Cara Main Game PS1 di Android Dengan Mudah

Game-game melegenda yang tersedia di PS1 seringkali membawa kenangan tersendiri bagi para pemainnya. Berbagai game menarik serta berkesan dihasilkan dari konsol permainan itu, membuat para pemainnya merasa rindu. Namun tak perlu berlarut sedih terlalu lama, kini seluruh game legendaris di PS1 itu bisa dimainkan dengan mudah melalui Android yang dimiliki oleh pengguna. Berikut cara main game PS1 di Android.

1. Unduh ePSXe di Android

Aplikasi ePSXe untuk Android ini dapat ditemukan di Google Play Store. Aplikasi satu ini bisa dibilang cukup ringan karena hanya membutuhkan spesifikasi RAM 256 MB. Ponsel keluaran lama maupun terbaru sudah pasti bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu khawatir terjadi error. Namun aplikasi ini sendiri sifatnya berbayar, dengan harga sekitar Rp. 50.000.

Setelah mengunduh aplikasi ini, file akan otomatis terunduh dalam bentuk rar. Pengguna harus terlebih dahulu meng-extract file hasil download ini agar bisa dijalankan. Selain ePSXe, pengguna juga perlu mengunduh aplikasi BIOS, Plugin, dan ISO untuk bisa mengakses semua game pada PS1 itu. Semua ini bisa ditemukan dengan mudah di Google.

2. Pindahkan File BIOS

File BIOS yang sudah berhasil diunduh kemudian harus dipindahkan ke dalam folder Internal/epsxe/bios. Pengguna  tinggal memindahkan file BIOS tersebut dengan memilih opsi move, atau bisa pula menyalin file tersebut dengan memilih opsi copy. Setelah dipindahkan, pengguna dapat membuka aplikasi ePSXe dan memilih opsi Jalankan BIOS. Jika muncul opsi tersebut, berarti aplikasi ePSXe telah diunduh dengan sepenuhnya dan pengguna bisa mulai menggunakannya.

3. Atur Setting Emulator ePSXe

Cara main game PS1 di Android berikutnya adalah dengan mengatur setting pada ePSXe ini sesuai keinginan. Pengaturan yang dapat diubah pada opsi ini adalah antara lain screen, video, sound, player, touchscreen gamepad, dan gamepad options. Setting ini dapat dilakukan pada bagian Preferences pada tampilan utama ePSXe.

Baca Juga »  Cara Mendapatkan Skin Gratis PUBG Mobile

4. Unduh Game PS1

Berikutnya, pengguna hanya perlu mengunduh game PS1 yang ingin dimainkan. Pengunduhan ini dapat dilakukan melalui Google, tinggal mengetikkan nama game yang hendak diunduh pada search bar yang tersedia. Pastikan pula pengguna mengunduh file dalam bentuk ISO sehingga dapat dijalankan di ePSXe nantinya. Sebelum mengunduh game, periksa terlebih dahulu situs yang dipilih, karena ada beberapa situs yang malah tidak menyediakan file yang diinginkan.

Setelah selesai, sama seperti sebelumnya, extract file tersebut menggunakan aplikasi RAR. Pastikan bahwa hasil extract tersebut kini disimpan dalam folder SD Card, karena aplikasi ePSXe ini biasanya membaca game melalui SD Card.

5. Mainkan Game

Cara main game PS1 di Android terakhir adalah dengan menjalankan game yang telah didownload. Pengguna hanya tinggal membuka aplikasi ePSXe, kemudian pilih opsi jalankan permainan. Aplikasi ini kemudian akan membaca semua file ISO yang telah diunduh sebelumnya di SD Card. Ketika aplikasi telah berhasil membaca game yang diunduh, maka pengguna sudah bisa memilih game tersebut dan mulai bermain.

Konsol game PS1 pada Android ini sama dengan yang ada pada PS1, sehingga pengguna tidak perlu lagi merasa kebingungan. Pengaturan konsol ini juga dapat diubah melalui pengaturan yang tersedia, sehingga pengguna bisa merasa lebih nyaman.

Dengan demikian, beberapa langkah diatas merupakan cara main game PS1 di Android. Meski terlihat sedikit rumit, namun sebenarnya langkah yang disajikan tidaklah sulit. Pengguna bisa bernostalgia dengan game-game melegenda yang dimainkan di tahun 90-an tanpa perlu bersusah payah, cukup menggunakan Android yang dimiliki masing-masing. Selamat mencoba.

Pencarian Popular

is epsxe need extract file android

Leave a Reply

Your email address will not be published.