Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja NTP Server Indonesia

Mungkin sebagian besar orang belum paham betul apa sebenarnya NTP server Indonesia. Sebenarnya NTP itu sendiri memiliki artian sebuah jaringan penting pada komputer. Untuk para pengguna komputer tentu hal ini bukalah asing lagi. NTP atau singkatan dari Network Time Protocol. Saat ini dunia sudah mengalami perkembangan pesat dari bidang teknologi. Dari dulu hingga sekarang komputer menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Baik untuk layanan pendidikan maupun pekerjaan.

Dalam istilah jaringan komputer memang sering terdengar yaitu Network Time Protocol (NTP). Memang hal ini terdengar masih asing. Hanya saja NTP server menjadi jaringan penting pada komputer. Agar bisa lebih mengetahui secara jauh tidak ada salahnya cari tahu apa itu NTP dan fungsinya.

Pengertian NTP Server Indonesia

NTP bisa diartikan sebuah protokol yang berfungsi untuk mensinkronkan waktu dalam sebuah jaringan. Bahkan bisa dilakukan pada jaringan lain seperti LAN atau Local Area Network. Tidak hanya itu saja NTP juga bisa mensinkronisasi kan jam-jam pada sistem komputer, internet diatas packet switching, variabel-latency jaringan data.

Sinkronisasi NTP ini terjadi didalam jaringan komunikasi data yang umumnya memakai protokol komunikasi, yakni TCP/IP. Dengan demikian, proses yang terjadi bisa dilihat sebagai proses atas komunikasi data yang melakukan pertukaran paket data saja. Bisa dibilang jika NTP itu berfungsi sebagai alat untuk mensinkronisasi waktu antar komputer.

Fungsi NTP

NTP server Indonesia juga memiliki fungsi yang sama. Dimana protokol yang satu ini sengaja di desain untuk bisa membantu dengan baik media komunikasi secara bervariasi. Misalnya mulai dari waktu latensinya tinggi hingga rendah. Bahkan mulai dari media kabel hingga udara. Dengan adanya NTP dengan menggunakan port komunikasi UDP 123 semua bisa lebih mudah. Protokol yang satu ini memberikan kemungkinan perangkat komputer dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan sangat tepat.

Baca Juga »  Server Minecraft Indo Terbaik dan Terlengkap, Ini Daftarnya

Seperti pada umumnya dalam jaringan terdapat beberapa Node yang dilengksapi dengan fasilitas NTP. Tujuannya untuk membantu membentuk sebuah subnet sinkronisasi. Node-node yang ada akan saling berkesinambungan untuk bisa menyamakan waktu. Meski ada node master atau primary server namun, protokol NTP tidak memerlukan mekanisme pemilihan itu sendiri.

Diambil kesimpulan jika fungsi NTP server itu sendiri sebagai sistem untuk menyamakan waktu pada komputer. Dengan catatan setiap komputer yang terhubung dengan jaringan komputer server. Di dalam jaringan tersebut biasanya ada jaringan lain seperti LAN maupun internet.

Prinsip Kerja NTP

Jika Anda sudah tahu apa penelasan NTP dan fungsinya kini tinggal bagaimana prinsip kerjanya. NTP bekerja menggunakan alogaritma Marzullo dengan menggunakkan referensi skala waktu UTC. Pada umumnya sumber waktu yang ada pada jaringan NTP diperoleh dari sumber terpercaya. Misalnya saja radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan time server. NTP client akan bersinkronisasi dengan server dalam interval pooling berkisar antara 64-1024 detik.

Namun, hal ini akan berubah dengan cepat tergantung pada kondisi jaringan yang digunakan. NTP hadir dengan menggunakan sistem hirarki saat bekerja. Sistem yang satu ini menggunakan istilah clock stratum atau strata. Dimana mampu menggambarkan antara tingkatan-tingkatannya. Untuk clock strata tingkat pertama untuk penghitungan waktu eksternal.

Menggunakan komputer mungkin sudah banyak yang tahu. Bahkan memanfaatkan komputer sudah bukan hal yang asing lagi. namun, perlu diketahui untuk melakukan sinkronisasi waktu terhadap komputer ternyata dibutuhkan sistem protokol atau NTP. NTP server Indonesia memiliki fungsi dan cara kerja yang sama. Sehingga sinkronisasi waktu komputer yang terhubung jaringan bisa sangat akurat.

Pencarian Popular

apa itu ntpw

Leave a Reply

Your email address will not be published.