Bingung Jurusan Akuntansi Kerjanya Apa? Ini Sejumlah Profesi yang Bisa Dilakukan

Untuk lulusan SMK yang baru saja lulus mungkin bertanya, jurusan akuntansi kerjanya apa? Pertanyaan ini memang biasa dilontarkan oleh sebagian lulusan SMA yang hendak melanjutkan pendidikan. Apalagi, jika berasal dari jurusan IPA di SMA sebelumnya. Tentu akan mempertanyakan hal tersebut.

Namun, tak perlu khawatir karena ada sejumlah pekerjaan bagi lulusan jurusan akuntansi. Secara umum, akuntansi menjadi banyak kebutuhan perusahaan swasta maupun negeri. Lantas, apa saja prospek kerja seorang lulusan jurusan akuntansi? Berikut ulasannya:

1. Auditor

Auditor memiliki tugas untuk meninjau, melaporkan serta memastikan catatan keuangan suatu perusahaan akurat dan jelas. Dalam suatu perusahaan, auditor punya peranan penting untuk tetap membuat keuangan perusahaan berjalan seperti seharusnya

Pekerjaan ini juga bertugas untuk mengidentifikasi bagian-bagian mana pada keuangan perusahan yang harus dihemat serta melakukan peninjauan terkait mitigasi risiko yang kemungkinan terjadi dan menimpa keuangan perusahaan.

2. Perencana Keuangan

Perencana keuangan menjadi salah satu prospek kerja untuk lulusan jurusan akuntansi. Biasanya, profesi ini akan bertugas untuk membuat rancangan atau perencanaan keuangan untuk suatu perusahaan ataupun bisnis tertentu.

Apalagi dengan perkembangan ekonomi saat ini yang semakin maju juga membuat peluang bagi seorang perencana keuangan memiliki potensi yang besar untuk bisa bekerja di banyak bidang. Mengingat, banyak orang yang sudah mulai memiliki kesadaran akan pentingnya suatu perencanaan keuangan yang matang.

3. Pegawai Pemerintah

Jika muncul pertanyaan, jurusan akuntansi kerjanya apa ? Maka jawaban yang tepat dan umum digunakan untuk menjawab yakni pegawai pemerintah. Sayangnya, pekerjaan ini punya pesaing yang terbilang banyak dan hampir diincar oleh semua masyarakat di Indonesia.

Hal ini lantaran, pekerjaan yang dilakukan sebanding dengan upah yang diberikan. Upahnya juga terbilang sangat banyak ketimbang beban kerja yang diberikan. Wajar, banyak yang mengincar pekerjaan sebagai pegawai pemerintah seperti Bank Indonesia ataupun Otoritas Jasa Keuangan banyak diminati.

Baca Juga »  Minat Kuliah Jurusan Rekam Medis? Ini Prospek Kerjanya

4. Account Officer

Pekerjaan ini seringkali terdengar dibutuhkan di banyak perusahaan swasta. Tugas utama dari profesi ini yakni melakukan evaluasi, melakukan penilaian serta memberikan usulan nilai pinjaman ataupun utang-piutang untuk bisa diberikan oleh perusahaan maupun instansi luar negeri.

Meski begitu, profesi ini memiliki beban yang cukup besar serta resiko yang ditanggung cukup besar pula. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memilih pekerjaan sebaiknya pelajari terlebih dahulu serta tanyakan bagaimana detail pekerjaan sebagai AO ini.

5. Financial Analyst

Pekerjaan berikutnya yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan jurusan akuntansi yakni dengan menjadi financial analyst. Saat ini, profesi ini banyak dibutuhkan lantaran banyak orang yang merasa kesulitan dalam menganalisis keuangannya.

Tugas utamanya sebenarnya melakukan pengamatan, analisis serta pengolahan data untuk melihat oportunity dan evaluasi investasi yang dapat dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan tertentu.

Tugas lainnya yakni melakukan pemeriksaan dan mengidentifikasi agar memperoleh temuan baru untuk input positif klien yang menggunakan jasa ini. Orang yang berprofesi dalam bidang ini harus pandai membuat keputusan dan melakukan prediksi terkait prospek bisnis kedepannya yang bagus untuk kliennya.

5. Budget Analyst

Mempertahankan keuangan suatu perusahaan baik itu besar atau kecil menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Untuk itu, hadirlah profesi budget analyst yang bertugas untuk mengawasi budgeting suatu perusahaan.

Dalam tugasnya sebagai budget analyst memiliki tanggung jawab untuk membantu dalam pengaturan keuangan perusahaan serta menjalankan laporan keuangan agar keuangan perusahaan tetap berjalan stabil. Di satu sisi, tugasnya dengan bekerja sama terkait pendanaan ataupun rencana anggaran yang sesuai dengan keuangan perusahaan.

Nah itulah jawaban atas pertanyaan jurusan akuntansi kerjanya apa, tak perlu khawatir akan hal tersebut. Lantaran, banyak profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan ini. Apalagi dengan kemajuan perekonomian negara saat ini, sektor keuangan menjadi sesuatu hal penting yang patut untuk diperhatikan. Semoga informasinya bermanfaat dan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.