kuliah jurusan rekam medis

Minat Kuliah Jurusan Rekam Medis? Ini Prospek Kerjanya

Ketika anak-anak sekolah ditanya tentang cita-cita, jarang sekali atau hampir tidak ada anak yang menginginkan masuk ke jurusan rekam medis. Meskipun begitu, nyatanya lulusan dari jurusan rekam medis ini juga dapat ditempatkan di berbagai bagian, dalam bidang kesehatan. Lalu apa sajakah itu? Berikut ini adalah daftar prospek kerja dari kuliah jurusan rekam medis yang perlu diketahui:

1. Pengajar

Biasanya seorang yang berasal dari jurusan rekam medis, berpeluang besar untuk menjadi tenaga pengajar di suatu lembaga pendidikan kesehatan, atau bisa dikatakan sebagai dosen. Dosen ini merupakan tenaga pendidik profesional yang bekerja pada satuan pendidikan tertentu. Tugasnya tentu adalah menyebarkan ilmu pengetahuan yang ia miliki setelah melalui masa belajarnya.

Profesi ini sendiri memiliki masa bakti yang cukup panjang, yakni bisa mengajar hingga usianya berinjak 65 tahun. Terlebih jika dosen tersebut memiliki gelar profesor, ia bisa mengajar lebih lama lagi sekitar 5 tahun. Menjadi dosen juga memerlukan tanggung jawab untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengembangan.

2. Teknisi Alat Kesehatan

Dari sekian banyaknya alat medis yang ada pada suatu rumah sakit, tentu alat-alat tersebut memerlukan perawatan khusus yang tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Nah, di sinilah pentingnya seorang teknisi alat kesehatan hadir untuk bertanggung jawab atas hal tersebut. Selain itu, teknisi alat medis juga dituntut untuk mahir mengoperasikan alat-alat tersebut.

Dalam beberapa proses pemeriksaan, seorang teknisi alat kesehatan harus selalu siaga untuk mengambil peran sebagai pengguna alat dan pemeliharanya. Contohnya seperti akan menghadapi suatu operasi, teknisi akan mempersiapkan dan memastikan agar alat-alat yang akan digunakan aman ketika proses operasi berlangsung.

Baca Juga »  Universitas Mega Buana Palopo, Kampus Dengan Lulusan Terbanyak Pergi Ke Jepang

3. Staf Ahli Informasi Medis

Dengan mengambil kuliah jurusan rekam medis, seseorang bisa mengambil profesi sebagai staf ahli informasi medis yang bertugas untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi pasien. Hal-hal detail mengenai pasien seperti kartu riwayat pemeriksaan, hingga berbagai tindakan yang pernah atau akan dilakukan ketika sedang dirawat di rumah sakit akan diketahui oleh staf ahli ini.

Profesi ini juga bertanggung jawab atas pemanfaatan data rekam medis yang akan digunakan sebagai penelitian. Data-data tadi akan dijadikan rangkuman berupa statistik medis dan penyakit untuk kepentingan publikasi penelitian ilmiah di bidang kesehatan. Namun, kini dengan adanya peranan teknologi profesi ini menjadi sangat terbantu dari segi efektifitas pekerjaannya.

4. Teknisi Rekam Medis

Prospek kerja keempat ini merupakan seorang teknisi rekam medis yang menjadi ahli teknologi informasi dengan dasar pengetahuan dari medis. Selain itu, profesi ini juga memerlukan pengetahuan akan manajemen rumah sakit. Alasannya, karena nantinya seorang teknisi rekam medis yang akan membuat seluruh rangkaian sistem medis yang membuat seluruh rangkaian sistem rekam medis yang berjalan di suatu lembaga kesehatan seperti rumah sakit atau klinik.

Pekerjaan ini diperkirakan akan menjadi bagian yang selalu dibutuhkan di tiap rumah sakit. Hal ini karena data dari rekam medis seseorang merupakan hal yang sangat personal dan tidak bisa diketahui oleh sembarangan orang tanpa seizin pasien. Data dari rekam medis ini juga bisa menentukan perlakuan medis apa yang akan dilakukan kepada pasien.

5. Ahli Rekam Medis

Pekerjaan selanjutnya yang berkaitan dengan rekam medis adalah seorang ahli rekam medis. Pekerjaan ini bertugas dalam mencatat atau menginput data dari semua hasil riwayat pemeriksaan medis yang dijalani seorang pasien. Data tersebut akan digunakan dokter untuk memberikan diagnosa yang akurat untuk penanganan pasien selanjutnya.

Baca Juga »  Mari Mengenal Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi agar Tidak Ketinggalan Informasi

Sekian sudah daftar prospek kerja dari kuliah jurusan rekam medis. Sebenarnya prospek kerja dari lulusan rekam medis ini masih banyak, namun hanya itu saja yang umum didapatkan oleh seseorang yang belajar di jurusan rekam medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.