Menggunakan Aplikasi Voice Search

Aplikasi Voice Search ternyata sudah dikenal banyak orang, karena aplikasi voice search dikembangkan pihak Google. Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi kemampuan mengubah rekaman suara menjadi teks. Aplikasi tersebut memiliki bahasa mulai dari, Inggris, China, Spanyol hingga bahasa Jerman. Dengan begitu, mengubah rekaman suara menjadi teks dapat dilakukan tanpa mengetik.

4. Memakai Aplikasi Notulite

Aplikasi Notulite memiliki akurasi yang tinggi dengan waktu yang cepat, hal itu menjadikan aplikasi tersebut menjadi favorit para kalangan yang ingin mengubah suara menjadi teks dengan waktu yang cepat. Aplikasi Notulite juga memiliki tampilan menarik, yaitu:

  • Mampu mengenali karakteristik suara
  • Dapat menyunting teks pada saat aplikasi sedang bekerja

Dua tampilan menarik dari Aplikasi Notulite sangat memudahkan semua orang. Apalagi, aplikasi tersebut bisa langsung menyunting teks tanpa menunggu aplikasi selesai mengubah suara menjadi teks. Namun, sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk menyimpan hasil teks yang sudah diubah caranya yaitu menyalin, dan langsung menyimpan di aplikasi catatan pada smartphone masing-masing.

5. Memanfaatkan Speechnote Aplikasi

Cara merubah rekaman suara menjadi teks di android yang terakhir bisa melalui produk yang dikembangkan oleh Google sendiri, yaitu Aplikasi Speechnote. Keunikan Aplikasi Speechnotes, bisa digunakan tanpa membuat akun dahulu.

Menggunakan aplikasi tersebut sama seperti Aplikasi Live Transcribe dan Google Keyboard, yakni dengan menekan ikon mikrofon. Adapun keunggulan Aplikasi Speechnotes, yaitu:

    • Dapat menerjemah suara pendek
  • Bisa digunakan tanpa jaringan internet
  • Teks dapat langsung disunting

Begitulah penjelasan terkait mengenai cara merubah rekaman suara menjadi teks di android termudah dari penjelasan tersebut. Beberapa aplikasi sudah banyak digunakan semua orang sehingga aplikasi tersebut sudah tidak ragu lagi pada kemampuan dalam mengubah suara menjadi teks pada android.

Baca Juga »  Rekomendasi 5 Aplikasi Menghitung Kontraksi Yang Sangat Cocok Bagi Para Ibu Hamil

Pencarian Popular

Cara merubah rekaman suara menjadi teks di Android

Leave a Reply

Your email address will not be published.