Suku Bunga KPR Bank BTN dan Cara Mendapatkan KPR Subsidi

Apabila hendak membeli sebuah rumah melalui KPR, BTN bisa menjadi salah satu rujukannya. Hal tersebut karena bunga KPR Bank BTN subsidi tergolong lebih rendah dan tidak memberatkan bagi orang yang mengajukannya. Ingin tahu informasi lengkap tentangnya? Simak ulasan penting yang telah disajikan di bawah ini dengan seksama!

Suku Bunga KPR Bank BTN Subsidi

Keberadaan suku bunga yang terhitung rendah dengan kisaran hanya 5% fixed selama masa pelunasan kredit, membuat program KPR Bank BTN Subsidi diincar nasabah. Apalagi dengan biaya provisi yang hanya 5% dan beban administrasi yang terbilang wajar senilai 250 ribuan saja. Menariknya, animo ini masih didukung dengan kemudahan dalam mekanisme pengajuan yang dipersyaratkannya.

Cara Mendapatkan Program Subsidi

Apabila seseorang menghendaki program berbunga rendah di atas, maka wajib untuk mengikuti sejumlah proseduralnya. Yakni berkaitan dengan berbagai persyaratan administratif di bawah ini:

1. Tentukan Lokasi KPR Pilihan

Pertama, yang harus dilakukan untuk mendapatkan bunga KPR BTN subsidi adalah dengan menentukan lokasi. Yakni melalui beberapa alternatif yang disediakan, mulai dari mengunjungi laman resmi BTN atau datang ke CS di cabang terdekat. Selain itu, bisa juga mendapat informasi dari pameran property yang sering hadir dengan berbagai penawaran diskonnya.

2. Siapkan Kelengkapan Dokumen Persyaratan

Setelah lokasi KPR sudah ada dan pas, maka cara mendapatkan bunga KPR Bank BTN subsidi yang kedua adalah penyiapan dokumen. Khususnya berkaitan dengan urusan keadministrasian, seperti surat-surat yang ada di bawah ini:

  • Formulir pengajuan KPR yang bisa diperoleh di CS maupun web resmi Bank BTN yang dilampiri pas foto terbaru suami istri dari nasabah yang mengajukan;
  • Dokumen identitas pengenal yang meliputi fotocopy KTP, KK, Surat Nikah atau Akta Cerai, dan dokumen lain yang menerangkan diri nasabah;
  • Surat keterangan penghasilan yang dapat berupa slip gaji atau keterangan lain sesuai dengan profesi yang dijalani oleh masing-masing nasabah;
  • Surat keterangan domisili dan pernyataan tidak mempunyai rumah yang disahkan oleh pejabat di wilayah tempat tinggal nasabah;
  • Keterangan berkaitan dengan urusan pajak seperti NPWP maupun surat lainnya;
  • Pernyataan berisikan keterangan pindah lokasi tugas bagi pejabat negara baik PNS, TNI, maupun POLRI yang mengajukan kredit subsidi KPR BTN untuk kali kedua; serta
  • Berbagai jenis dokumen lain yang memudahkan proses verifikasi oleh pihak bank sehingga memperlancar turunnya persetujuan.
Baca Juga »  Aplikasi Peminjaman Uang yang Paling Aman dan Terdaftar OJK

3. Ikuti Proses Pendaftarannya

Selanjutnya, setelah dokumen persyaratan terkumpul maka nasabah bisa mendatangi customer service bank BTN terdekat. Kemudian akan diarahkan untuk menunggu proses yang terdiri dari tiga buah tahapan, yang terdiri dari:

  • Penginputan dokumen yang diajukan oleh setiap pemohon ke dalam SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan resmi dari bank BTN;
  • Verifikasi kelengkapan dan keabsahan dari data-data yang disetorkan nasabah oleh tim verifikator bank BTN; dan
  • Penganalisaan dokumen untuk menentukan layak atau tidaknya seorang nasabah menerima subsidi KPR yang diinginkan.

4. Siapkan Dana dan Buka Rekening BTN

Keempat, sembari menunggu keputusan persetujuan dari bank BTN terkait dengan pengajuan nasabah, maka sebaiknya segera menyiapkan kebutuhan dana. Selain itu, juga penting untuk membuka rekening bank BTN bagi nasabah yang belum memiliki sebelumnya. Hal ini untuk mempermudah transaksi dan penyetoran uang kredit yang akan dilakukan oleh nasabah di kemudian hari.

5. Jalankan Akad dan Tunggu Pencairan

Terakhir, sebagai cara mendapatkan bunga KPR Bank BTN subsidi setelah persetujuan berhasil didapat oleh calon nasabah, ialah melakukan proses akad kredit. Baru setelah itu pencairan pengajuan dapat segera dilakukan dengan catatan suku bunga sebesar 5% fixed sesuai masa kredit. Ditambah beban provisi dan administrasi sesuai dengan ketentuan bank BTN saat akad dilaksanakan.

Demikianlah tadi serangkaian cara mendapatkan bunga KPR Bank BTN subsidi terbaru tahun 2021 yang dapat diinformasikan. Bagaimana? Sudah siapkah untuk memiliki rumah KPR impian melalui kredit ringan di Bank BTN? Sebaiknya, jangan tunda lagi! Segera siapkan segala persyaratannya agar impian mempunyai rumah sendiri segera dapat diwujudkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.