Cara Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan Melalui SIPP

cara merubah no rekening bank di bpjs ketenagakerjaan

BPJS, sebuah program yang dibentuk pemerintah untuk menyasar seluruh masyarakat Indonesia terkait bidang kesehatan. Memiliki BPJS kini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mendaftar dan membayar iuran bulanan. Namun ada kalanya data ini ingin dirubah, teramsuk nomor rekening. Cara merubah no rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui website resmi dari BPJS bernama SIPP. Bila berubah, harus segera diganti karena nomor tersebut digunakan dalam membayar iurannya. Berikut ini langkah mudahnya.

1. Kunjungi Situs SIPP

Buka situs SIPP yang disediakan oleh BPJS ketenagakerjaan. Alamatnya yakni sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id. Website Sistem Informasi Pelaporan Peserta ini dikelola sendiri oleh BPJS. Perusahaan bisa mendaftarkan seluruh karyawannya melalui internet saja, maka laporan pengelolaan dari BPJS akan tercantum lengkap di sana.

Tidak hanya untuk melakukan pendaftaran, SIPP juga memudahkan penggunanya untuk mengurus berbagai hal terkait BPJS. Contohnya memeriksa saldo, melakukan pendaftaran penerima upah, melakukan pelaporan dan pengaduan. Termasuk di antaranya adalah merubah data nomor rekening. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, ketika masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak perlu.

2. Log In di SIPP

Cara merubah no rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan dimulai dengan masuk ke akun pribadi terlebih dahulu. Pada halaman utama, pengguna akan diminta untuk menuliskan alamat e-mail beserta kata sandi yang sudah pernah didaftarkan sebelumnya. Pilih juga nama perusahaan tempat bekerja yang terdapat di kolom. Selanjutnya klik log in dan akan dibawa ke halaman utama BPJS Ketenagakerjaan yang bertuliskan Dashboard Periode Pelaporan.

Pada halaman tersebut akan terdapat berbagai laporan seputar tenaga kerja yang terdaftar di Indonesia. Mulai dari rapel, upah, jumlah iuran, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan masih banyak lagi. Di sini pekerja dapat memeriksa secara berkala terkait pembaruan yang ada sehingga dapat menyesuaikan dan melengkapi data tertentu apabila dibutuhkan.

3. Mencari Nama Tenaga Kerja

Scroll layarnya ke bawah, di sana akan ada daftar nama dari tenaga kerja yang terdaftar di perusahaan yang telah dipilih. Data yang terdapat di sana seperti NIK, nomor pegawai, nama, upah, hingga status. Cari nama yang ingin diganti nomor rekeningnya, kemudian di sebelah kanan sendiri akan ada tulisan “Action”. Klik pada tulisan tersebut, lalu akan muncul empat sub menu di bawahnya. Lanjutkan dengan memilih opsi “Edit Profil”.

4. Memilih Nama Bank

Perhatikan data yang disuguhkan di halaman selanjutnya, yaitu data-data pribadi dari tenaga kerja bersangkutan termasuk tanggal lahir, NIK, nomor pegawai, nomor handphone, hingga nomor rekening. Cara merubah no rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan berikutnya dengan memilih opsi “Nama Bank”. Klik pada bagian tersebut, lalu akan muncul daftar nama seluruh bank yang ada di Indonesia. Pilih pada satu bank yang digunakan.

5. Merubah Nomor Rekening

Ketikkan nama pemilik rekening di bagian “Nama Rekening” sesuai yang sudah didaftarkan di banknya. Sesudah itu ketikkan juga nomor rekeningnya pada bagian “Nomor Rekening” di sebelah kanan. Setelah mengisi dan memeriksa kembali, langsung klik “Save Changes” untuk menyimpan datanya.

Melakukan langkah tersebut, nomor rekening telah berhasil dirubah di profil pribadi. Pengguna juga memiliki opsi untuk merubah data tenaga kerja secara masal (banyak orang sekaligus) melalui Koneksi Data TK Masal kemudian download template berupa file excel yang bisa diganti sesuai instruksi nantinya.

Demikianlah cara merubah no rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diselesaikan dengan mudah lewat website SIPP. Inovasi ini sangat bagus karena selain menghemat waktu dan tenaga juga menjaga kesehatan diri masing-masing. Kontak dapat dilakukan secara online tanpa harus mendatangi tempatnya langsung sehingga lebih minim risiko.

Pencarian Popular

https://wartaterbaru com/3053/cara-merubah-no-rekening-bank-di-bpjs-ketenagakerjaan-melalui-sipp html,cara ganti no rek pada akun jamsostek,https://www wartaterbaru com/3053/cara-merubah-no-rekening-bank-di-bpjs-ketenagakerjaan-melalui-sipp html,cara mengubah bank di bpjs,cara mengganti nomor rekening bpjs kete,cara merubah no rekening bank di bpjs ketenagakerjaan,cara mengubah nama rekening di bpjs ketenagakerjaan,cara mengubah rekening yang ter,cara merubah rekening di bpjs ketenagakerjaan,cara mengganti no rek pada aplikasi jmo,Cara isi no re,Apa kah bisa rekening bpjs ketenagakerjaan di ganti rekening yang lain,Cara mengisi no rekening BPJS ketenagakerjaan,memasukan no rek bank di aplikasi bpjsku,ganti rekening bpjs,rekening di bpjs salah tulis,cara cek nomor rekening bpjs ketenagakerjaan,cara daftar nimer rekening ke akun bojs,Cara ganti rekening BSU,cara ganti rekening bpjs kesehatan online