6 Aplikasi Belajar Mengaji Al-Qur’an Gratis untuk Anak dan Dewasa

Di masa banyak yang terpapar wabah, semua orang tidak bisa sembarangan keluar masuk rumah. Termasuk orangtua tidak bisa sembarangan memanggil guru mengaji bagi anaknya. Oleh karena itu anak mungkin juga sulit jika ingin mempelajari Al-Qur’an di rumah karena tidak ada guru. Namun tak perlu khawatir, kini aplikasi belajar mengaji pun sudah ada yang online. Karenanya semua bisa mengaji dengan mudah, dimanapun juga kapanpun saat senggang. Aplikasi tersebut bisa diunduh pada play store ataupun tempat pengunduhan lain di android. Berikut merupakan 6 aplikasi belajar mengaji Al-Qur’an gratis untuk anak dan dewasa:

1. Al-Qur’an Indonesia

Al-Qur’an Indonesia adalah aplikasi belajar mengaji yang telah terkenal di kalangan banyak orang. Pada aplikasi ini tentunya memiliki fitur yang dapat diakses dengan gratis juga tidak memerlukan sambungan data dalam pemakaiannya. Aplikasi tersebut telah mendapat 1 juta ulasan dan diunduh sebanyak 10 juta kali. Aplikasi Al-Qur’an ini juga mempunyai translate Bahasa Indonesia beserta sound murottal 114 surah.

2. My Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahan

Aplikasi My Qur’an ialah aplikasi ciptaan anak bangsa yang seharusnya mendapatkan banyak apresiasi. KEMENAG RI pun sudah mengesahkan aplikasi ini. My Qur’an mempunyai bayak fitur dengan sistem pembelajaran lengkap. Diantaranya yaitu memiliki terjemahan Bahasa Indonesia, jadwal sholat, tafsir, dapat diakses secara offline, tema yang bermacam-macam, fitur khatam Al-Qur’an, terdapat sound qori, dan banyak juga fitur lain untuk mempermudah penggunaannya. My Qur’an mendapat 389 ribu ulasan serta 10 juta kali unduhan.

3. Belajar Membaca Al-Qur’an

Pada aplikasi belajar mengaji ini terdapat fitur suara dan penekanan tajwid beserta penjelasan dalam setiap pengucapannya, hal ini akan mempermudah dalam belajar membacanya. Aplikasi ini sudah diulas sebanyak 6 ribu ulasan, dengan unduhan sebanyak 500 ribu. Juga memiliki fitur pendukung lainnya seperti mempelajari dan memahami huruf hijaiyah, makhorijul huruf, tata cara mengucapkan huruf hijaiyah, belajar macam tanda baca, melatih penyusunan huruf hijaiyah dalam bentuk kata ataupun kalimat, koreksi bacaan, dan ada pula saran pendidikan baca tulis Qur’an untuk anak.

Baca Juga »  X8 Speeder, Aplikasi Mempercepat Game Domino

4. Belajar Tajwid + Suara

Belajar tajwid termasuk seri aplikasi pendidikan bagi anak yang akan mengajarkan Al-Qur’an juga tajwid secara tepat, dan yang terpenting menyenangkan. Di aplikasi ini anak-anak pasti aktif  berkontribusi dalam berlangsungnya pelajaran. Anak tidak akan menganggap belajar itu membosankan, sebab aplikasi ini juga disertai dengan fitur bermain. Aplikasi ini pun telah meraih seribu ulasan dan 100 ribu unduhan.

5. Belajar Mengaji – Baca Al-Qur’an Bersama Marbel

Aplikasi belajar mengaji ini diperuntukan kepada anak kisaran usia 3-8 tahun. Terdapat animasi imut dengan nama Kabi dan Bica yang akan membuat anak semangat belajar. Baca Al-Qur’an bersama marbel adalah cara menunjang belajar anak dalam memahami juga mengenal huruf hijaiyah serta tanda bacanya. Aplikasi ini sudah mendapat ulasan sebanyak 34 ribu dan unduhan sebanyak 1 juta. Terdapat pula fitur seru bergambar, permainan pembelajaran, dan audio narasi yang dapat mengembangkan kemahiran anak.

6. Game Belajar Huruf Hijaiyah + Suara

Sebuah aplikasi dengan pedoman belajar yang simple. Jadi anak dapat dengan mudah memahami dari apa yang diajarkan. Aplikasi ini adalah permainan mengenal dan mempelajari huruf hijaiyah. Karena fiturnya berupa game, jelas saja anak akan menyukainya. Aplikasi ini telah mendapatkan 79 ulasan dan 10 ribu kali unduhan.

Daftar diatas ialah rekomendasi aplikasi belajar mengaji bagi orang dewasa maupun anak, yang menyesuaikan dengan keperluan masing-masing. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan apa yang ingin dipelajari. Tentukan dulu tujuan kemahiran apakah berupa tajwid, pembelajaran utama dalam mengaji Al-Qur’an, hafalan surah-surah. Jika sudah menentukan tujuan pembelajaran jangan lupa unduh aplikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.