5 Engine Terbaik Untuk Membuat Game Dengan Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dalam dunia pengembangan game. Python sendiri mendukung beberapa engine yang bisa membantu proses pengodingan menjadi lebih simpel. Antara satu engine dengan engine lain memiliki keunggulan tersendiri, dan berikut ini adalah 5 engine terbaik untuk membuat game dengan Python:

1. PyGame

Pygame adalah pustaka Python sumber terbuka untuk membuat aplikasi multimedia seperti game yang dibangun di atas pustaka SDL yang luar biasa. Engine ini merupakan kombinasi dari C, Python, Native dan OpenGL. Pygame memungkinkan pengguna untuk membuat game berfitur lengkap serta program multimedia dengan pemrograman Python .

Engine ini sangat portabel dan berjalan di hampir setiap platform dan sistem operasi. PyGame  didistribusikan di bawah GNU LGPL versi 2.1 yang berarti pengguna bisa menggunakan ini secara gratis. Pengguna juga bisa memproduksi game baik untuk kebutuhan personal atau mendistribusikannya secara komersi.

2. PyKyra

PyKyra adalah salah satu kerangka kerja pengembangan game tercepat untuk Python yang didasarkan pada SDL dan mesin Kyra. Seiring dengan fitur standar framework ini, Kyra juga mendukung video MPEG, suara seperti MP3, Ogg Vorbis, Wav, pembacaan gambar langsung, dan banyak lagi.

3. Piglet

Pyglet adalah open-source, cross-platform windowing dan perpustakaan multimedia untuk Python. Ini adalah engine kuat yang dapat digunakan untuk mengembangkan game dan aplikasi kaya visual lainnya di Windows, Mac OS X, dan Linux.  Pyglet juga mendukung windowing, penanganan user interface, Joystick, grafik OpenGL, memuat gambar dan video, dan memutar suara dan musik.

Tidak ada ketergantungan eksternal atau persyaratan instalasi jika menggunakan Pyglet sebagai engine. Pyglet ditulis seluruhnya dalam Python murni, dan menggunakan modul ctypes untuk berinteraksi dengan pustaka sistem. Pyglet memiliki kinerja yang sangat baik berkat pengelompokan tingkat lanjut untuk menggambar ribuan objek.

Baca Juga »  Cara Membuat Rumah di Minecraft Survival Mudah dan Keren

4. Panda3D

Sesuai namanya, Panda3D adalah engine yang dapat digunakan jika berfokus pada pengembangan game 3D.  Ditulis dalam Python dan C++, Panda3D adalah mesin sumber terbuka dan sepenuhnya gratis untuk digunakan game 3D real time, visualisasi, simulasi, eksperimen, dan banyak lagi.

Panda3D menyertakan alat baris perintah untuk memproses dan mengoptimalkan aset sumber yang memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi dan membuat skrip saluran produksi konten. Engine ini juga mendukung banyak perpustakaan pihak ketiga yang populer, seperti Bullet, pemuat model Assimp, OpenAL dan FMOD, dan banyak lagi.

5. Kivy

Engine terbaik untuk membuat game dengan Python yang selanjutnya adalah Kivy. Kivy berjalan di Linux, Windows, OS X, Android, iOS, dan Raspberry Pi. Pengguna dapat menjalankan kode yang sama di semua platform yang didukung. Kivy secara native dapat menggunakan sebagian besar input, protokol, dan perangkat termasuk WM_Touch, WM_Pen, Mac OS X Trackpad dan Magic Mouse.

Selain itu, Kivy 100% gratis untuk digunakan, di bawah lisensi MIT (mulai dari 1.7.2) dan LGPL 3 untuk versi sebelumnya. Toolkit ini dikembangkan, didukung, dan digunakan secara profesional. Pengguna juga dapat menggunakannya dalam produk komersial. Mesin grafis Kivy dibangun di atas OpenGL ES 2, menggunakan pipa grafis yang modern dan cepat.

6. PyOpenGL

PyOpenGL adalah salah satu binding Python lintas platform paling umum untuk OpenGL dan API terkait. Di PyOpenGL, pengikatan dibuat menggunakan pustaka ctypes standar. PyOpenGL dapat dioperasikan dengan sejumlah besar perpustakaan GUI eksternal untuk Python termasuk PyGame, PyQt, Raw XLib, dll.

Demikian tadi 5 engine terbaik untuk membuat game dengan Python. Memilih engine dalam proses pembuatan game tidak melulu harus terpaku pada tutorial. Dengan penjabaran dari berbagai macam engine diatas, pengguna jadi lebih bisa menyesuaikan engine mana yang cocok dengan kebutuhan.

Baca Juga »  5 Aksesoris Senjata PUBG Mobile Terbaik 2021

Pencarian Popular

tools untuk membuat game diandroid bahasa python

Leave a Reply

Your email address will not be published.