jurusan kuliah untuk menjadi ilmuwan

5 Jurusan Kuliah untuk Menjadi Ilmuwan dengan Prospek Menjanjikan

Saat masih kecil, salah satu profesi yang paling terlihat menarik adalah ilmuwan dengan kemampuan menemukan hal baru dan tampak seru. Ini bisa diwujudkan ketika seorang anak masuk usia SMA dengan memilih jurusan kuliah untuk menjadi ilmuwan yang identik dengan sains.

Ilmuwan dalam persepsi umum seringkali diidentikkan dengan orang yang menggunakan jas putih, bekerja di lab, dan berurusan dengan molekul. Jika ini yang ada dalam pikiran, maka jurusan dari keilmuan sains menjadi kategori yang paling mendekati ilmuwan itu sendiri. Berikut beberapa jurusan yang bisa diambil untuk menjadi ilmuwan:

1. Astronomi

Salah satu jurusan kuliah yang akan mengantarkan seseorang menjadi ilmuwan sejati adalah astronomi yang belajar tentang antariksa. Nantinya akan ada pembelajaran terkait benda-benda langit, menghitung jarak planet, dan fenomena lain di luar planet bumi.

Ini menjadi menarik mengingat ada banyak hal yang masih belum diketahui manusia di luar angkasa sana. Mahasiswa di jurusan ini akan terbagi ke dalam tiga keahlian seperti kosmologi, tata surya, dan fisika bintang. Semua mahasiswa nantinya jika terus kuliah dan melanjutkan studi akan menjadi ilmuwan yang bisa menemukan banyak hal baru.

2. Bioteknologi

Selanjutnya ada jurusan bioteknologi yang saat ini tengah menjadi jurusan favorit mengingat kebutuhannya yang luas. Kuliah di jurusan ini nantinya akan mempelajari terkait struktur DNA, kultur jaringan, hingga teknik rekayasa secara genetika khusus untuk tanaman.

Jurusan bioteknologi kian berkembang seiring kesadaran manusia untuk berkembang melalui perubahan secara genetika. Ilmu ini banyak berperan dalam keilmuan terkait tanaman dan ketersediaan pangan dan potensinya ke depan akan lebih jauh lagi.

3. Kimia

Seluruh kehidupan di dunia tidak pernah terlepas dari keberadaan unsur kimia yang memang menjadi dasar dari benda mati atau hidup. Bidang ini nantinya akan mengajarkan terkait molekul kimia, reaksi yang terjadi, dan sebagainya dengan banyak bidang lainnya.

Baca Juga »  Tak Perlu Bingung, Berikut Daftar Universitas Swasta yang Menerima KJP yang Perlu Diketahui

Keberadaan kimia sendiri bisa diterapkan di berbagai bidang seperti pembuatan pupuk, industri pangan, hingga industri alat kecantikan. Kimia menjadi jurusan kuliah untuk menjadi ilmuwan mengingat masih ada peluang besar dalam penemuan baru di berbagai aspek kehidupan.

4. Lingkungan

Isu lingkungan saat ini menjadi masalah besar yang dihadapi oleh seluruh bangsa di dunia. Keberadaan polutan yang semakin meningkat menyebabkan perubahan iklim hingga buruknya kualitas lingkungan. Jurusan ini yang berada di barisan terdepan dalam melindungi lingkungan dari kerusakan dan ancaman lainnya.

Seorang mahasiswa lingkungan bisa mempelajari tentang mengelola lingkungan baik secara biologis hingga kimia. Ada peluang besar untuk meneliti tentang bahan-bahan yang bisa dipakai tanpa harus merusak lingkungan. Jurusan ini juga bisa meneliti tentang bagaimana keadaan lingkungan sekitar saat ini sebagai informasi penting.

5. Teknik

Terakhir ada jurusan teknik dimana jurusan ini berkaitan dengan teknologi terkini yang perkembangannya semakin pesat. Tidak dipungkiri lagi, manusia sudah tidak dapat hidup tanpa adanya teknologi mengingat hampir semuanya memerlukan teknologi.

Jurusan ini akan membuat mahasiswanya berdiri paling depan dalam pembuatan dan pengembangan teknologi-teknologi baru. Ada kesempatan besar untuk menjadi ilmuwan dan menemukan berbagai teknologi baru yang akan berkontribusi pada kehidupan manusia.

Itulah dia beberapa jurusan kuliah untuk menjadi ilmuwan yang punya prospek bagus dan menjanjikan kedepannya. Sudah ada banyak sekali kesempatan lebar untuk menjadi ilmuwan karena ada banyak sektor yang masih belum tergali sepenuhnya. Penting untuk mempersiapkan diri sebelumnya mengingat ilmuwan tidak akan jadi pekerjaan mudah.

Pencarian Popular

Jurusan kuliah untuk menjadi ilmuwan

Leave a Reply

Your email address will not be published.