Penyebab Face ID IPhone X Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya!

Penyebab Face ID IPhone X Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya!

Kasus yang seringkali ditemui pada perangkat iPhone X yaitu kerusakan pada bagian sistem keamanan face ID. Face ID digunakan untuk memindai wajah pemilik iPhone sebagai bentuk pengamanan perangkat bagi penggunanya. Ada beberapa penyebab face ID iPhone X tidak berfungsi dengan baik dan optimal. Kerusakan yang terjadi tidak serta merta menjadi sebuah masalah besar sehingga tidak dapat diperbaiki. Pengguna iOS tidak perlu khawatir, karena masih ada berbagai cara agar face ID milik iPhone X dapat berfungsi kembali.

Apa Saja Penyebab Face ID IPhone X Tidak Berfungsi?

Face ID memang bukan satu-satunya sistem keamanan pada iPhone X. Namun, face ID juga termasuk komponen penting dari sistem keamanan pilihan di iPhone X. Lantas, apa jadinya jika face ID tidak bisa berfungsi secara optimal? Kenali beberapa penyebab face ID pada iPhone X yang tidak berfungsi sebagai berikut:

1. Layar Sensor Error

Face ID yang mengalami kerusakan atau error menyebabkan layar sensor face ID tidak dapat membaca wajah pengguna. Ada beragam penyebab kerusakan. Misalnya, perangkat iPhone pernah kemasukan air dalam waktu yang relatif lama atau sensor face ID yang terkena benda-benda kecil dari luar. Kerusakan-kerusakan tersebut bisa terjadi tergantung dari masing-masing penggunaan.

2. Penggantian Komponen

Selain penyebab pertama, face ID juga tidak bisa berfungsi karena adanya komponen perangkat iPhone yang sudah diganti, salah satunya layar. Biasanya, pengguna iPhone X mengganti layar karena memang layarnya mengalami retak akibat beberapa hal. Pergantian inilah yang bisa menyebabkan face ID menjadi tidak dapat berfungsi dengan optimal.

3. Kendala Update iOS

Penyebab face ID iPhone X yang tidak berfungsi selanjutnya adalah karena ada kendala saat update iOS versi terbaru. Pada beberapa waktu tertentu, sistem iOS akan memberikan notifikasi pembaruan pada software. Pastikan memiliki koneksi stabil dan baterai memadai saat melakukan pembaruan agar tidak ada kendala sehingga menyebabkan iOS gagal update.

Cara Mengatasi Face ID IPhone X yang Tidak Berfungsi

Setelah mengenali beberapa penyebab face ID iPhone X tidak berfungsi, berikut ini cara-cara untuk mengatasinya. Simak langkah-langkah memperbaiki perangkat sistem keamanan face ID yang error pada iPhone X di bawah ini:

Baca Juga »  Mobil Listrik : Tersediaan Pos Pengisiannya masih Lambat

1. Periksa Pengaturan

Cara untuk mengatasi face ID tidak berfungsi adalah memeriksa pengaturan face ID itu sendiri. Pengguna iPhone X bisa masuk pada menu Pengaturan, pilih Face ID dan Kode Sandi. Pada langkah ini, pastikan pengaturannya sudah tepat. Pengguna bisa memilih kebutuhan penggunaan face ID dengan mengaktifkan salah satu atau semuanya menunya.

2. Periksa Kamera TrueDepth

Setelah memeriksa pengaturan face ID, pengguna juga perlu memastikan bahwa kamera TrueDepth aman. Pastikan supaya kamera iPhone tidak tertutup oleh benda apapun, termasuk pelindung layarnya. Apabila kamera TrueDepth terhalang oleh benda sehingga gagal mendeteksi wajah maka akan ada peringatan “Kamera Tertutup”

3. Tambahkan Tampilan Alternatif

Sebelum menambahkan tampilan alternatif, pastikan wajah pengguna juga tidak terhalang benda apapun. Perangkat iPhone dengan sistem face ID juga perlu mempelajari setiap perubahan wajah pengguna. Cara mengatur tampilan alternatif bisa dilakukan pada menu Pengaturan, pilih Face ID dan klik Atur Tampilan Alternatif.

Gunakan perangkat iPhone sebaik mungkin untuk mencegah kerusakan-kerusakan yang terjadi, terutama pada bagian face ID. Penyebab face ID iPhone X tidak berfungsi bermacam-macam. Kenali beberapa penyebabnya terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan solusi ketika akan memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.