Cara Membuat Rekening Bank Tanpa KTP, Cocok Bagi Pelajar

Menabung merupakan aktivitas yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Sekarang menabung di bank tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, namun juga remaja bahkan anak. Kendala yang dikhawatirkan biasanya karena belum memiliki KTP. Tidak perlu khawatir, cara membuat rekening bank tanpa KTP bisa dilakukan untuk membuka rekening bank. Beberapa bank memiliki program khusus bagi pelajar maupun anak di bawah 17 tahun dengan syarat yang lebih ringan. Inilah langkah mudah untuk melakukannya.

1. Menyiapkan Berkas Pendukung

Pastikan anak memiliki pendamping untuk mulai melakukan pembukaan rekening bank. Siapkan kartu pelajar beserta fotokopinya dan berkas lain yang diperlukan sesuai persyaratan dari bank, karena cara membuat rekening bank tanpa KTP tidak lepas dari data penting anak beserta keluarga inti.

Ada beberapa bank yang meminta KTP orang tua beserta formulir persetujuan dari orang tua atau wali. Namun ada juga yang hanya meminta foto KTP orang tua melalui pendaftaran online sehingga tidak menyulitkan calon nasabah.

Sekarang semakin banyak bank yang memberi kemudahan pada pelajar untuk membuka rekening, namun pastikan sudah melengkapi berkas sesuai ketentuan seperti kartu keluarga dan akte kelahiran anak.

2. Menyiapkan Dana Awal

Pastikan telah memiliki setoran awal. Jumlah setoran minimalnya bisa berbeda-beda tergantung bank. Biasanya mulai dari 5.000, namun ada juga yang menetapkan angka minimal 50.000 sampai 250.000. Oleh karena itu pilih bank yang terpercaya dan memiliki track record jelas.

Perbanyak informasi seputar bank-bank aman di Indonesia sekaligus layanan yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dalam menabung. Tanyakan seputar setoran awal dan penjelasan lainnya ke customer service yang bertugas. Hal ini penting untuk mencegah kesalahpahaman di kemudian hari.

Baca Juga »  2 Cara Membuka Rekening BCA Online dengan Mudah

3. Mengisi Data

Cara membuat rekening bank tanpa KTP selanjutnya adalah mengisi data pada lembar formulir. Ini adalah langkah penting yang selalu ada di jenis tabungan apapun. Isilah dengan sebenar-benarnya. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas dalam cara pengisian formulir. Setelah itu biasanya akan dimintai kartu pelajar milik calon nasabah.

4. Tanda Tangan

Bubuhkan tanda tangan setelah selesai mengisi formulir. Biasanya customer service akan meminta tanda tangan sebagai pengesahan akhir. Usahakan supaya tanda tangannya tidak berbeda dengan yang ada di kartu identitas atau kartu pelajar.

Biasanya jika ada perbedaan akan diminta untuk mengulangi tanda tangannya sampai mirip. Sesudah itu biasanya akan dikenakan biaya untuk materai dan administrasi. Namun biaya ini cukup terjangkau dan seharusnya tidak membebani.

5. Menyelesaikan Pembuatan Kartu ATM

Buatlah pin yang sulit ditebak namun mudah untuk dihafal. Tunggu sampai kartunya selesai dibuatkan, biasanya tidak memakan waktu lama. Periksa kartu ATM yang telah jadi. Setelah menerima kartu ATMnya dari bank, segera kunjungi ATM terdekat untuk mencoba kartunya sehingga jika terdapat hambatan dapat ditangani saat itu juga.

Manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh bank seperti mobile banking, internet banking, dan lain-lain. Maka dari sana nasabah bisa memeriksa berbagai informasi terkait rekeningnya seperti jumlah saldo, dana masuk dan keluar, hingga penawaran menarik.

Demikian cara membuat rekening bank tanpa KTP yang diperuntukkan bagi pelajar berusia 17 tahun ke bawah. Hal ini sangat baik untuk menanamkan kebiasaan menabung, sehingga di masa depan menabung menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan dan tidak terasa berat. Bank menjadi salah satu pilihan paling aman untuk menyimpan uang. Beberapa bank yang menyediakan program menabung untuk pelajar seperti BCA, Sinarmas, BTN, BRI, hingga BNI.

Baca Juga »  Adakah Cara Buka Blokir ATM BNI lewat Mobile Banking Tanpa Perlu ke Bank

Pencarian Popular

buka rekening bca tanpa e- ktp,Benarkah bikin ATM harus sudah punya ktp,bikin rekening tanpa ktp,Buat atm dari ktp,cara buat kartu atm tanpa k,cara membuat rekening bank tanpa ktp,cara membuat Rekening tanpa KTP,rekening online tanpa ktp,Tidak Pake Ktp bikin rekening

Leave a Reply

Your email address will not be published.