5 Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Paling Mudah Dilakukan

5 Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Paling Mudah Dilakukan

Cara mengatasi kehabisan ruang penyimpanan perlu diketahui agar smartphone Android tidak mengalami masalah. Setiap pengguna smartphone Android pasti sering mengalami penyimpanan penuh diakibatkan dari terlalu banyak data yang tersimpan. Para pengguna smartphone sering kali tidak menyadari bahwa penyimpanan internal sudah penuh, padahal sudah muncul notifikasi.

Notifikasi yang muncul seringkali terabaikan pengguna, padahal pesan tersebut menandakan memori internal penuh. Pengguna bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi kehabisan memori.

1. Hapus File Chatting Dan Pesan

File chatting dan pesan bisa menjadi penyebab dari ruang penyimpanan memori penuh. Karena setiap pengguna menerima pesan ataupun mengirim pesan, file pesan tersebut tersimpan dan memakan banyak memori.

Pengguna harus menghapus pesan yang tidak berguna seperti spam, kode OTP, dan pesan provider lainnya. Setelah pengguna menghapus pesan, maka pengguna juga harus menghapus pesan pada aplikasi chat seperti whatsapp dan pesan grup yang banyak memakan penyimpanan.

2. Uninstall Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan bisa dilakukan untuk menghemat penyimpanan memori internal. Pengguna bisa menghapus aplikasi yang jarang  digunakan seperti games yang memiliki tren pada masanya tetapi saat ini tidak populer lagi.

Untuk itu, pengguna bisa membuka aplikasi PlayStore. Buka ikon tiga garis, dan cari menu my apps & games. Pengguna bisa melihat aplikasi yang tidak diperlukan lagi. Aplikasi dapat dihapus dengan memilih uninstall.

3. Pindahkan File Ke Memori SD Card

Memindahkan file dari memori internal ke SD card adalah cara mengatasi kehabisan ruang penyimpanan di smartphone. File pada memori internal bisa berupa foto, video, dan suara yang kemudian bisa dipindahkan ke memori eksternal. Hal ini dilakukan agar file penyimpanan aplikasi tidak menumpuk di memori internal.

Baca Juga »  5 Cara Menambah NFC di Hp Non NFC

Pemindahan file bisa dilakukan dengan membuka file manager, lalu pilih file yang dipindahkan ke SD card. Terlebih dahulu pengguna membuat folder file sesuai dengan jenis file, kemudian paste pada folder kosong tersebut.

4.  Atur Penyimpanan Foto Ke SD Card

Bagi pengguna yang suka berfoto, pasti akan mengalami penyimpanan memori yang penuh. Apalagi dengan spesifikasi tinggi dari smartphone pengguna yang membuat kualitas foto yang bagus, maka semakin membuat ukuran filenya besar.

Solusi terbaik dari permasalahan ini adalah dengan mengalihkan penyimpanan foto dari kamera handphone menuju SD card. Tujuan dari memindahkan penyimpanan ke SD card adalah agar menghemat penyimpanan memori. Pengguna dapat melakukan pengaturan dengan membuka menu setting, lalu cari lokasi penyimpanan, kemudian ubah menuju SD card.

5. Bersihkan File Cache Pada Memori

Menghapus file cache pada memori bisa menjadi solusi cara mengatasi kehabisan ruang penyimpanan. Cache merupakan aktivitas data yang dilakukan di smartphone yang berguna untuk menyimpan data sistem aplikasi.

Jika pengguna ingin mengakses kembali, maka aksesnya akan lebih cepat. Cara menghapus cache di smartphone adalah cukup dengan buka pengaturan aplikasi yang ingin dipilih, lalu lakukan clear cache atau clear data.

6. Install Aplikasi  Untuk Mengelola Penyimpanan

Cara mencegah agar memori penyimpanan tidak penuh adalah dengan menginstall manajemen memori penyimpanan. Ini merupakan cara untuk mengelola data yang penting dan memisahkan data sampah pada smartphone.

Aplikasi untuk mengelola penyimpanan ini dapat di download gratis di PlayStore. Aplikasi yang bisa di install seperti CC Cleaner, Du battery Saver yang juga berguna untuk mendeteksi file sampah.

Beberapa cara untuk mengelola penyimpanan ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengelola penyimpanan. Gunakanlah cara ini dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga »  5 Langkah Cara Merubah Jaringan 4G Ke 5G Hp Xiaomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.