Mengenal Web Server, Fungsi dan Jenis-Jenisnya (IDCloudHost)
Mengenal Web Server, Fungsi dan Jenis-Jenisnya (IDCloudHost)

Mengenal Web Server, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Profesi, pendidikan dan pelatihan yang bersangkutan tentang dunia IT (Information Technology) memang sedang mendapat atensi yang luar biasa. Bagi Anda yang tertarik terjun ke dunia IT, Anda bisa mulai dari sekarang mengenal hal-hal dasarnya melalui otodidak. Salah satu yang wajib Anda kenal dari dunia IT adalah web server.

Sebelum membahas pengertian fungsi dan contoh contoh web server, kita telusuri sebab melonjaknya peminat IT. Kira-kira apa yang menyebabkan orang-orang, pelajar, dan mahasiswa sekarang banyak memilih jurusan mereka dalam bidang IT? Kemudian memicu yayasan dan lembaga pendidikan juga mengembangkan dan menggalakkan jurusan IT.

Ada beberapa alasan yang mendasari permasalahan ini, diantaranya adalah beralihnya kebutuhan manusia ke dalam digital atau biasa disebut digitalisasi. Dengan sebab tersebut, maka secara otomatis kebutuhan tenaga IT menjadi semakin besar. Selain itu, gaji yang ditawarkan kepada mereka yang ahli IT cukup fantastis.

Seseorang yang mempunyai kemampuan dalam bidang IT, bisa bekerja di sebuah kantor keren atau bekerja remote atau freelance. Kemudian memiliki nama dengan keahlian IT tentu akan mengangkat nama baik seseorang, di mata masyarakat maupun lingkup teman.

Diantara banyaknya hal yang mendasari hal ini, ada satu alasan yang dijadikan pegangan orang secara umum kenapa sekarang banyak orang menggeluti IT. Baik itu sekolah, yayasan, lembaga maupun komunitas yang saat ini gencar mengadakan bootcamp, pelatihan IT, dan sekolah maupun yayasan berbasis IT. Alasan itu adalah keinginan manusia untuk mengikuti trend dunia yang berkembang.

Inilah Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Web Server

Salah satu ilmu IT yang wajib Anda pahami sebelum serius belajar IT adalah bab ini. Anda harus paham sampai kepada contoh penerapannya. Yuk simak baik-baik.

Baca Juga »  6 Aplikasi Belajar Mengaji Al-Qur’an Gratis untuk Anak dan Dewasa

Pengertian

Web server adalah perangkat lunak atau software yang bertugas untuk menampilkan data seperti permintaan klien. Contoh sederhananya adalah ketika Anda sedang menggunakan Google atau Chrome untuk browsing. Ketika Anda menuliskan sesuatu, lalu klik search, maka muncullah sebuah halaman. Nah, itulah proses kerjanya.

Secara umum, perangkat lunak ini berisi satu atau lebih situs web. Kemudian akan memproses permintaan jaringan yang masuk melalui HTTP dan beberapa protokol terkait lainnya.

Fungsi

Fungsi dari perangkat lunak yang satu ini adalah adalah menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman website kepada klien sesuai permintaan.

Jenis-Jenis

Software atau perangkat lunak yang satu ini tentu memiliki beberapa jenis yang beragam, simak secara seksama ulasannya dibawah ini

Nginx

Nginx merupakan server HTTP dan proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP. Software Nginx terkenal dengan performanya yang tinggi, ringan dan bisa menampilkan permintaan dengan lalu lintas yang sangat padat. Secara kualitas, kecepatan dan performa, Nginx lebih unggul daripada yang lainya.

Apache

Jenis yang satu ini termasuk paling populer diantara jenis yang lain. Jenis ini memiliki beberapa program pendukung seperti PHP, SSI, dan Acces Control. Apache ini memiliki kelebihan yang cukup mudah dalam penerapannya, aman, nyaman dalam penggunaan, proses instalansi yang mudah, freeware dan sistem konfigurasi yang cukup mudah.

Lighttpd

Ini merupakan sistem berbasis open source untuk mendukung sistem Linux dan Unix. Sistem ini memiliki keunggulan yaitu performa yang cepat dan efektif.

ISS. memiliki kepanjangan Internet Information Services adalah sistem yang bekerja di protokol seperti DNS, TCP/IP, atau beragam, perangkat lunak lainnya.

Ada beberapa hal penting yang wajib Anda kenali ketika hendak terjun ke dunia informasi teknologi. Ketika Anda mempelajari web server pertama kali, mungkin akan terasa hambar tidak berguna. Tapi percayalah, semakin berjalannya proses belajar, Anda akan mendapat manfaat apa yang Anda pelajari hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.