sekolah tinggi ikatan dinas gratis

Mengenal 5 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Gratis Paling Populer

Melanjutkan studi setelah lewat masa SMA saat ini sudah bisa dilakukan tanpa perlu memikirkan biaya yang hendak digunakan. Ada banyak kesempatan untuk mendapatkan pendidikan secara gratis melalui program beasiswa ataupun masuk ke ikatan dinas. Banyak orang belum tau fakta adanya sekolah tinggi ikatan dinas gratis dengan berbagai jurusan di dalamnya.

Sekolah tinggi dinas secara umum memang menyediakan akses pendidikan tinggi secara gratis untuk semua mahasiswanya. Banyak lulusan SMA yang tertarik bergabung dalam kedinasan mengingat prospek kerja yang sudah terjamin serta biaya pendidikannya yang gratis. Ini dia penjelasan lebih lanjut terkait ikatan dinas yang diselenggarakan tanpa biaya:

1. STAN

STAN menjadi pilihan bagi banyak orang mengingat keberadaannya yang secara langsung dikelola oleh Kemenkeu. Politeknik Keuangan STAN ini kampusnya bertempat di Tangerang Selatan. Biaya selama kuliah di sekolah tinggi ini sepenuhnya gratis sehingga mahasiswanya hanya tinggal melaksanakan program perkuliahan saja. Seperti politeknik pada umumnya, jurusan STAN terbagi ke dalam D1 atau D3 dengan lama belajar yang berbeda. Saat selesai pendidikan, lulusan STAN ini nantinya akan mendapat pekerjaan di berbagai instansi pemerintah.

2. STIS

Selanjutnya ada STIS yang bertempat di wilayah Jakarta Timur dan punya pembelajaran khusus mengenai statistika dan penerapannya. Ada beberapa jurusan pembelajaran khusus yaitu prodi statistika ekonomi dan statistika sosial kependudukan yang punya pembahasan berbeda.

Ada juga jurusan khusus berupa jurusan komputasi yang nantinya akan mempelajari bagaimana penyediaan informasi statistik. Bergabung dengan STIS sendiri bisa melalui jalur seleksi atau ikatan dinas serta jalur tugas belajar untuk aparatur negara.

3. IPDN

Ada juga IPDN kependekan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan secara langsung dikelola dan dioperasikan oleh Kemendagri. Sekolah tinggi satu ini tidak memungut biaya pada setiap mahasiswanya dan diselenggarakan secara gratis.

Baca Juga »  Ahli dengan Komputer Kuliah Jurusan Multimedia di Bandung Bisa Menjadi Solusi Terbaik

Ada juga asrama yang dibangun khusus untuk Praja yang menempuh pendidikan sekolah tinggi ini yang membuat biaya hidup jauh semakin hemat. Seperti kedinasan lainnya, mahasiswa IPDN ketika lulus akan menempati salah satu posisi di sektor pemerintahan secara otomatis.

4. Poltek SSN

SSN sendiri punya topik pembelajaran terkait siber serta persandian negara memang dibuat secara khusus untuk mengurus berbagai hal. Sekolah tinggi ini berada di bawah BSSN yang bergerak khusus untuk mengurus media siber serta kerahasiaan dokumen negara.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak akan dipungut biaya baik dalam hal pendidikan ataupun selama tinggal di wilayah kampus. Kedinasan ini bertempat di daerah Bogor dan lulusannya akan diarahkan untuk menjadi aparatur di BSSN sendiri.

5. Poltekip dan Poltekim Catar Kemenkumham

Selain kedinasan tadi, kemenkumham juga membina sekolah tinggi yang pendidikannya diselenggarakan gratis yaitu poltekip dan poltekim ini. Poltekip bergerak di bidang permasyarakatan, berkaitan dengan masyarakat luas sedangkan poltekim khusus untuk urusan imigrasi.

Tidak ada biaya yang perlu dibayarkan selama menempuh pendidikan hanya saja ada peraturan yang harus diikuti oleh mahasiswa. Lulusan sekolah tinggi ini sudah pasti akan mendapatkan sebuah pekerjaan dengan prospek bagus serta nantinya juga ada kesempatan menjadi PNS.

Masih ada sekolah tinggi ikatan dinas gratis lainnya seperti STIN yang memberi kesempatan untuk bergabung ke pendidikan tinggi secara gratis. Kedinasan memang menjadi tujuan melanjutkan studi banyak orang karena prospeknya yang bagus tetapi tingkat persaingannya juga tinggi. Ada juga berbagai peraturan cukup ketat yang harus dipatuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.