8 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

8 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Mengalami kendala saat bekerja atau mengerjakan tugas tentu sangat menggangu. Misalnya saja ketika sedang mengetik, karakter yang keluar malah tidak sesuai. Atau beberapa huruf dan angka tidak muncul. Terkadang juga kotoran yang menyumbat keyboard, sehingga tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang error? Berikut ulasannya:

1. Restart Laptop

Tips ampuh pertama yang bisa dicoba jika keyboard ngambek yaitu melakukan restart. Cara ini terbukti mampu menangani berbagai masalah yang timbul pada sistem operasi. Apabila tidak bisa melakukannya, cobalah dengan menekan tombol power beberapa saat sampai laptop mati.

2. Periksa Num Lock

Terkadang menekan kombinasi tombol tertentu yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan error pada keyboard sehingga Num Lock menjadi aktif. Lalu karakter keluar tidak sesuai dengan yang diketik. Namun, jangan cemas. Cobalah menonaktifkannya dengan menekan Fn dan NumLk secara bersamaan, maka keyboard pun normal kembali.

3. Bersihkan Debu dan Kotoran

Menjaga kebersihan pun tidak hanya pada tempat tinggal, tapi juga peralatan yang digunakan. Laptop yang jarang dibersihkan bisa saja menjadi sebab alat ketik ini tidak mau bekerja karena komponen di dalamnya tertutup. Jika sudah begitu bersihkan dengan cara membalik atau memiringkannya 45-75° dan goyangkan secara perlahan.

4. Melepas Baterai Laptop

Jangan bingung mencari cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Mungkin bisa diatasi dengan melakukan reset. Yaitu cari menu shut down dan lepas baterai beserta kabel adaptor, lalu diamkan selama satu menit. Setelah itu tekan tombol power selama 60 detik. Tinggal masukkan baterai kembali dan cobalah untuk menghidupkan laptop.

5. Masalah Driver

Masalah-masalah yang timbul mungkin juga dikarenakan adanya virus atau kesalahan saat menginstal software pihak ketiga. Untuk mengetahuinya bisa dicek di Device Manager dan pilih keyboard. Apabila muncul segitiga kuning, itu tandanya memang ada yang tidak beres.

Baca Juga »  Membersihkan Perabotan kayu dengan Air Mendidih?

6. Konektor Terlepas

Kendala juga bisa saja terdapat pada bagian konektor, entah itu mengalami kerusakan, tertekuk, sedikit renggang, atau malah terlepas. Cobalah untuk membuka keyboard secara perlahan dan hubungkan kembali. Sudah banyak tutorial tersedia di Google maupun YouTube. Tapi jika takut bertambah rusak, sebaiknya bawa ke tempat servis.

7. Ganti Layout Keyboard

Apabila menemukan masalah saat pengetikan, misal huruf tidak terdeteksi atau hanya berfungsi sebagian, maka bisa mengganti layoutnya. Hal tersebut dapat dilakukan dalam Language yang ada di kolom Start Menu. Pilih bahasa yang digunakan dan pada options pastikan muncul US QWERTY di bagian bawah. Lalu hapus layout yang tidak diperlukan.

8. Gunakan Keyboard USB atau Wireless

Jika cara-cara yang sudah dicoba masih tidak mampu untuk memperbaiki, mungkin dapat beralih menggunakan keyboard eksternal USB. Hal ini sebenarnya juga sebagai solusi karena biaya servis yang mahal. Kisaran harganya tidak jauh-jauh dari Rp 50.000.

Penggunaannya pun juga cukup mudah. Tinggal menghubungkan ke port USB yang ada pada laptop. Sebenarnya tersedia tips yang lebih praktis. Yaitu menggunakan keyboard wireless. Papan ketik ini memanfaatkan fitur bluetooth pada laptop.

Itulah penjelasan singkat mengenai 8 cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Tentunya semua memiliki sebab kerusakan masing-masing, entah karena faktor internal maupun eksternal. Jika masih mampu untuk mengatasi sendiri, sebaiknya gunakan beberapa tips di atas.

Sedangkan untuk kerusakan parah, bawalah ke tempat servis laptop yang original agar segera ditangani dan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Semoga ulasan tersebut membantu kesulitan yang berkaitan dengan papan ketik. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan keyboard dan rawatlah baik-baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.