Inilah Tata Cara Pendaftaran Universitas Budi Luhur Secara Online

Universitas Budi Luhur merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Wilayah Jakarta Selatan. Kampus ini merupakan sebuah Universitas yang berdiri dari hasil integrasi dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Budi Luhur, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Budi Luhur, Sekolah Tinggi Ilmu Politik dan Ilmu Politik Budi Luhur. Lalu bagaimana cara pendaftaran Universitas Budi Luhur? Berikut adalah caranya:

1. Mengunjungi Web Resmi

langkah yang pertama dalam cara pendaftaran Universitas Budi Luhur, khususnya melalui online yaitu dengan mengunjungi web resmi. Web resmi dari Universitas Budi Luhur Sendiri bisa mudah ditemukan dengan melakukan pencarian di laman Google dengan kata kunci Universitas Budi Luhur.

Setelah website resmi ditemukan, selanjutnya calon pendaftar mencari pilihan untuk melakukan pendaftaran yang ada di pilihan navigasinya. Pastikan untuk mengakses web yang resmi karena di internet sekarang banyak ditemukan website yang menyerupai website asli namun sebenarnya palsu.

2. Mengisi Form Registrasi

Setelah menemukan laman untuk melakukan registrasi, nantinya calon mahasiswa akan diberikan formulir isian untuk mengisi kelengkapan data pribadi. Contohnya nama lengkap, alamat email, jenis pendaftaran, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone yang terdaftar di WhatsApp dan masih aktif tentunya agar memudahkan komunikasi.

Selanjutnya, akan diarahkan untuk melakukan pemilihan fakultas. Di sana akan ditemukan banyak pilihan fakultas, contohnya ada Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Politik, dan lainnya. Begitu juga dengan jurusan, namun bedanya pemilihan jurusan akan disesuaikan dengan fakultas yang dipilih oleh peserta pendaftaran. Kemudian selanjutnya, peserta perlu mengisi asal sekolah dan selesai.

3. Membayar Uang Pendaftaran

Setelah formulir registrasi selesai diisikan dengan data pribadi, selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya pendaftaran. Untuk setiap pendaftaran, peserta akan dikenakan tarif sebesar 250 ribu rupiah. Hal ini juga akan berlaku ketika telah menjadi mahasiswa dan akan melanjutkan pendidikan ke semester selanjutnya, maka mahasiswa akan membayar dengan jumlah yang sama untuk melakukan daftar ulang.

Baca Juga »  7 Pilihan Jurusan di Panca Budi dan Akreditasinya

Pembayaran yang dilakukan melalui transfer bank ke rekening Bank Mandiri. Pembayaran bisa melalui ATM dengan menuju sub menu pendidikan, kemudian memasukkan kode institusi Universitas Budi Luhur yaitu 10067. Kemudian masukkan nomor pendaftaran yang didapatkan ketika mendaftar secara online sebelumnya. Untuk jenis pembayaran lainnya bisa di cek di laman resmi Universitas Budi Luhur.

4. Melengkapi data Registrasi

Langkah selanjutnya dari tata cara pendaftaran Universitas Budi Luhur adalah dengan melengkapi data registrasi. Data-data yang dibutuhkan antara lain, fotokopi Ijazah, fotokopi SKHUN, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, dan pastikan semuanya sudah legalisir.

Kemudian ada syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki nilai UN dengan rata-rata minimal 7. Bisa juga dengan melampirkan nilai rapor dari semester 4 sampai dengan semester 6. Keduanya adalah opsi dan tidak perlu melampirkan keduanya bersamaan.

Jika sudah terkumpul, bisa langsung diserahkan ke pihak kampus untuk diperiksa terlebih dahulu. Apabila syarat administratif sudah terpenuhi, selanjutnya peserta hanya perlu mengikuti tes ujian masuk.

5. Mengikuti Ujian Masuk

Langkah terakhir dalam pendaftaran untuk berkuliah di kampus Universitas Budi Luhur adalah mengikuti ujian masuk. Untuk hujan masuk ke Universitas Budi Luhur sendiri tidak banyak yang membahasnya. Ada kemungkinan jika ujian masuk ini sama seperti ujian-ujian lainnya yang menguji keterampilan dasar dari calon mahasiswanya.

Itu dia, sedikit informasi mengenai tata cara pendaftaran Universitas Budi Luhur yang terletak di Jakarta Selatan. Kampus Swasta ini bisa jadi pilihan bagi adik-adik yang tidak berkesempatan untuk lulus ke perguruan tinggi negeri. Tidak perlu patah semangat, mengingat kini perguruan tinggi swasta sudah sangat bersaing dengan PTN untuk menjadi yang terbaik di negeri ini.

Baca Juga »  Minat Kuliah Jurusan Rekam Medis? Ini Prospek Kerjanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.