Ini Alasan Memilih Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Layak Dipertimbangkan

Sebagai calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan dan tertarik pada bidang ekonomi dan hukum, maka jurusan hukum ekonomi syariah sangat cocok. Jurusan ini memang sekarang ini sudah tersedia hampir di berbagai kampus di seluruh Indonesia. Namun apa saja alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah itu? berikut beberapa alasannya:

1. Peluang Kerja Banyak

Zaman modern memang berkembang sangat cepat terutama pada sektor perekonomian berbasis syariah. Kehadiran hukum syariah menjadi sebuah pijakan dalam mengontrol segala aspek perekonomian di Indonesia. Tak heran kalau kampus menyediakan jurusan hukum ekonomi syariah bagi para calon mahasiswanya.

Selain itu. peluang mendapatkan kerja setelah lulus menjadi alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah di kampus. Hal ini bisa dapat terjadi karena semakin berkembangnya perekonomian berbasis syariah di Indonesia. Tentu saja semakin besar sebuah perusahaan berbasis syariah, maka akan banyak pula peluang bekerja di dalamnya.

2. Dapat Mengaplikasikan Ilmu di Kehidupan Sehari-hari

Perlu diketahui bahwa alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah selanjutnya adalah ilmunya dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa tidak harus menunggu mendapatkan kerja di perusahaan untuk mengaplikasikan ilmu ekonomi syariah ini. Saat menjalani kehidupan sehari-hari juga dapat menggunakan ilmu ini.

Tentu saja dengan menerapkan ilmu ekonomi syariah ini akan memberikan wawasan seseorang dalam mengelola perekonomian sesuai ketentuan hukum. Hal semacam ini akan membantu seseorang guna menghindari riba atau semacamnya. Melalui pengetahuan hukum ekonomi syariah ini dapat menjadi pijakan menjalani hidup sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

3. Mempunyai Potensi Berbisnis

Berbisnis di zaman milenial seperti saat ini memang harus dilakukan seseorang agar tidak tertinggal dari perkembangan zaman. Namun, dalam menjalani bisnis tentu harus mengetahui ilmu bagaimana menjalani bisnis dengan baik dan benar. Oleh karena itu mengambil jurusan hukum ekonomi syariah juga dapat dijadikan bekal dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga »  5 Universitas Teknik Perminyakan Terbaik di Indonesia sebagai Referensi

Selain itu, mengetahui tentang hukum ekonomi secara syariah akan membantu seseorang menjalankan bisnis dengan jujur dan benar. Menjalankan bisnis dengan jujur dan benar sesuai syariat akan menjauhkan seseorang dari riba atau hal buruk lainnya. Dengan demikian kehidupan seseorang akan berjalan baik tanpa adanya keburukan di dalamnya.

4. Dapat Menjadi Pengajar Profesional

Mengambil jurusan hukum ekonomi syariah memang sangat banyak sekali manfaat di kehidupan masyarakat. salah satu manfaat dan potensi mengambil jurusan ini adalah dapat menjadi tenaga pengajar yang handal. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya teori dan juga praktek di lapangan tentang bagaimana mengelola ekonomi sesuai syariat.

Melalui kemampuan dari pengalaman mendapatkan teori dan praktek langsung di perusahaan syariah, maka akan mendapatkan wawasan luas. Wawasan luas tersebut akan sangat mudah diajarkan kepada peserta didik atau mahasiswa tentang hukum perekonomian secara syariat. Tidak hanya bicara teori saja, melainkan bagaimana melakukan praktik di lapangan.

5. Mampu Bekerja di Berbagai Bidang

Manfaat yang akan didapatkan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan hukum ekonomi syariah adalah mempunyai kemampuan bekerja di berbagai bidang. Hal ini disebabkan karena materi yang diberikan pada jurusan ini bukan hanya ekonomi secara umum melainkan berkaitan dengan hukum agama. Melalui pembelajaran yang kompleks inilah setelah lulus para mahasiswa dapat mampu bekerja di bidang ekonomi maupun berbasis agama.

Lebih spesifiknya para mahasiswa dengan lulusan jurusan ini dapat mengajar di sekolah, kampus atau bahkan masuk lembaga pemerintahan berbasis agama. Namun guna dapat mewujudkan mimpi tersebut, maka harus belajar dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian prestasi akan diraih dan lapangan pekerjaan terbuka lebar.

Demikian ulasan tentang alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah bagi para mahasiswa. Memang setiap hasil yang akan didapatkan mahasiswa akan diperoleh sesuai dengan keseriusan dalam belajar. Oleh karena itu manfaatkan waktu dengan baik agar mendapatkan ilmu secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.