Tekno  

Cara Mengembalikan Hardisk Yang Terformat Seperti Semula

Cara Mengembalikan Hardisk Yang Terformat Seperti Semula

Menjadi sebuah masalah besar jika data yang terdapat pada ruang penyimpanan komputer atau di Hard Disk hilang secara tidak sengaja. Lalu bagaimana cara mengembalikan hardisk yang terformat seperti semula lagi ?

Itu semua dapat dengan mudah dilakukan tanpa melakukan proses rumit atau diluar kemampuan manusia normal. Hanya dibutuhkan cara yang teliti dan juga kecermatan dalam mengembalikan sebuah data yang hilang tanpa sengaja tersebut.

Langkah Cermat Mengembalikan Data Yang Hilang

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan perangkat komputer yang menjadi subjek hilangnya data tersebut, lalu jangan lupa dekatkan ke sumber listrik agar tidak mengganggu proses pengembalian data.

Lalu unduh software EaseUS Data Recovery Wizard Free pada laman pencarian tanpa perlu membayar sepeserpun. Tunggu hasil unduhan selesai lalu gunakan cara mengembalikan hardisk yang terformat seperti semula berikut ini.

Sederhananya, penggunaan software tersebut hanya dengan memilih jenis file yang akan dipulihkan, kemudian menentukan tempat penyimpanan yang tersedia, lakukan proses scan dan terakhir lakukan proses recover pada file.

Berikut langkah-langkah cara mengembalikan data yang sudah terformat:

1. Buka Data Recovery Wizard Free

Jalankan Data Recovery Wizard Free yang sudah siap digunakan. Kemudian tentukan file yang akan di cari atau dipulihkan. Hal ini agar dapat memfokuskan pencarian dan pemulihan data yang sudah hilang atau terformat namun masih memiliki jejak pada program komputer.

Yang paling utama adalah golongkan jenis file yang akan dipilih pertama kali. Kemudian pastikan nama file tersebut dengan tepat agar tidak menyasar data lain yang telah tersimpan dan tidak terhapus.

2. Pilih Lokasi

Lalu kemudian tentukan tempat pencarian dimana data tersebut sebelumnya disimpan atau tempat terakhir data itu di lacak. Apakah ada di sistem penyimpanan drive atau berada di sistem download yang menyimpan banyak data.

Tentukan folder hardisk yang akan jadi target utama pemulihan data. Hal ini dilakukan agar lebih efektif dalam posisi kordinat pencarian data yang akan dicari, serta memudahkan data yang hilang dapat dilacak jejak programnya.

3. Scan

Lakukan proses scanning secara menyeluruh agar dapat menemukan data yang akan dipulihkan hingga terkumpul seluruh komponen data tersebut. Tunggu hingga hasil pencarian selesai secara sempurna. Pastikan proses scanning berjalan lancar tanpa ada satupun gangguan sistem lain yang akan membuat scan tidak optimal.

4. Deep Scan

Proses deep scan ini dapat dijalankan jika proses scan normal telah dilakukan. Dengan proses ini maka akan dilakukan proses pencarian menyeluruh dan lebih dalam hingga ke detail folder ataupun ruang penyimpanan yang paling detail sekalipun untuk menemukan target pemulihan data.

Proses yang dijalankan memiliki rentang waktu yang lebih lama karena akan berjalan secara menyeluruh dan lebih sempurna.

5. Recover

Jika data yang dicari telah ditemukan, maka periksa dengan cermat melalui opsi preview. Pastikan file yang telah dipilih untuk dipulihkan dengan menggunakan fitur recover melalui tombol yang telah tersedia pada layar. Lakukan dengan cermat proses ini karena sangat menentukan pengembalian data yang akan dipulihkan.

Beberapa tips yang harus dicermati.

  1. Beberapa tempat penyimpanan memiliki kapasitas serta fitur yang berbeda sistemnya. Maka lakukan penyesuaian dengan sistem software pemulihan yang akan digunakan.
  2. Pada masalah Hard disk drive yang telah terformat, maka harus dipisahkan hard disknya terlebih dahulu dan gunakan pada perangkat lain dan jangan gunakan pada tempat yang sama.
  3. Percepat proses recovery data agar data yang telah terselamatkan bisa langsung diamankan.
  4. Ada kemungkinan file yang telah dipulihkan tidak bisa kembali sempurna seperti semula, akan ada sedikit bentuk cacat pada data tersebut.

Begitulah beberapa cara dan juga tips cara mengembalikan hardisk yang terformat seperti semula dengan cara mudah dan aman. Alangkah lebih baik, hardisk tidak pernah diformat. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot mengembalikan file pada hardisk.

Pencarian Popular

https://wartaterbaru com/3450/cara-mengembalikan-hardisk-yang-terformat-seperti-semula html,cara chsk hdd yang terformat,cara mengembalikan file hardisk yang terformat,cara mengembalikan hardisk eksternal yang terformat seperti semula,mengembalikan data hardis yang terformat free,mengembalikan data yang terformat di hardisk,mengembalikan file dari hardisk yang terformat