7 Cara Mengatasi Lupa Password WiFi di Android Terbukti Ampuh

7 Cara Mengatasi Lupa Password WiFi di Android Terbukti Ampuh

Saat WiFi tiba-tiba lemot, beberapa orang terkadang menyiasatinya dengan memutuskan jaringan WiFi. Sehingga membuat pengguna harus memasukkan kata sandi lagi jika hendak masuk ke jaringan tersebut. Nah, apa yang terjadi jika pengguna lupa password WiFinya? Pertama, tentu saja pengguna tidak bisa lagi tersambung ke Wifi. Kedua, pengguna bisa mencoba cara mengatasi lupa password WiFi di Android yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Melihat Password WiFi di Bagian Bawah Router

Lupa password WiFi adalah kejadian yang sangat mengesalkan bagi semua orang, apalagi kalau ada pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Nah, sebenarnya kalau password WiFi di rumah masih memakai password yang asli, pengguna bisa melihat kata sandi tersebut di bagian bawah router.

Biasanya setiap router memiliki informasi lengkap mengenai jenis modem, username sampai ke password. Carilah informasinya pada badan router. Bisa di bagian bawah atau bisa juga di sampingnya.

2. Menggunakan Aplikasi WiFi Password Viewer

Cara kedua bisa dengan bantuan aplikasi yang ada di PlayStore. Salah satunya aplikasi WiFi Password Viewer. Aplikasi ini dapat menampilkan password WiFi yang sudah pernah connect dengan Android pengguna sebelumnya.

Jika menggunakan aplikasi ini, jangan lupa untuk me-root ponsel agar prosesnya berjalan dengan sukses. Ingat! Aplikasi ini tidak akan berguna bila password yang ingin dilihat adalah password WiFi orang lain.

3. Memakai Aplikasi WiFi Router Setting

Langkah selanjutnya yang dapat mengatasi masalah lupa password adalah memakai aplikasi WiFi Router Setting. Aplikasi yang sudah diunduh 1 juta pengguna dengan rating yang memuaskan ini, memang terbukti berkualitas.

Bahkan tanpa menjalankan sistem root, password WiFi bisa dilihat. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa menelusuri pengaturan home router WiFi untuk melihat informasi jaringan termasuk isi kata sandi WiFi.

Baca Juga »  Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks di Android Termudah

4. Memanfaatkan QR Code

Cara berikutnya pengguna bisa memanfaatkan fitur QR Code yang ada di ponsel. Namun, untuk melakukan cara ini, diperlukan bantuan dari teman atau orang terdekat yang ponselnya sudah ter-connect dengan WiFi.

Prosesnya sangat mudah yaitu; bukalah aplikasi pengaturan pada ponsel yang terhubung dengan WiFi, setelah itu tap kolom WiFi, tekan simbol pengaturan di samping WiFi, lalu cari kode QR yang ada di bagian bawah. Jika sudah arahkan kamera ponsel pengguna ke kode QR tersebut.

5. Melalui IP Router

Mengetahui password WiFi itu sangat mudah cukup dengan mengakses router WiFi, maka password akan langsung diketahui. Sebenarnya cara ini mirip dengan nomor tiga, namun kali ini pengguna tidak perlu mendownload aplikasi.

Lalu seperti apa caranya? Buka browser, lalu masukkan ip address router dan login menggunakan email. Kemudian masuk ke menu wireless, maka akan ada informasi terkait password WiFi yang tertera di sana.

6. Menggunakan Aplikasi WiFi Key Recovery

Terbukti sangat ampuh dalam mengetahui kata sandi WiFi, inilah aplikasi WiFi Key Recovery yang sudah digunakan lebih dari 5 juta pengguna. Tentunya ponsel harus di-root dahulu supaya bisa  menggunakan aplikasi ini.

Setelah itu, barulah pengguna bisa melihat password WiFi dengan catatan ponsel pernah terhubung ke jaringan tersebut di masa lalu.  Jika yang ingin diketahui itu adalah kata sandi jaringan baru, maka percuma saja sebab tidak akan berhasil.

Nah, itulah 7 cara mengatasi lupa password WiFi di android yang terbukti berhasil. Selain melihat password, pengguna bisa mengganti password WiFi dengan kata-kata yang lebih mudah diingat agar tidak terjadi lagi hal seperti ini. Caranya cukup dengan telusuri IP router lewat browser, setelah itu masuk menu wireless dan langsung saja ganti kata sandinya.

Baca Juga »  Server Minecraft Indo Terbaik dan Terlengkap, Ini Daftarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.