Langkah Cara Menampilkan Komunitas Di YouTube Menggunakan Fitur Kontribusi Komunitas

Langkah Cara Menampilkan Komunitas Di YouTube Menggunakan Fitur Kontribusi Komunitas

Aplikasi YouTube memberikan fitur yang memudahkan setiap pengguna untuk saling berinteraksi dan berkontribusi untuk menambahkan subtitle di video. Namun, tidak banyak pengguna aplikasi YouTube mengetahui cara menggunakan fitur tersebut. Maka dari itu, berikut penjelasan langkah cara menampilkan komunitas di YouTube menggunakan fitur kontribusi komunitas:

1. Buka dan Login Di Aplikasi YouTube

Langkah pertama cara menampilkan komunitas di YouTube adalah membuka aplikasi YouTube yang sudah terinstall di Smartphone. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi YouTube resmi untuk menampilkan komunitas dengan menggunakan fitur kontribusi komunitas. Hal ini disebabkan karena penggunaan browser atau aplikasi YouTube tidak resmi akan mempersulit prosedur dan tidak fleksibel.

Selanjutnya setelah membuka aplikasi YouTube adalah log in dengan akun pengguna untuk masuk ke YouTube. Pengguna dapat log in ke aplikasi YouTube dengan menggunakan akun Google yang pengguna miliki. Pastikan jaringan internet yang digunakan lancar, sehingga seluruh proses untuk menampilkan komunitas di YouTube lancar.

2. Pilih YouTube Studio

Cara menampilkan komunitas di YouTube menggunakan fitur kontribusi komunitas selanjutnya adalah membuka menu YouTube Studio. Menu ini diperuntukkan bagi para Content Creator dalam mengembangkan channel YouTube nya dan mengelola kehadiran. Selain itu, Content Creator juga dapat berinteraksi dengan penontonnya dengan memanfaatkan menu YouTube Studio.

Setelah log in di aplikasi YouTube, pengguna akan ditampilkan beranda awal aplikasi YouTube. Guna mengakses menu YouTube Studio sangatlah mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu membukanya dengan menekan menu yang ada pada bagian kanan atas. Lalu, pengguna dapat memilih opsi YouTube Studio.

3. Pilih Fitur Lainnya Lalu Pilih Terjemahkan & Transkripsi

Setelah pengguna sudah masuk ke dalam menu YouTube Studio langkah selanjutnya adalah memilih fitur lainnya. Pengguna akan ditampilkan beberapa pilihan seperti live streaming, playlist, acara live dan masih banyak lagi. Pada setiap pilihan dalam fitur lainnya di menu YouTube Studio memiliki fungsi masing-masing.

Baca Juga »  Langkah Cara Membuat Barcode Link Secara Online

Pilihlah opsi Terjemahkan & Transkripsi pada fitur lainnya. Hal ini bermaksud untuk mengaktifkan fitur bahasa dalam video. Pengguna lain dapat dengan mudah berkontribusi dalam membuat subtitle di video pengguna lain. Pilihlah bahasa yang sering pengguna gunakan di video dan aktifkan ke semua video.

4. Sebarkan Tautan Komunitas

Langkah selanjutnya adalah dengan menyebarkan tautan kontribusi di sosial media. Hal ini bertujuan agar proses interaksi antar pengguna YouTube semakin lebih mudah. Sehingga banyak pengguna sosial media yang aktif mengakses YouTube dapat menggunakan fitur kontribusi komunitas ini.

Cara untuk menyebarkan tautan adalah dengan mengcopy tautan lalu sebarkan di sosial media atau deskripsi video. Semakin banyak platform atau sosial media yang digunakan untuk menyebarkan tautan komunitas, maka semakin banyak pengguna lain dapat berkontribusi di channel YouTube pengguna. Selain itu, pengguna juga semakin mudah dalam berinteraksi dengan pengguna lainnya.

5. Uji Coba Dan Periksa Hasil Uji Coba Kontribusi

Langkah terakhir cara menampilkan komunitas di YouTube menggunakan fitur kontribusi komunitas adalah melakukan uji coba dan memeriksa hasil uji coba. Langkah ini bermaksud untuk melihat apakah komunitas serta fitur kontribusi dapat ditampilkan dan dimanfaatkan. Selain itu, pengguna perlu memeriksa apakah tautan dapat diakses oleh pengguna lain dengan mudah.

Cara untuk melakukan uji coba adalah dengan log in kembali ke aplikasi YouTube lalu buka tautan yang sudah disebarkan. Selanjutnya, pengguna dapat mencoba memberikan kontribusi pada komunitas yang sudah ditampilkan oleh YouTube. Terakhir periksa kembali apakah uji coba yang dilakukan sudah berhasil atau belum.

Demikian penjelasan tentang cara menampilkan komunitas di YouTube menggunakan fitur kontribusi komunitas. Sebenarnya masih banyak cara untuk menampilkan komunitas di YouTube seperti menggunakan tab komunitas dan icon upload. Pengguna dapat memilih salah satu cara tersebut untuk menampilkan komunitas di YouTube dengan mudah.

Baca Juga »  5 Cara Merubah Size Foto Yang Wajib Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.