Cara Menggunakan Mobile Banking BNI untuk Nasabah yang Belum Mendaftar

Layanan mobile banking atau e-banking sepertinya sudah dimiliki hampir semua bank yang ada di Indonesia termasuk BNI. Bank Negara Indonesia atau BNI juga menawarkan layanan mobile yang bisa digunakan nasabahnya di manapun dan kapanpun. Namun masih ada nasabah yang tidak mengetahui cara menggunakan mobile banking BNI terutama nasabah yang belum registrasi.

Sebelum menikmati layanan mobile BNI, nasabah memang harus mendaftar atau melakukan registrasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah panduan bagi nasabah yang belum mendaftar untuk segera registrasi akunnya, sehingga bisa memanfaatkan layanan mobile banking BNI.

1. Mendownload Aplikasi BNI Mobile Banking

Hal pertama yang harus dilakukan oleh nasabah BNI untuk mendapatkan layanan mobile banking adalah mendownload aplikasinya. Layanan mobile banking dari BNI terintegrasi pada satu aplikasi bernama BNI Mobile Banking. Aplikasi ini sudah tersedia baik di Play Store Android maupun App Store IOS. Sehingga jenis sistem operasi apapun yang digunakan oleh nasabah pada smartphone tetap bisa menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking ini.

2. Mengunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat

Cara menggunakan mobile banking BNI selanjutnya adalah mendapatkan kode aktivasi. Pada sebagian besar bank di Indonesia biasanya kode aktivasi bisa didapatkan melalui mesin ATM atau mendatangi kantor cabang tersebut. Namun berbeda dengan BNI, di BNI kode aktivasi hanya bisa diperoleh jika nasabah mendatangi Kantor Cabang BNI saja.

Hal ini dilakukan demi kerahasiaan dan keamanan pada akun dan rekening nasabah. Nasabah bisa mendatangi Kantor Bank BNI terdekat. Jangan lupa membawa smartphone yang sudah terinstall aplikasi BNI Mobile Banking di dalamnya.  Untuk layanan ini biasanya nasabah akan diarahkan pada customer service.

3. Melakukan Registrasi

Pada customer service, nasabah akan melakukan proses registrasi. Proses registrasi ini tidaklah lama, biasanya nasabah hanya perlu mengisi beberapa form dan memberikan nomor telepon. Nomor telepon yang digunakan haruslah nomor telepon yang sama, yang digunakan ketika membuka rekening bank. Nomor juga harus terpasang di smartphone yang sudah dipasang aplikasi BNI Mobile Banking. Setelah itu nasabah akan mendapatkan kode aktivasi.

Baca Juga »  Apa Itu Mandiri Investasi Obligasi Nasional? Simak Ulasan Lengkapnya

4. Aktivasi Aplikasi dan Layanan BNI Mobile Banking

Setelah mendapatkan kode aktivasi, nasabah tinggal melakukan aktivasi pada akunnya. Proses aktivasi bisa dilakukan sendiri melalui aplikasi BNI Mobile Banking yang telah di download tadi. Dalam aplikasi nasabah tinggal menekan tombol aktivasi, kemudian masukkan 16 digit yang ada di kartu debit nasabah.

Tidak lama kemudian nasabah akan dikirimi kode OTP. Setelah memasukan kode OTP, nasabah bisa menetapkan Mobile Banking PIN atau MPIN juga password akun. Keduanya ini sangat penting itu selalu diingat dan tidak disebarkan. Karena keduanya menajadi alat verifikasi ketika nasabah melakukan transaksi melalui BNI Mobile Banking.

5. Coba untuk Login pada Akun

Untuk memastikan bahwa akun sudah terdaftar dan aplikasi bisa berjalan dengan baik. Nasabah bisa mencoba untuk login pada akun. Setelah proses aktivasi selesai, nasabah bisa keluar dari aplikasi BNI Mobile Banking kemudian membukanya kembali. Setelah dibuka tampilan BNI Mobile Banking akan berubah dari tampilan awal di download.

Alih-alih perintah aktivasi, akan ada kolom teks untuk memasukan User ID dan MPIN yang sudah ditetapkan saat aktivasi. Nasabah bisa memasukan User ID dan MPIN ke dalam kolom teks tersebut dan login. Tunggu beberapa saat sampai tampilan berubah kembali dan masuk ke dalam akun baru nasabah.

Itulah cara menggunakan mobile banking BNI bagi para nasabah yang belum mendaftar dan melakukan registrasi. Setelah memiliki akun BNI Mobile Banking aktivitas perbankan nasabah pasti akan menjadi lebih mudah. Karena melalui mobile banking BNI, banyak fitur dan layanan perbankan yang bisa dijangkau oleh nasabah hanya dengan sekali klik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.