7 Universitas Termurah di Jawa Tengah Alternatih Pendidikan Terjangkau

Biaya kuliah memang tak bisa dikatakan murah. Itulah mengapa persiapan biaya harus dilakukan sebaik mungkin. Pilihan universitas juga harus dipikirkan matang-matang agar sesuai dengan kemampuan biaya. Berikut adalah 7 pilihan universitas termurah di Jawa Tengah yang dapat dijadikan alternatif:

1. UNS

Pilihan pertama ada Universitas Sebelas Maret yang dapat ditemukan di kota Surakarta. UNS menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia dan menariknya lagi biaya kuliah yang ditawarkan tergolong ringan. Jika dibandingkan dengan universitas negeri lainnya, UNS mewajibkan pembayaran biaya kuliah yang lebih terjangkau. Selain itu universitas ini juga memiliki banyak sekali pilihan jurusan dari berbagai lingkup ilmu.

2. Undip

Berikutnya ada Universitas Diponegoro yang juga menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Universitas satu ini juga dikenal sebagai salah satu tujuan favorit para pelajar untuk melanjutkan pendidikan. Undip memiliki pilihan jurusan yang beragam dan banyak pula yang sudah mendapatkan akreditasi A. Menariknya lagi, biaya hidup berkuliah di Semarang juga tergolong terjangkau.

3. UTP

Kembali lagi ke Surakarta, ada Universitas Tunas Pembangunan yang juga menjadi salah satu pilihan kampus dengan biaya terjangkau. Universitas ini telah lama berdiri yaitu sejak tahun 1980 dan menawarkan 4 fakultas yaitu fakultas ekonomi, teknik, pertanian, serta keguruan dan ilmu pendidikan. Meskipun tak sepopuler universitas yang lain, namun UTP memiliki fasilitas kuliah dan pengajar yang memadai.

4. ISI Surakarta

Berikutnya ada ISI Surakarta yang juga dikenal sebagai perguruan tinggi dengan biaya terjangkau. ISI merupakan kependekan dari Institut Seni Indonesia yang berfokus pada bidang ilmu kesenian. Kampus ini menyediakan 2 fakultas yaitu fakultas seni pertunjukan serta fakultas seni rupa dan desain.

Sebenarnya ISI tidak hanya berlokasi di Surakarta. Ada beberapa lokasi kampus ISI yang bisa dipilih dan salah satunya di kota pelajar Yogyakarta. Kampus ini telah banyak mencetak seniman dan orang-orang yang profesional di bidang seni. Selain biaya kuliahnya ringan, perguruan tinggi ini juga telah memiliki track record yang bagus di dunia pendidikan.

Baca Juga »  Sekolah Bunda Mulia Jakarta Ini Info Fasilitas dan Biayanya

5. Unnes

Universitas termurah di Jawa Tengah berikutnya adalah Unnes. Universitas Negeri Semarang juga menjadi salah satu pilihan favorit banyak pelajar di Indonesia. Kampus ini menawarkan banyak pilihan fakultas di antaranya fakultas ilmu sosial, ekonomi, hukum, bahasa dan desain, teknik, MIPA, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah di kampus ini tergolong terjangkau dan biaya hidup di wilayah Semarang juga terbilang ringan.

6. IAIN Surakarta

Pilihan selanjutnya adalah kampus IAIN Surakarta. Surakarta memang dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup yang ringan dan terdapat banyak pilihan universitas berbiaya ringan juga di sana. Kampus ini cocok bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan dengan basis agama Islam. Meskipun berbasis agama Islam namun kampus ini sudah berstatus negeri dan sudah membuka program pascasarjana juga.

7. Universitas Negeri Tidar

Magelang juga punya pilihan kampus dengan biaya terjangkau yaitu Universitas Negeri Tidar.  Kampus negeri ini menawarkan beberapa fakultas yaitu fakultas ekonomi, sosial politik, teknik, pertanian, serta keguruan dan ilmu pendidikan. Jenjang pendidikan yang tersedia di kampus ini mulai dari program D3 hingga S1.

Itulah 7 pilihan universitas termurah di Jawa Tengah. Setiap universitas menawarkan pilihan program studi yang berbeda. Agar bisa menyesuaikan dengan ketersediaan biaya, konsultasikan dulu besarnya biaya kuliah dengan pihak kampus. Setiap jurusan di kampus yang sama mungkin saja memiliki biaya kuliah yang berbeda.

Pencarian Popular

kampus di jawa tengah yang murah,universitas negeri di jawa tengah yang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.