Perintah yang di Gunakan untuk Mengedit Pada Linux Server adalah Beragam (markey.id)
Perintah yang di Gunakan untuk Mengedit Pada Linux Server adalah Beragam (markey.id)

Perintah yang di Gunakan untuk Mengedit Pada Linux Server adalah Beragam

Perintah yang digunakan untuk mengedit pada linux server adalah Command Line. Command Line atau baris perintah pada Linux diketik pada prompt dan diakhiri dengan enter. Cara ini dilakukan untuk mengeksekusi perintah yang ada. Command Line menjadi salah satu langkah tepat dan efisien untuk melakukan pekerjaan. Sehingga penggunaan Linux pun tetap menggunakan cara ini untuk bekerja. Bagi Anda pemula tentu perlu banyak hal tentang edit pada linux server.

Tidak ada salahnya jika mengetahui tentang penggunaan Linux server. Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang beberapa perintah dasar tersebut. Sehingga sistem operasi Linux cukup penting Anda pilih dan ketahui. Sehingga perintah yang dipakai mengedit pada linux server adalah pilihan tepat. Anda harus bisa mengetahui ilmunya. Sebab, sewaktu-waktu Anda bisa menggunakannya ketika dibutuhkan.

Beberapa Perintah yang Digunakan untuk Mengedit Pada Linux Server Adalah

Linux itu sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang berfungsi sebagai alat elektronik. Hal ini mencakup mulai dari lampu, laptop hingga komputer. Operasi sistem ini bahkan bisa digunakan untuk smartphone juga. Untuk komputer sendiri Linux menjadi alternatif pada sistem operasi Windows. Sebenarnya ada beberapa perintah dasar Linux. Sehingga mampu mempermudah penggunaan sistem tersebut.

Linux bisa digunakan untuk sistem operasi komputer server. Bahkan 90% seluruh server di internet menggunakan tenaga Linux. Popularitasnya memang tidak ada batasan. Linux memiliki tingkat kustomisasi, keamanan, dan aksesibilitas tinggi. Sebelum mengetahui lebih jauh Anda perlu tahu perintah untuk mengedit pada linux server adalah:

MKDIR

Pada sistem operasi yang satu ini mengandung banyak perintah. Perintah dasar operasi Linux yang pertama yaitu MKDIR. MKDIR berfungsi untuk membuat folder baru atau direktori. Misalnya saja Anda berada pada direktori/debian/ home. Selanjutnya ketik perintah mkdir tkj 3. Maka akan diperoleh didalamnya muncul sebuah direktori baru dengan nama tkj 3.

Baca Juga »  Pengertian FTP Server Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Touch

Sedangkan untuk perintah server yang umum digunakan yaitu touch. Perintah dalam sistem operasi Linux ini membantu untuk membuat file. Misalnya saja pada direktori tkj3 dan didalamnya dibuat file bernama bunga. Sehingga Anda cukup ketik touch kabel.txt. Sehingga akan muncul file bernama bunga.txt.

CD

Pada perintah server Linux selanjutnya yaitu CD. Dimana berfungsi untuk berpindah dari ruang penyimpanan satu ke yang lain. Misalnya saja jika Anda ingin login Linux dan masuk ke direktori /home/debian. Jika ingin pindah dari direktori satu ke yang lain Anda harus ketik “cd /var/www”. Dengan cara ini otomatis Anda akan pindah ke ruang penyimpanan tersebut.

NANO

Nano menjadi perintah Linux server yang berfungsi untuk mengedit isi dari suatu file. Misalnya saja ketika Anda menginginkan edit file maka cukup tambahkan nano pada bagian nama file yang akan dibuka. Dengan anda lakukan langkah tersebut secara otomatis akan membuka file yang akan di edit. Setelah Anda edit file tersebut bisa segera simpan dengan cara menekan ctrl+x.

LS

Berbeda lagi dengan perintah Linux server selanjutnya yaitu LS. Dimana LS bisa digunakan untuk melihat isi suatu direktori atau dokumen. Misalnya ketika Anda ingin membukanya bisa ketik ls maka akan tampil apa saja yang ada dalam direktori tersebut. Banyaknya perintah yang digunakan untuk mengedit pada linux server adalah berperan pada fungsinya. Sehingga untuk pemula tidak ada salahnya Anda perlu tahu apa saja perintah Linux server yang biasa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.