Inilah 5 Cara Merubah MKV Ke MP4 Terbaru 2022

Inilah 5 Cara Merubah MKV Ke MP4 Terbaru 2022

Ada banyak platform video yang dapat digunakan untuk nonton film, drama ataupun video seperti 3GP, MKV, MP4 dan sebagainya. Diantaranya yang banyak digunakan yaitu MP4 karena fiturnya lebih lengkap. Ada banyak pengguna yang ingin mengubah format MKV ke MP4. Lalu adakah cara merubah MKV ke MP4 terbaru tanpa ribet?

Ada beberapa keunggulan dari MKV seperti pengguna dapat melakukan penambahan subtitle dan entri chapter. Umumnya MKV digunakan saat pengguna ingin nonton video yang memiliki durasi panjang bahkan tidak terbatas. Namun apabila tidak nyaman nonton video melalui MKV, pengguna dapat mengubah format menjadi MP4. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui caranya:

1. Menggunakan WinX Video Converter

Cara merubah MKV ke MP4 yang pertama yaitu dengan menggunakan WinX Video Converter. Mengkonversi video menggunakan WinX Video Converter sudah sangat populer. Ada banyak fitur yang disediakan aplikasi ini, seperti pengguna dapat mengedit video, memotong, dan menyatukan audio dengan video. Selain itu, pengguna dapat mengkonversi video secara online maupun offline.

Adapun langkahnya yaitu download aplikasi terlebih dahulu lalu install. Setelah itu klik ikon video yang terdapat pada halaman pertama aplikasi. Pilih video MKV yang ingin di konversi, pilih opsi MP4 video. Terakhir klik tulisan “run” untuk mulai mengonversi video. Hindari membuka halaman lain atau menutup aplikasi sebelum video selesai dikonversi.

2. Menggunakan Movavi Video Converter

Apabila ingin mengkonversi video menggunakan Movavi Video Converter pengguna tidak hanya dapat mengkonversi video dari MKV ke MP4 saja. Ada banyak pilihan konversi video. Movavi Video Converter dapat dijalankan pada Windows maupun Mac. Adapun langkah-langkahnya yaitu download dan install aplikasi Movavi Video  Converter terlebih dahulu.

Baca Juga »  5 Cara Streaming Di Youtube Agar Terhitung Viewers

Setelah itu buka aplikasinya, pada halaman pertama terdapat tulisan “add media” yang terletak di bagian kiri atas. Halaman berikutnya muncul pilihan format video yang akan dikonversi, pilih MP4 lalu klik “convert”. Terakhir, tunggu hingga video selesai dikonversi.

3. Menggunakan VideoSoft Video Converter

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengubah format video dari MKV ke MP4 adalah VideoSoft Video Converter. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan cara penggunaannya juga sangat mudah. Pengguna dapat langsung mengunduh aplikasinya pada Google Play Store. VideoSoft Video Converter memiliki banyak fitur yang dapat digunakan dalam keadaan online.

VideoSoft Video Converter memiliki hasil HD walaupun telah dikonversi berkali-kali. Ada beberapa fitur unggul yang terdapat pada aplikasi ini, seperti meningkatkan kualitas video, memotong dan menambahkan subtitle pada video. Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Windows saja. Kekurangan VideoSoft Video Converter adalah adanya watermark pada hasil video yang telah dikonversi.

4. Menggunakan Format Factory

Cara merubah MKV ke MP4 berikutnya yaitu dengan menggunakan Format Factory. Aplikasi ini merupakan salah satu software converter multifungsi. Mengapa demikian? Sebab Format Factory tidak hanya dapat digunakan untuk mengkonversi video MKV ke MP4 saja. Format Factory dapat digunakan untuk mengkonversi gambar, audio hingga dokumen.

Adapun langkah-langkahnya yaitu unduh software terlebih dahulu. Selanjutnya install dan pilih convert video. Masukkan video jenis MKV untuk dikonversi dengan cara klik “add file”. Setelah itu, terdapat banyak opsi untuk pilihan output folder. Pilih opsi MP4 lalu klik “start”. Terakhir, tunggu hingga proses konversi selesai.

5. Menggunakan VLC Media Player

Kebanyakan pengguna mengira bahwa VLC Media Player hanya dapat digunakan untuk nonton video saja. Padahal aplikasi ini juga dapat mengubah video jenis MKV menjadi video MP4. Adapun langkah-langkahnya yaitu pertama unduh dan pasang aplikasinya terlebih dahulu.

Baca Juga »  Rekomendasi 6 Aplikasi Remote TV Polytron di Android

Setelah itu, buka aplikasi dan masukkan file MKV dengan mengklik “media” di bagian kiri atas. Lalu pilih opsi “convert/save” dan “add”. Atur opsi format ke MP4 dan pilih size video yang diinginkan. Terakhir tunggu hingga konversi video selesai, semakin tinggi size video maka waktu yang diperlukan juga cukup lama.

Itulah tadi beberapa cara merubah MKV ke MP4 dengan mudah dan cepat. Pengguna tinggal menyesuaikan dengan keinginan sendiri. Selain menggunakan aplikasi, mengubah video jenis MKV menjadi MP4 juga dapat dilakukan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.