Informasi Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta, Sejarah Dan Program Studi

Menjatuhkan pilihan pada Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta menjadi salah satu keputusan yang tepat bagi orang yang ingin berkarir di dunia pariwisata serta perhotelan. Selain dapat dijadikan sebagai sarana berkarier dengan cara profesional. Perguruan tinggi tersebut juga memungkinkan untuk melakukan pengembangan usaha dalam bidang wisata serta hotel.

Sekolah ini sudah ada lumayan lama, yakni pada tahun 1987 yang lalu. Dengan dinaungi oleh anggota dari RPKS yang memang kebanyakan diisi oleh para profesional di bidang perhotelan. Hingga di tahun 1990 perguruan tinggi ini dikukuhkan oleh salah satu menteri saat itu. Berikut informasi tentang sekolah perhotelan yang bertempat di Yogyakarta:

Sejarah

Diketahui sebelumnya bahwa Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta awalnya didirikan tahun 1987 silam. Lalu dilanjutkan di tahun 1990 memperoleh pengukuhan dari Menteri. Hingga peristiwa penetapan untuk batu pertama yang terjadi di tahun 1991 oleh Sultan Hamengku Buwono kesepuluh. Dimana sewaktu berdiri untuk pertama kalinya diberikan sebutan Akademi PAP.

Nama tersebut berasal dari nama sebuah Keraton Ambarrukmo yang diketahui sebagai situs peninggalan sejarah di masa Sultan Hamengkubuwono yang ketujuh. Tempat tersebut selain dijadikan sebagai situs sejarah juga digunakan sebagai tempat wisata sekaligus tempat kedaton. Selain dikarenakan merupakan sebuah tempat, penamaan yang dipakai tersebut juga disebabkan oleh para perintisnya terdahulu.

Dimana diketahui bahwa para perintis dari sekolah ini dulunya merupakan senior di Ambarrukmo Palace Hotel. Yang kemudian di tahun 2021 lalu sekolah tersebut membuat yayasan yang diberi nama STiPRAM. Hingga yang tadinya berbentuk Akademi kini sekolah ini bertransformasi menjadi STP Ampta.

Program Studi

Bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di sekolah ini, terdapat 4 jenis program studi yang siap dipilih. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga »  Mengenal 5 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Gratis Paling Populer

1. Perhotelan

Jenis program studi pertama yang bisa diambil oleh calon mahasiswa adalah perhotelan. Nantinya mahasiswa akan diajarkan dan dicetak menjadi seseorang yang memiliki tenaga profesional hingga sampai pada tingkat manajer serta pengusaha. Yang bergerak dalam bidang perhotelan.

Prodi ini tersedia dalam jenjang Diploma 3 untuk Hotel Operation. Pendidikan yang diberikan bisanya mengenai keterampilan tentang pengelolaan di bagian produksi akomodasi, makanan dan sebagainya. Serta juga Diploma 4 atau yang setara dengan S1 untuk Hotel administration.

2. Pariwisata

Prodi ini hanya menyediakan satu jenjang saja yaitu S1 Pengelolaan Pariwisata. Tujuan dari prodi ini yaitu untuk membentuk mahasiswa menjadi seorang yang berorientasi pada bidang keilmuan. Sampai mampu untuk melakukan pengambilan keputusan dengan cara bijak. Secara umum prodi ini akan mempelajari tentang pengaturan pariwisata. Sementara secara khusus belajar perihal akomodasi.

3. Pengelolaan Perhotelan

Lama waktu tempuh untuk lulus dari prodi ini normalnya adalah 8 semester. Mengedepankan visi di tahun 2032 nantinya diharapkan mampu untuk mencetak lulusan berkualitas. Dengan memenuhi beberapa kriteria seperti sarjana wisata yang mempunyai daya saing berskala internasional.

4. Usaha Perjalanan Wisata

Jenjang pada prodi ini memang sama dengan sebelumnya yaitu Diploma 4 atau setara S1. Juga dapat ditempuh dalam waktu 8 semester. Prodi ini memiliki tujuan salah satunya seperti lulusannya mampu untuk menciptakan bisnis dalam bidang perjalanan wisata yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang.

Itu tadi pembahasan mengenai Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta yang perlu diketahui. Tentunya ulasan di atas dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi orang yang membutuhkan. Terutama untuk calon mahasiswa yang berkeinginan terjun dalam bidang perhotelan dan juga pariwisata. Entah itu menjadi bagian dari tenaga kerja ataupun pemilik usahanya.

Baca Juga »  Ahli dengan Komputer Kuliah Jurusan Multimedia di Bandung Bisa Menjadi Solusi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.