Simak Penyebab Baterai Hp Boros dan Solusinya Berikut Ini

Ponsel pintar sekarang ini, memiliki kemampuan yang komplit dan juga banyak fitur didalamnya yang memiliki fungsi berbeda. Tentunya fitur komplit akan memakan banyak daya listrik yang digunakan ketika menjalankannya. Dibawah ini adalah beberapa alasan yang menjadi penyebab baterai hp boros dan solusinya yang dapat dicermati oleh pengguna ponsel pintar:

1. Layar Ponsel

Bagian pada ponsel yang menjadi perangkat utama adalah layar. Ini juga merupakan pemakai daya listrik yang terbesar selain mesin ponsel. Hal ini karena layar memiliki beragam fitur yang tertanam di dalamnya. Contohnya seperti proses pengendalian, cahaya, serta beragam fungsi kegunaan lainnya.

Untuk memeriksa pemakaian bisa dicoba dengan melihat di menu pengaturan pada ponsel. Setelah masuk menu pengaturan langsung saja pilih baterai. Selanjutnya pilih tombol menu pada sudut atas dan pilih opsi penggunaan baterai pada mode full.

Dengan memeriksa pemakaian daya maka akan menjadi tolak ukur pemakaian baterai yang dilakukan oleh layar. Langkah yang bisa diambil untuk mengurangi daya yang dipakai layar adalah dengan merendahkan kecerahan cahaya. Sehingga, layar tidak memakai daya berlebih yang berakibat pada borosnya baterai.

2. Kondisi Sinyal di Area Rendah

Sinyal adalah salah satu alasan kenapa pemakaian baterai pada ponsel menjadi boros. Proses pencarian sinyal di ponsel sangat menguras daya pada baterai ponsel. Hal ini dikarenakan ponsel akan mengerahkan daya pada fitur pencari sinyal. Apalagi ketika pengguna berada di daerah susah sinyal..

Baterai ponsel akan cepat terkuras jika pengguna ponsel berada pada posisi yang terhalang dari sinyal ataupun daerah pedalaman yang kurang jangkauan sinyal ponsel. Penyebab baterai HP boros dan solusinya ini adalah dengan penggantian operator seluler. Atau dengan menyalakan mode pesawat agar ponsel tidak terus menerus melakukan pencarian sinyal.

Baca Juga »  10 Cara Mendapatkan Hero Gratis di Mobile Legends

3. Aplikasi dan Layanan Latar Belakang

Pemakaian banyak fitur serta aplikasi, tentu saja akan memakan banyak sumber daya baterai. Lakukan pemeriksaan aplikasi yang menggunakan daya baterai ekstra dan dengan program yang terus menerus dijalankan. Contohnya seperti perangkat game ataupun video call. Kurangi pemakaian aplikasi tersebut agar tidak membuat boros daya ponsel.

Atau dapat juga mengurangi pemakaian game maupun video jika diluar jangkauan pengisian daya agar lebih hemat daya baterai. Di Luar itu, pengguna juga harus menutup aplikasi program yang tidak digunakan. Seperti beberapa aplikasi sosial media yang sedang melakukan aktifitas. Cara ini juga bisa sekaligus memperpanjang umur baterai.

4. Penggunaan GPS, WiFi, dan Bluetooth

Selain hal tadi, penggunaan utilitas seperti wifi, gps, dan bluetooth juga menjadi penyebab borosnya baterai. Nah, sebaiknya matikan utilitas yang tidak terpakai agar baterai menjadi lebih hemat. Terkadang pengguna lupa jika utilitasnya berada pada kondisi aktif. Jadi, sering-seringlah memeriksa keaktifan dari fitur utilitas.

5. Update Perangkat Lunak

Yang terakhir adalah dengan melakukan proses peningkatan sistem pengoperasian atau yang disebut update program. Dengan hal tersebut proses daya baterai dapat kembali dinormalkan dan berjalan sebagaimana mestinya.

Karena dengan proses peningkatan sistem operasi, terdapat penambahan program pada sistem daya ponsel. Dengan begitu, nantinya software baterai akan lebih baru dan efektif dalam kinerja daya baterai.

Begitulah beragam penyebab baterai hp boros dan solusinya untuk memperbaiki kinerja baterai ponsel yang mulai berkurang. Periksa dahulu penyebab dari borosnya baterai. Setelah tau penyebabnya, pengguna pun bisa langsung menggunakan solusi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.