Mengenal Emitmen, Jenis dan bentuk dalam Perannya

Emiten merupakan salah satu istilah yang sering muncul dan digunakan dalam dunia investasi maupun trading. Istilah ini cukup familiar mengingat pengertiannya berkaitan dengan teknis pelaksanaan investasi dan trading. Sehingga hampir semua orang memahami dan mengerti, baik itu secara pengertian hingga makna terkandung.

Kemudian lebih dari itu emiten juga merupakan salah satu  tahapan yang wajib dilalui oleh para pemain saham. Bahkan pada tahapan inilah, para pemain akan mencapai kesepakatan dalam proses jual beli saham maupun instrumen lain dengan perusahaan publik.

Mengenal Emiten dan Berbagai Hal yang Terkait di Dalamnya

Dunia ekonomi dan bisnis merupakan satu hal yang penting dalam berkehidupan berbangsa secara nasional maupun internasional.  Salah satu yang sedang naik daun dari dunia bisnis dan keuangan adalah investasi dan trading.

Investasi merupakan kegiatan menanam modal atau memberi sebuah aset yang kemungkinan memiliki potensi untuk berkembang. Secara sederhana, instrumen dari investasi pada berbagai hal, mulai dari perhiasan, hingga hewan peliharaan.

Namun secara resmi dan digunakan oleh khalayak adalah saham, forex crypto, bitcoin emas, reksadana dan lain sebagainya. Dengan instrumen tersebut, para investor berharap mendulang keuntungan yang berlipat tanpa berpayah payah dalam bekerja.

Begitu halnya dengan trading, yaitu melakukan jual beli berbagai alat investasi, tanpa menimbunnya untuk segera mendapatkan keuntungan. Nah diantara proses proses tersebut terdapat berbagai istilah yang merupakan hal terkait dengannya. Salah satunya adalah emiten, apai itu? yuk kita perhatikan penjelasan dibawah ini.

Pengertian Emiten

Sebuah sumber umum menjelaskan bahwa emiten merupakan sebuah badan usaha atau lembaga dalam dunia investasi. Kemudian lembaga tersebut memiliki kewenangan untuk menerbitkan surat berharga (efek) untuk diperjualbelikan.

Baca Juga »  Berbagai Kebijakan Dividen dalam Pembagian Laba Perusahaan

Berbeda dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), menurutnya emiten merupakan penawaran oleh sebuah pihak yang akan melakukan transaksi. Kemudian penawaran akan dilakukan terlebih dahulu oleh pihak  dari perusahaan publik yang akan menjual sebuah surat berharga kepada calon investor khususnya, dan umumnya kepada masyarakat luas. Kemudian pada pelaksanaanya harus sesuai dengan peraturan dari pemerintah terkait yang berlaku pada saat itu.

Kesimpulannya pengertian emiten adalah sebuah lembaga jasa yang bertugas menawarkan efek kepada masyarakat umum. Jadi emiten merupakan lembaga tersendiri di luar dari perusahaan publik yang memiliki surat berharga tersebut.

Bentuk Emiten

Adapun bentuk emiten bisa berupa beberapa hal yang berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Perseorangan
  • Usaha bersama
  • Asosiasi
  • Kelompok

Dari 4 jenis tersebut, pada intinya adalah mereka memiliki kemampuan dan keahlian sesuai pada bidangnya. Lebih penting lagi adalah pengalaman dalam mengurus permasalahan terkait proses investasi. kemudian izin operasi dari pihak terkait juga merupakan satu syarat penting untuk usaha ini beroperasi

Jenis-Jenis 

Adapun emiten memiliki berbagai jenis yang berbeda . Pada baris di bawah ini merupakan jenis jeisni emiten berdasarkan dari tingkat pertumbuhannya

  • Stalwart, merupakan jenis yang memiliki market cap paling besar dan terkuat pada sektornya
  • Fast grower, merupakan perusahaan yang sedang berkembang dengan cepat menuju level stalwart
  • Slow grower, adalah jenis yang kalah dalam bersaing dengan emiten lain, karen sektornya memang sudah tidak mendukung
  • Cyclical, adalah jenis emiten yang memiliki harga namun harus mengikuti komoditas global. Sehingga menjadi kurang maksimal perkembangannya
  • Asset play, merupakan emiten yang fokus pada kelola aset bukan pada pertumbuhan
  • Turn over, merupakan perusahan yang memiliki reputasi buruk yang kemudian diperbaiki untuk menuju lebih baik
Baca Juga »  Ciri Investasi Saham Bodong yang Perlu Diwaspadai

Ada berbagai hal terkait dengan emiten yang mesti dipahami, terlebih oleh para calon investor. Agar kegiatan investasi Anda berjalan dengan lancar dengan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.