5 Alasan Mengapa Tidak Bisa Instal Aplikasi di Playstore

Pengguna ponsel android banyak memanfaatkan aplikasi bawaan ini, playstore. Aplikasi yang mendapatkan rating yang tinggi ini, dipilih dengan adanya pengembangan setiap saat yang mendukung kemajuan ponsel. Fungsi utamanya adalah untuk menginstal aplikasi, lantas bagaimana bila tidak bisa instal aplikasi yang diinginkan di Playstore? Adakah cara mengatasi masalah ini? Berikut 5 alasan mengapa tidak bisa instal aplikasi di Playstore yang penting diketahui:

1. Kelebihan Penyimpanan Pada Ponsel

Ponsel yang sudah memiliki penyimpanan internal, terkadang juga ditambah dengan penyimpanan eksternal memiliki kapasitas. Play Store sudah dirancang otomatis dengan memastikan penyimpanan ponsel sebelum menginstal aplikasi. Alangkah baiknya, sebelum menginstal aplikasi memastikan terlebih dahulu kapasitas ponsel. Penyimpanan eksternal tidak membantu dalam hal ini, Playstore hanya memanfaatkan penyimpanan internal. Memindahkan data dari penyimpanan internal ke eksternal menjadi solusi yang menolong.

Setelah memastikan bahwa ponsel memiliki penyimpanan yang cukup, dapat dipastikan Playstore dapat digunakan kembali. Terkadang memelihara hp bukan hanya dengan membersihkan bagian luarnya saja. Ada kalanya untuk membersihkan bagian dalam hp dengan memeriksa kesehatan baterai dan memastikan penyimpanan nya cukup. Pemeliharaan tersebut memang tidak harus dilakukan setiap hari, cukup dilakukan seminggu sekali, atau tiga hari sekali.

2. Memeriksa Pengaturan Waktu Pada Hp

Memeriksa pengaturan waktu terkadang sering dilupakan, meskipun begitu akan lebih baik mulai sekarang membiasakan diri untuk memeriksanya. Bukan hanya karena dipengaruhi penyimpanan saja, bila pengaturan waktu pada hp tidak sesuai, tentu playstore tidak akan bisa digunakan. Memahami hal tersebut, langkah yang dapat dilakukan ketika tidak bisa instal aplikasi di playstore adalah dengan mengatur ulang waktu pada hp.

3. Memeriksa Kuota Internet

Playstore sudah diatur secara otomatis tidak akan terhubung bila tidak memiliki koneksi internet. Sekedar memastikan sebelum menyatakan bahwa playstore yang digunakan bermasalah, bisa dengan menghubungi operator jaringan dan memeriksa kuota. Bukan hanya kuota saja yang perlu diperiksa, tetapi juga sinyal yang dimiliki. Jangan sampai sinyalnya buruk, karena bila itu terjadi dipastikan playstore tidak dapat digunakan.

Baca Juga »  Botol kecil yang penting untuk melawan Covid

Menggunakan wifi juga perlu menggunakan cara yang sama, yakni dengan memeriksa koneksi jaringan. Semakin sering hp mengalami kendala jaringan, akan semakin sulit untuk menginstal aplikasi melalui playstore. Pastikan juga koneksi jaringan ketika mengunduh aplikasi aman, tidak menghilang. Cara lanya, bila sinyal sering hilang bisa dengan mencoba berpindah lokasi atau juga mengganti jaringan.

4. Aplikasi Tidak Cocok Untuk Hp

Bukan hanya dikarenakan faktor-faktor tadi saja. Bisa saja  aplikasi yang sudah ada di playstore tidak cocok untuk hp yang digunakan. Misalkan saja, untuk aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store tidak bisa di instal melalui playstore. Sederhananya begini, aplikasi yang tidak dapat di instal bisa jadi disebabkan perangkat yang tidak cocok.

Melakukan pemeriksaan terhadap perangkat hp menjadi solusi yang paling dasar dalam mengatasi masalah ini. Semakin mudah bila pengguna sudah mengenali perangkat yang digunakan. Pembaharuan juga akan bermanfaat bila memang ada, dan hal itu bisa menjadi penolong. Solusia ini memanglah biasa akan tetapi pengaruhnya besar.

5. Memeriksa Akun Gmail

Mencoba cara yang sama selama beberapa kali memang menyebalkan, keputusan terakhir yang bisa dilakukan adalah memeriksa akun gmail. Mengapa akun gmail? Tentu saja karena akun gmail memiliki hubungan yang erat dengan Playstore. Mulailah dengan melakukan sinkronisasi pada akun Gmail. Bila terdapat suatu kendala, email akan memberikan bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Menyelesaikan masalah tidak bisa instal aplikasi di Playstore dapat diselesaikan dengan mudah, utamanya bila memiliki niatan. Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa playstore sering bermasalah, semoga dapat membuat pengguna lebih berhati-hati. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.