Sebelum Daftar Beasiswa Universitas Nasional Seoul, Persiapkan Dokumen Ini

Beasiswa Universitas Nasional Seoul banyak diincar oleh para calon mahasiswa. Alasannya, tak lain karena kampus ini menyediakan fasilitas yang cukup banyak termasuk pembiayaan kuliah. Beasiswa ini juga tersedia untuk berbagai jenjang seperti sarjana hingga pascasarjana.

Meski cukup populer di kalangan para pemburu beasiswa, beasiswa termasuk sulit untuk dimasuki dan butuh perjuangan ekstra untuk dapat lolos. Apalagi dengan peringkatnya yang cukup baik di dunia, juga menjadi alasan kenapa universitas ini termasuk sulit dimasuki. Adapun berkas-berkas yang mesti dipersiapkan meliputi:

1. Lembar Aplikasi Beasiswa dan Rencana Studi

Untuk bisa melanjutkan pendidikan ke Universitas Nasional Seoul melalui jalur beasiswa maka ada dokumen yang harus dipersiapkan pula. Dokumen penting yang harus dipersiapkan yakni lembar aplikasi beasiswa dan rencana studi.

Dokumen tersebut berisi tentang rencana studi yang bakal dilakukan di kampus yang dipilih. Sedangkan lembar aplikasi beasiswa merupakan lembar yang berisi mengenai alasan mengapa beasiswa tersebut layak diberikan untuk seorang calon mahasiswa.

2. Personal Statement

Dokumen berikutnya yang juga harus dipersiapkan untuk bisa mengikuti beasiswa yang diadakan oleh Universitas Nasional Seoul yakni personal statement. Dokumen ini menjadi salah satu yang penting keberadaannya, karena dalam dokumen ini dijelaskan mengenai pernyataan seseorang mengapa memilih beasiswa tersebut.

Biasanya dokumen ini juga menceritakan tentang calon pelamar tentang kesibukannya serta keahliannya. Dengan adanya dokumen ini tentu dapat membantu proses penyeleksiannya berlangsung secara lebih mudah.

3. Surat Rekomendasi

Berikutnya yakni surat rekomendasi. Surat rekomendasi menjadi penting keberadaannya untuk mendaftar Beasiswa Universitas Nasional Seoul. Surat rekomendasi dapat disesuaikan dengan jenjang lanjutan yang hendak diambil.

Misalnya, untuk beasiswa yang disediakan  di jenjang sarjana maka surat rekomendasinya berasal dari guru sekolah asal ataupun kepala sekolah asalnya. Sedangkan untuk jalur pascasarjana, biasant surat rekomendasi dapat diberikan oleh dosen selama jenjang sarjana ataupun pembimbing penelitiannya.

Baca Juga »  7 Rekomendasi Jurusan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Akreditasi A

4. Perjanjian Pelamar

Perjanjian pelamar ini biasanya juga harus dilampirkan dalam salah satu persyaratan. Untuk mendapatkan form nya bisa diperoleh melalui website resmi penyedia beasiswa tersebut. Isi perjanjiannya dengan seksama dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan, agar hasil yang didapatkan juga sesuai.

5. Penilaian Kesehatan Diri

Dokumen yang juga harus disiapkan untuk pendaftaran beasiswa yakni penilaian kesehatan diri. Dalam penilaian diri ini berisi tentang bagaimana kesehatan di pendaftar terkait pemeriksaan yang dilakukan. Misalnya, apakah seseorang itu memiliki penyakit bawaan ataupun sejenisnya.

6. Salinan Ijazah dan Transkrip

Kemudian yang perlu dipersiapkan adalah salinan ijazah terakhir untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Dokumen ini penting keberadaannya sebagai salh satu bukti bahwa jenjang pendidikan yang ditempuh sebelumnya telah diselesaikan. Untuk itu perlu, adanya dokumen ini.

Selain ijazah, dokumen pendukung lainnya adalah salinan transkrip nilai yang dikeluarkan remi oleh sekolah sebelumnya. Transkrip nilai untuk menunjukkan semua nilai-nilai yang diperoleh selama pendidikan sebelumnya. Dari nilai tersebut, sehingga dapat diketahui bagaimana prestasi siswa tersebut di sekolah sebelum-belumnya.

7. Bukti Kewarganegaraan Pemohon dan Orangtuanya

Selanjutnya, dokumen yang diperlukan adalah bukti kewarganegaraan. Dokumen ini menunjukkan bahwa calon peserta tersebut merupakan kewarganegaraan tertentu. Biasanya dokumen yang digunakan sebagai bukti kewarganegaraan yakni akte kelahiran, kartu keluarga dan paspor.

Bukti kewarganegaraan orang tua pemohon beasiswa juga diperlukan sebagai dokumen pendukung. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan dokumen ini pula sebagai kelengkapan dari pengajuan beasiswa.

8. Sertifikat

Sertifikat serta piagam penghargaan juga perlu dilampirkan dalam dalam dokumen-dokumen untuk pendaftaran beasiswa ini. Dokumen ini juga penting keberadaannya sebagai pendukung dan penunjang dokumen lainnya. Selain itu juga menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh calon pendaftar.

Baca Juga »  Tak Perlu Bingung, Berikut Daftar Universitas Swasta yang Menerima KJP yang Perlu Diketahui

Nah, itulah dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan untuk pendaftaran Beasiswa Universitas Nasional Seoul. Dengan adanya pengetahuan di atas diharapkan dapat mempermudah calon pendaftar. Selain itu, dokumen-dokumen tersebut juga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak mepet waktu pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.