Cara Mengatasi HP lag Saat Main Game Free Fire tanpa Ganti HP

Cara Mengatasi HP lag Saat Main Game Free Fire tanpa Ganti HP

Aktivitas bermain game Android bagi sebagian pengguna smartphone, selain mengisi waktu luang juga menambah hiburan dan tantangan dalam game trersebut. Salah satu game arcade yang sangat terkenal adalah Free Fire atau FF yang merupakan alternatif pilihan bahkan untuk HP dengan RAM kecil sekalipun. Cara mengatasi HP lag saat main game Free Fire adalah sebagai berikut:

1. Mengatur Grafik pada Free Fire

Tampilan grafik yang apik menjadi andalan permainan 3D ini. Namun, permainan akan kurang lancar jika menggunakan HP dengan RAM di bawah 2GB. Para gamers juga bisa tetap menjalankan aplikasi ini dengan mengaktifkan mode smooth (grafis paling rendah) pada setting game. Menggunakan FPS normal dan menonaktifkan shadow juga membantu layar ponsel dari lag ketika bermain.

2. Mengaktifkan Fitur Gaming pada Ponsel

Beberapa ponsel dilengkapi Game booster atau Game Space agar bermain di HP tidak tersendat atau terkendala dari tampilannya. Jika HP tidak memiliki fitur bawaan tersebut, pengguna bisa mengunduh di toko aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa menambahkan aplikasi lain yang sekiranya memiliki daya berat ketika digunakan.

3. Meningkatkan performa HP

Beberapa bagian dari HP juga perlu ditingkatkan agar mampu menjalankan Free Fire. Misalnya pada jaringan internet, gunakan provider sinyal yang paling stabil. Ada juga provider yang khusus menyediakan kuota untuk gaming. Selanjutnya, periksa cache penyimpanan Free Fire, apabila ada, pilih kosongkan cache. Tak ketinggalan, hidupkan fitur baterai menjadi performa. Lalu pastikan tak ada aplikasi latar belakang lain yang sedang beroperasi.

4. Hindari Memainkan Ponsel Ketika Mengisi Daya

Selain ponsel yang harus dicas, tangan yang memainkan game juga harus diistirahatkan. Sembari menunggu ponsel dicas setelah bermain, ada baiknya pengguna melakukan hal lain yang tidak memerlukan banyak tenaga. Bermain ponsel ketika sedang dicas akan mempengaruhi kualitas baterai dan menambah suhu HP.

Baca Juga »  Mudahnya Cara Live Streaming Game Di Halaman FB Hanya Menggunakan Smartphone Android

Jika tidak tertangani dengan baik, suhu HP dapat menyebabkan tangan pengguna sakit karena panas. Bahkan, beberapa HP akan terganggu komponen dalamnya jika terlalu panas. Bicara soal panas, sumber panas tidak hanya berasal dari listrik. Bermain di terik matahari maupun dekat sumber panas lainnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan serupa.

5. Main dengan Emulator Android

Pemakaian emulator Android cukup berguna. Aplikasi ini dapat dipasang di PC maupun laptop. Dengan emulator Android, gamers bisa memainkan game Android apa saja, ataupun menggunakan aplikasi Android di PC. Semisal sosial media atau aplikasi penunjang lain yang hanya tersedia pada Android. Selain tampilan yang lebih luas, RAM yang disediakan pada PC untuk menjalankan game ini juga cukup memadai.

Jika punya dana lebih, ada baiknya meningkatkan kualitas HP pengguna ke HP yang lebih memiliki RAM yang lebih lega dan diperuntukkan untuk game. Namun, sebaiknya tidak perlu sering memainkan game yang memang membutuhkan dana lebih untuk mengoperasikannya. Karena, ada beberapa kondisi suatu game bisa menyebabkan kecanduan. Selama kecanduan ini positif dan dapat meningkatkan produktivitas, maka bisa dikurangi intensitasnya. Utamakan hal yang wajib dan prioritas terlebih dahulu.

Demikian cara mengatasi HP Lag saat main game Free Fire. Pilah pilihlah dalam menggunakan waktumu agar tidak terpaku pada permainan. Jika mengganti HP terlalu sulit, maka cobalah mengganti permainan yang tetap menantang agar tidak memaksakan diri memainkan permainan yang terlampau tinggi frame rate-nya. Tapi selalu ingat, gunakan waktu untuk hal yang produktif juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.