5 Pilihan Program Studi yang Tersedia di Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Yogyakarta memiliki banyak sekali pilihan universita mulai dari yang berstatus negeri hingga swasta. Salah satunya yakni Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. Perguruan tinggi swasta ini didirikan oleh yayasan TNI AU Adi Upaya dan merupakan lembaga pendidikan non-profit sehingga biaya kuliahnya terjangkau. Berikut adalah 5 pilihan program studi yang bisa ditemui di STT Adisutjipto:

1. Teknik Mesin

Pilihan jurusan pertama yang ada di STT Adisutjipto adalah teknik mesin. Program yang ditawarkan untuk jurusan ini adalah program S1 dan menerima akreditasi B. Di jurusan ini nantinya mahasiswa akan belajar mengenai prinsip fisika untuk melakukan analisis, desain, serta pemeliharaan mesin.

Jurusan ini sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan sebagai pilihan jurusan favorit di perguruan tinggi. Jurusan teknik mesin juga memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan setelah lulus nanti. Lulusan teknik mesin bisa bekerja di berbagai jenis bidang. Mulai dari bidang otomotif, manufaktur, industri, hingga minyak dan gas akan membutuhkan tenaga dari lulusan jurusan ini.

2. Teknik Elektro

Berikutnya ada pilihan jurusan teknik elektro yang ditawarkan oleh STT Adisutjipto. Jurusan yang satu ini juga tak kalah populer dan punya banyak peminat. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar mengenai ilmu kelistrikan, elektromagnet, serta elektronika. Bidang ilmunya juga tak jauh-jauh dari bidang fisika juga matematika.

Perlu diketahui bahwa jurusan teknik elektro di perguruan tinggi ini mendapatkan akreditasi B. Prospek kerja bagi lulusan jurusan satu ini juga sangat memuaskan. Lulusan teknik elektro bisa bekerja di bidang industri sekaligus bekerja sebagai peneliti juga perekayasa profesional. Lulusan jurusan ini juga banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan baik milik swasta maupun BUMN.

3. Teknik Penerbangan

Jurusan berikutnya yang bisa ditemui di Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto adalah teknik penerbangan. Jurusan yang satu ini sering disalahartikan sebagai jurusan yang mempelajari ilmu penerbangan pesawat dan prospek kerjanya sebagai pilot. Padahal jurusan ini mengarah ke ilmu tekniknya dan lulusan lebih diarahkan untuk menjadi insinyur penerbangan.

Baca Juga »  Tak Perlu Bingung, Berikut Daftar Universitas Swasta yang Menerima KJP yang Perlu Diketahui

Jurusan ini punya akreditas B dan akan mendalami tentang ilmu kedirgantaraan dan penerbangan. Mahasiswa akan mendalami ilmu perancangan hingga pengoperasian pesawat baik pesawat terbang maupun pesawat antariksa. Lulusan dari jurusan ini jelas punya prospek kerja yang sangat luas di bidang industri penerbangan.

4. Teknik Informatika

Pelajar juga bisa memilih jurusan teknik informatika di STT Adisutjipto. Jurusan ini berakreditasi B dan mendalami penerapan ilmu matematika serta pengelolaan informasi. Prospek kerja untuk lulusan teknik informatika juga sangat bagus. Pilihan profesi yang bisa ditekuni sangat beragam, mulai dari software analyst, konsultan IT, system analyst, web engineer, programmer, dan masih banyak lagi.

5. Teknik Industri

Pilihan jurusan lain yang juga tersedia di STT Adisutjipto yaitu teknik industri. Jurusan satu ini akan mempelajari ilmu perancangan dan pengelolaan berbagai jenis elemen industri. Elemen tersebut mencakup tenaga kerja manusia, material, mesin, serta lingkungan yang berhubungan dengan fungsi suatu pabrik.

Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang karir yang sangat menjanjikan khususnya di perusahaan-perusahaan. Lulusan teknik industri dapat bekerja di bagian produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, juga HRD. Jurusan ini juga banyak diminati berkat peluang kerjanya begitu luas.

Itulah 5 pilihan jurusan yang terbuka di Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.  Perguruan tinggi ini dapat menjadi pilihan untuk pelajar yang tertarik dengan bidang teknologi. Pilihan program studi juga cukup beragam dan bisa diambil sesuai bakat masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.