Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client

Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah client server. Bila terdapat hal semacam ini, mudah saja kita menjawabnya.

Namun, tidak semua orang mengetahuinya. Apalagi bagi mereka yang baru belajar sistem pemrograman komputer atau IT.

Kedua istilah ini sebenarnya saling berkaitan. Penjelasan mudahnya seperti ini, sebuah komputer akan berfungsi sebagai server. Kemudian, komputer lainnya akan berperan sebagai client

Komputer yang bertindak sebagai server, memungkinkan untuk membatasi penggunaan sumber daya pada komputer client. Contoh yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya koneksi internet.

Komputer server, secara bebas dapat mengatur segala situasi yang boleh maupun tidak boleh diakses oleh komputer client. Jenis jaringan semacam ini biasanya digunakan oleh sekolah-sekolah, kantor, maupun instansi lainnya.

Inilah Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client

Sebelum kita memahami lebih jauh lagi mengenai client server, ada baiknya terlebih dahulu mengenal apa itu jaringan komputer. Jaringan komputer, adalah suatu sistem dimana memuat dua atau lebih perangkat komputer.

Komputer-komputer tersebut saling berhubungan dengan menggunakan media transmisi serta media komunikasi. Dengan demikian, dapat saling berbagi data, baik itu dari software ataupun hardware komputer.

Jaringan komputer bersifat privat maupun publik. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jaringan komputer ini.

Salah satunya adalah memberikan kita kemudahan berkomunikasi tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Selain itu, jaringan komputer ini membantu kita untuk menyampaikan informasi secara cepat dan tepat. Manfaat lainnya, yakni menjaga dan memanajemen data secara aman.

Jaringan komputer memiliki beberapa jenis. Antara lain seperti PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), CAN (Campus Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, dan VPN (Virtual Private Network).

Baca Juga »  5 Aplikasi Nonton Film Sub Indo yang Wajib Diinstal!

LAN (Local Area Network)

Saat timbul pertanyaan “jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah?”, maka kita dapat menemukan jawabannya pada jaringan komputer LAN ini.

Pasalnya, client server merupakan bagian dari jaringan LAN. Fungsi dari jaringan komputer ini adalah menghubungkan perangkat jaringan pada jarak yang relatif kecil atau tidak luas. Misalnya saja seperti jaringan komputer di sekolah, kantor, instansi, hingga tempat tinggal kita.

Kelebihan Jaringan Client Server

Bila kita bandingkan dengan jaringan lainnya, client server ini paling banyak digunakan. Sebab, cara membuatnya relatif mudah, selain itu biaya yang kita butuhkan tidak terlalu besar.

Tak hanya itu, masih ada kelebihan client server lainnya. Berikut beberapa diantaranya:

Kontrol Sepenuhnya Ada pada Server

Komputer server memiliki kontrol penuh, seperti mengontrol akses, integritas data hingga resource. Sehingga komputer client tidak dapat melakukan aktivitas terlarang.

Misalnya mengakses situs ilegal dan sebagainya. Dengan adanya pembatasan ini, aktivitas jaringan akan lebih aman.

Mencegah Terjadinya Kehilangan Data

Jaringan client server ini dapat mencegah terjadinya kehilangan data. Komputer server juga berperan sebagai pusat backup data dari komputer client.

Komputer client sangat rentan terhadap hilangnya data. Terutama disebabkan karena virus, maupun kesalahan harddisk.

Perawatan yang Mudah

Selain lebih aman, client server juga memiliki perawatan yang mudah. Kita dapat menggunakan remote yang diakses melalui komputer server. Sehingga, akan lebih hemat biaya dan efisien.

Bagaimana, pertanyaan “jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah?”, sudah terjawab bukan? Setelah mengetahuinya, akan semakin mudah menentukan jaringan komputer mana yang baik kita gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.