Pengertian FTP Server Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya (jetorbit.com)
Pengertian FTP Server Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya (jetorbit.com)

Pengertian FTP Server Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

FTP Server atau File Transfer Protocol adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang dalam jaringan internet. Seperti yang kita ketahui, bahwa di dalam jaringan internet ada aplikasi server yang sering digunakan sebagai melayani permintaan akses, terutama dari komputer client.

Aplikasi server tersebut juga terdiri dari beberapa macam jenis, sebut saja adalah FTP yang mempunyai banyak fungsi serta kelebihan maupun kekurangannya. Lalu apa tujuan dan fungsinya? Mari simak artikel kali ini sampai selesai.

Mengenai FTP Server Beserta Pengertian dan Fungsinya

Sebelum mengenal lebih jauh lagi, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa pengertian dari FTP. FTP sendiri adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang merupakan protokol internet yang akan berjalan di dalam satu lapisan aplikasi.

Salah satu fungsinya adalah untuk media tukar-menukar data antara server dan client dalam jaringan. Menariknya lagi, FTP ini dapat kita waktu menjadi sebuah layanan yang dapat digunakan juga oleh banyak orang.

Sehingga semua orang bisa dengan mudah untuk mengakses data di dalam satu perangkat komputer sangat mudah. Meski demikian, FTP juga memiliki tingkat keamanan yang tentu sangat terjamin.

Selain itu juga hanya client yang terdaftar saja dan memiliki izin untuk bisa mengaksesnya. Kira-kira apa saja yang fungsinya? Berikut penjelasannya!

Fungsi File Transfer Protocol Server

FTP Server tentu sangat menguntungkan bagi semua pengguna akun website, karena mampu membuat cadangan data website mereka dengan mudah. Selain itu para pengguna juga dapat melakukan pertukaran segala informasi maupun file antar komputer.

Bahkan caranya juga sangat mudah meskipun ukuran dari filenya yang ditukar sangat besar. Selain itu FTP juga telah menyediakan beberapa fasilitas untuk para pengguna komputer agar dapat melakukan pengiriman data dan segala informasi dari dua arah,.

Baca Juga »  5 Pilihan Program Studi yang Tersedia di Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Misalnya saja ketika FTP digunakan di kantor, maka serang direktur juga bisa mengirimkan file kepada staff atau manager, begitu juga sebaliknya. Karena data yang ditransfer menggunakan FTP, mampu berjalan lebih lancar dan efisien.

Hal ini karena pengguna komputer tidak harus melakukan prosedur yang sangat rumit. FTP juga mampu melindungi para pengguna komputer dari sistem file storage antar host yang sama-sama saling bertukar informasi.

Kelebihan FTP

FTP Server memiliki kelebihan salah satunya adalah data yang akan dikirimkan tidak akan terhapus atau hilang oleh perangkat komputer. Nah, langkah yang harus dijalankan untuk melakukan pertukaran informasi data antar komputer juga tidak rumit.

Sebesar apapun jenis filenya yang akan di transfer tersebut juga tidak akan menjadi masalah, karena FTP mampu memprosesnya lebih baik. Selain itu dilengkapi pula dengan menggunakan sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan sangat terjamin.

Sehingga pengguna tidak haus khawatir akan terjadi kebocoran data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Verifikasi juga sangat dibutuhkan agar dapat menggunakan FTP yang hanya terdiri dari dua langkah. Selain itu FTP bisa digunakan dalam melakukan Back Up data dan file untuk melakukan restore di data website.

Kekurangan

Kemudahan maupun keamanan yang ditawarkan oleh FTP terkadang juga membuat kesalahan ketika menyampaikan informasi. Sehingga administrator juga akan kesulitan untuk bisa memahami segala informasi yang diterima.

Apabila tidak menggunakan sebuah sistem keamanan enkripsi, maka FTP Server akan menjadi kurang aman ketika kita gunakan untuk transfer data. Desain yang digunakan juga tidak sekuat dan administrator tidak dapat memperoleh informasi lebih tepat. Namun jika menggunakan enkripsi semua akan berjalan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.