Apa Itu Virtual Private Server Murah? Ketahui Fungsinya

Virtual Private Server murah atau VPS merupakan sebuah server yang terbagi menjadi beberapa server virtual. VPS hanya dipakai oleh satu pengguna saja keseluruhan resourcenya. Jadi, menggunakannya secara pribadi saja.

Server ini bersifat maya dan virtual. Jadi servernya tidak mempunyai wujud fisik. Terdapat teknologi virtualisasi hardware server fisik yang akan terbagi menjadi beberapa resource berbeda.

Pengertian dan Fungsi Virtual Private Server Murah

VPS merupakan sebuah metode membagi sumber daya atau resource pada sebuah physical server menjadi beberapa Virtual Machines. VPS sebagai teknologi servers side tentang sistem operasi. Kemudian perangkat lunak memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar ke beberapa virtual mesin.

Tiap virtual server melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri. Konfigurasi yang digunakan sangat cepat.

Teknologi virtualisasi memungkinkan satu buah server fisik dapat menjalankan beberapa virtual server. Lebih hebatnya lagi, virtualisasi memungkinkan untuk menginstall OS beserta software tambahan.

Hal tersebut tidak dapat melakukannya dengan shared hosting. Fungsi Private Server murah antara lain sebagai berikut.

Website Traffic Tinggi 

Fungsi VPS adalah sebagai layanan yang pas untuk website Anda. Secara berkala, lakukan pengecekan terhadap trafik website. Hal tersebut dapat berguna untuk menentukan kapan waktu terbaik pindah layanan ke VPS.

Trafik super tinggi pada website, namun masih memakai layanan shared hosting bisa berefek pada suspensi domain. Hal tersebut karena berpotensi mengganggu resource bersama bila menggunakannya bersamaan dengan satu shared hosting.

Web dan File Hosting

Virtual Private Server murah sangat berguna bagi para pemilik jasa pembuatan website atau developer. Penggunaan VPS ini untuk web hosting para klien. Sehingga dapat mengontrol penuh terhadap website dengan layanan VPS.

Baca Juga »  Protes petani: Twitter memulihkan akun India yang dilarang

Berbagai layanan penyimpanan file online akan memudahkan saat save dan mengaksesnya secara online. Nah, layanan VPS dapat Anda manfaatkan untuk akses pribadi maupun pengunjung website. Bahkan mampu menyimpan file berukuran besar sekalipun.

VPS Sebagai VPN

VPS juga berguna sebagai Virtual Private Network (VPN). Hanya orang-orang tertentu yang dapat mengakses VPN. Karena VPN sebagai jaringan yang terhubung via internet.

Fungsi VPS sebagai VPN bermanfaat bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan private. Jadi, hanya karyawan atau anggota yang  bisa memanfaatkannya.

Dengan demikian, data-data penting dapat tersimpan dengan baik. Kemudian selama dalam jaringan VPN, aktivitas seperti bertukar data tetap aman.

Private Backup 

Pada umumnya, layanan VPS sudah tertera secara spesifik. Lalu menyediakan juga beberapa gigabyte disk space. Paket layanan VPS sangat besar. Selain untuk menyimpan berbagai file secara online, VPS berguna untuk menyimpan data backup.

Sever Percobaan

Virtual Private Server murah akan memberikan fasilitas yang cukup memadai. Sehingga para pengguna dapat melakukan percobaan aplikasi atau software. VPS berguna untuk mengembangkan aplikasi, software, sistem operasi ataupun framework.

VPS merupakan alternatif terbaik untuk server percobaan. Mengingat penggunaan dedicated server kini harganya lebih tinggi.

Layanan VPS yang terjangkau daripada dedicated server, namun memberikan fitur-fitur yang komplit. VPS juga berguna untuk mengakses dan memakai komputer atau server secara remote.

Jadi, Anda mempunyai kontrol penuh terhadap server tanpa batas lokasi.  Anda dengan mudah dapat mengontrol server dimana saja.

Meskipun tidak murni menempati satu server saja, namun VPS bekerja layaknya server yang berdiri sendiri. Setiap VPS memiliki alamat IP, port number, filtering, tables dan routing rules sendiri.

Konsep dari Virtual Private Server murah merupakan sebuah server namun bersifat virtual. Kebanyakan VPS berguna untuk Cloud Computing atau tujuan penggunaan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.