Server Artinya dalam Bahasa Komputer yang Wajib Anda Pahami

Server artinya sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus dalam bentuk penyimpanan data. Data yang tersimpan melalui server berupa informasi dan berbagai dokumen lain yang komplek. Layanan ini ditujukan khusus untuk klien yang membutuhkan. Dalam hal menampilkan informasi untuk pengguna maupun pengunjungnya.

Bagi yang ingin mengenal dunia komputer, pertama kali yang harus Anda ketahui adalah pengertian server ini. Karena ini merupakan komponen yang berperan penting dalam proses browsing yang menjadi kebutuhan Anda dan orang di seluruh dunia.

Server mempunyai bentuk fisik berupa jaringan komputer yang memiliki ukuran besar. Dengan didukung beberapa komponen penting komputer lain seperti Prosessor dan RAM yang memadai. Sehingga Anda wajib memahami, pengertian, jenis, dan cara kerjanya.

Sejarah server berawal pada pertengahan abad ke-20 di sebuah wilayah bernama Kendall muncul sebuah makalah dengan nama Notasi Kendall. Server setidaknya berasal dari RFC 5 yang merupakan sebuah dokumen yang paling awal menggambarkan pendahulu internet bernama ARPANET.

Mengenal Server Artinya dalam Istilah Komputer, Fungsi Beserta Jenisnya

Pengertian Server

Menurut Wikipedia server artinya bagian atau komponen komputer berupa software yang menyediakan fungsi untuk program lain atau perangkat yang biasa dikenal dengan perangkat. Ada seseorang yang mengartikan server secara umum, Menurutnya, server adalah suatu proses melakukan pelayanan untuk permintaan jarak jauh

Mail Server

Server ini melayani users dalam bertukar pesan kepada sesama users secara elektronik. Server ini juga dibagi menjadi dua jenis yaitu server surat keluar dan server surat masuk. Mail Server terdiri dari POP3 ((Post Office protocol 3rd Version) dan IMAP (Internet Message Acces Protocol). IMAP adalah protokol yang akan menyimpan selalu, salinan pesan yang dikirim dan diterima dalam mail server.

Baca Juga »  Aplikasi Nonton Film Bareng Jarak Jauh Paling Seru

Sedangkan POP3 adalah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan dikirim dan diterima Local Hard Drive PC. Fungsi Mail server adalah bertukar pesan kepada sesama pengguna dengan mengikuti langkah protokol Mail, yang didukung dengan file berupa teks, gambar dan lain sebagainya.

Web Server

Web Server adalah sebuah jaringan komputer yang khusus melayani sesuai permintaan HTTP dan HTTPS. Server ini menerima kode dari browser, kemudian mengirimkan kembali dalam bentuk halaman web. Halaman web ini dikirim dalam bentuk dokumen HTML dan CSS, yang kemudian diolah menjadi tampilan yang menarik untuk dibaca oleh user. Web server ini mempunyai fungsi utama yaitu mengirim file atau berkas sesuai permintaan pengguna melalui browser, seperti Chrome, Google, Mozilla.

Database Server

Merupakan jaringan komputer yang memberikan fasilitas layanan pengolahan basis data serta menerima permintaan klien untuk mengakses data pada server. Database Server terdiri dari empat jenis yaitu flat file database, relational database, object database dan relational object database. Sedangkan fungsi database ini adalah memberikan layanan big data yang teratur bagi pengguna. Sehingga bisa memudahkan dalam melakukan pencarian.

File Server

Merupakan sebuah jaringan komputer yang menyediakan akses berupa lokasi file. Disk ini biasa berisi file video, gambar, musik, dokumen, database dan lain sebagainya. File server dirancang bagi pengguna yang memungkinkan dalam menyimpan dan mengambil data dengan dihitung melalui workstation. File ini berfungsi sebagai jantung sebuah komputer yang berperforma tinggi, dengan kapasitas hardisk dan RAM yang besar pula.

Itulah beberapa pengertian jenis jenis server beserta fungsinya. Server artinya memiliki posisi yang vital di dalam dunia komputasi, yang wajib dipahami dan dimengerti bagi pemula, terutama yang akan masuk jurusan IT. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.