Cara Membuat Rekening untuk Anak Dibawah 17 Tahun dengan SimPel

Cara Membuat Rekening untuk Anak Dibawah 17 Tahun dengan SimPel

Kegiatan menabung adalah kegiatan yang harus dibiasakan sejak kecil. Jika seseorang tidak mulai menabung sejak kecil, sewaktu dewasa akan sulit menyimpan uang. Tetapi membuka rekening di bank diperlukan KTP, sedangkan anak dibawah 17 tahun belum memiliki KTP. Jawabnya anak bisa memilih tabungan Simpanan Pelajar ( yang disingkat SimPel). Bagaimana cara membuat rekening untuk anak dibawah 17 tahun menggunakan SimPel?

SimPel memang diperuntukkan spesial untuk murid PAUD sampai SMA di tanah air. SimPel adalah program nasional untuk mendidik dan pendekatan finansial guna membiasakan pelajar menabung sejak muda. Berikut langkah-langkah membuka SimPel:

1. Pergi ke Salah satu Bank Nasional

Cara membuat rekening untuk anak dibawah 17 tahun dengan SimPel yang pertama adalah datang ke salah satu bank nasional. Karena ini program negara, maka hampir semua bank melayani pembukaan SimPel termasuk bank pemerintah seperti BRI, BNI atau Bank Mandiri, bank swasta seperti BCA Bank Sinarmas juga bank pemerintah daerah seperti Bank Jateng.

Ada sekolah yang bekerja sama dengan bank untuk program SimPel. Jika sekolah dari pelajar yang ingin membuka SimPel bisa melayani pembukaan tabungan, pelajar tidak perlu mendatangi kantor bank, cukup minta bantuan guru yang mengurus pembukaan SimPel.

2. Lampirkan Dokumen yang Diperlukan

Pelajar memang belum mempunyai KTP, tetapi sejumlah dokumen akan diminta oleh bank dari pelajar yang mau membuka SimPel. Dokumen-dokumen yang diminta adalah: fotokopi surat tanda lahir, fotokopi kartu keluarga dan fotokopi KTP ayah atau ibu atau wali dari pelajar tersebut. Pembuka rekening sebaiknya menyiapkan fotokopi ketiga surat penting yang diminta dari rumah.

3. Melengkapi Form untuk Buka Rekening

Mengisi form adalah cara membuat rekening untuk anak dibawah 17 tahun yang berikutnya. Tiap-tiap bank memiliki formulir seperti ini. Isi saja pertanyaan pada formulir berdasar dokumen yang diminta seperti no.2 dan kenyataan sebenarnya. Beberapa bank mungkin meminta pelajar atau orang tua/ wali mengisi form tambahan buka rekening khusus untuk orang tua atau meminta surat persetujuan buka rekening dari orang tua/ wali pelajar.

Baca Juga »  Apa Itu Mandiri Investasi Obligasi Nasional? Simak Ulasan Lengkapnya

Pertanyaan-pertanyaan pada blangko pembukaan rekening biasanya ialah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nama orang tua, pekerjaan orang tua atau alamat orang tua/wali. Pelajar hendaknya mengisi data pada formulir yang disediakan dengan jelas.

4. Menyerahkan Setoran Awal

Guna mengaktifkan tabungan SimPel, pembuka tabungan harus menyerahkan setoran awal paling sedikit lima ribu rupiah. Rekening dari tabungan SimPel ini bebas biaya bulanan bank. Tetapi konsekuensinya rekening dari tabungan SimPel ini tidak akan mendapatkan bunga. Meskipun demikian beberapa bank memberi reward tertentu pada pelajar yang rajin menabung lewat SimPel.

5. Menandatangani Buku Tabungan

Membubuhkan tanda tangan pada buku tabungan SimPel adalah cara membuat rekening untuk anak dibawah 17 tahun selanjutnya. Beberapa bank yang memberi kartu ATM bagi penabung yang mempunyai rekening SimPel minimal Rp. 500.00,- (contohnya Bank KalTeng) namun beberapa tidak memberikan ATM pada pemilik tabungan SimPel (contohnya BRI).

Jika mendapat ATM card, pelajar harus membuat PIN. Nomor PIN sebaiknya diingat baik-baik, jangan diberitahukan pada siapa pun. Jika tidak mendapat ATM, untuk mengecek saldo pelajar bisa datang ke bank atau melalui sms sesuai dengan format yang sudah ditentukan oleh bank.

Itulah lima cara membuat rekening untuk anak dibawah 1 7 tahun dengan SimPel. Program SimPel ini bertujuan baik bagi anak-anak Indonesia karena itu sebaiknya para pelajar memanfaatkannya. Ke depannya ada rencana pemerintah untuk mengaitkan tabungan SimPel ini dengan program Kartu Indonesia Pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.