Daftar Jurusan Universitas Terbuka Bangka Belitung, Sumatra Selatan

Seperti yang diketahui bahwa perguruan tinggi yang ada di Indonesia memang sangat banyak dan ada di berbagai daerah. Salah satunya adalah perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung. Dimana perguruan tinggi tersebut dinamakan Universitas Terbuka Bangka Belitung. Universitas ini juga menawarkan berbagai program studi yang dapat dijadikan pilihan.

Sejarah Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih dikenal dengan UT ini merupakan perguruan tinggi yang sudah berstatus negeri. Perguruan tinggi ini sudah ada sejak lama tepatnya pada tanggal 4 September tahun 1984. Dimana perguruan tinggi ini sudah menawarkan beberapa fakultas dan program studi. Bahkan sudah membuka program Magister dan program Doktor.

Selain itu, UT ini ternyata sudah menyelenggarakan sebuah program. Dimana program yang dimaksud ini adalah Program Sertifikat dan Program Pelatihan. Selain itu, sudah banyak pula Program Sertifikat yang telah disediakan seperti Program Pendidikan Berkelanjutan. Selain itu, adalah juga PMKM untuk seseorang yang ingin Program Mata Kuliah Mandiri.

Lain halnya dengan Program Pelatihan yang ada pada perguruan tinggi ini yang juga menawarkan beberapa program. Dimana program yang ditawarkan tersebut seperti program untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki berbagai kalangan. Baik untuk masyarakat umum, mahasiswa, maupun dosen yang mengambil Program Pelatihan di UT.

Program Studi Universitas Terbuka Bangka Belitung

Perguruan tinggi ini sudah memiliki beberapa fakultas yang ditawarkan untuk calon mahasiswa. Dimana fakultas yang ditawarkan tersebut antara lain FE, FKIP, FST, dan FHISIP. Lantas apa saja jurusan yang ada di fakultas tersebut? Berikut paparan lengkap terkait jurusan yang ada di Universitas Terbuka Bangka Belitung yang wajib diketahui:

1. Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata ini dapat mahasiswa temukan di Fakultas Ekonomi UT Bangka Belitung. Alasan dibukanya jurusan ini karena melihat prospek yang dimiliki sangat menjanjikan di masa yang akan datang. Nantinya mahasiswa akan mempelajari tentang sumber daya pariwisata. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana membangun kawasan pariwisata.

Baca Juga »  7 Universitas Termurah di Jawa Tengah Alternatih Pendidikan Terjangkau

2. Jurusan PGSD

Untuk jurusan Pendidikan Sekolah Dasar atau PGSD ini akan melatih mahasiswa bagaimana cara menyampaikan materi kepada siswa SD. Memang mahasiswa yang ingin menjadi seorang pendidik dan mengambil jurusan ini akan dibekali dengan berbagai mata pelajaran. Mata pelajaran yang dimaksud seperti IPA, IPS, PPKN, dan lain sebagainya.

3. Jurusan Teknik Lingkungan

Dalam jurusan Teknik Lingkungan ini nantinya akan mempelajari terkait bagaimana permasalahan yang terjadi di lingkungan. Apabila sudah mengetahui permasalahan yang terjadi, mahasiswa juga harus mampu untuk memberikan solusi. Dimana permasalahan yang kerap terjadi seperti permasalahan pencemaran lingkungan, konservasi sumber daya air, dan sebagainya.

4. Jurusan Sosiologi

Dalam Fakultas FHISIP terdapat jurusan Sosiologi yang dapat menjadi salah satu pilihan calon mahasiswa. Dimana pada jurusan ini nantinya akan membahas terkait bagaimana perilaku sosial dari individu maupun kelompok. Memang dalam jurusan ini lebih banyak membicarakan terkait masyarakat seperti problematikanya, fenomena sosial, dan sebagainya.

5. Jurusan Perikanan

Jurusan Perikanan ini dibuka untuk mahasiswa yang mengambil Program Magister. Mahasiswa akan mempelajari terkait ilmu perikanan yang dilihat dari berbagai dimensi yang ada. Dimensi yang dimaksud antara lain teknik pengelolaan perikanan dan manajemen untuk bisnis perikanan. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari bagaimana cara penangkapan ikan di laut.

Itulah penjelasan singkat terkait Universitas Terbuka Bangka Belitung dengan beberapa fakultas yang yang ditawarkan. Dimana dalam fakultas tersebut juga nantinya akan ditemukan berbagai jurusan. Bukan hanya itu, UT ini juga membuka Program Magister atau program S2 dan menawarkan beberapa jurusan yang dapat dipilih calon mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.