Inilah Informasi Penting Mengenai Apa Itu Fitur NFC di HP Android yang Harus Diketahui

Inilah Informasi Penting Mengenai Apa Itu Fitur NFC di HP Android yang Harus Diketahui

Punya ponsel tapi tidak paham dengan fitur yang di dalamnya? Hal tersebut tentu saja sering terjadi. Terlebih jika fitur itu terdengar asing karena tidak pernah digunakan. Hal itu juga berlaku pada fitur NFC. Berbagai

 pertanyaan muncul mulai dari apa itu fitur nfc di hp android? Bagaimana cara kerjanya? dan apa kegunaannya?

Inilah informasi penting tentang NFC di HP Android! NFC adalah fitur yang bisa menjangkau beberapa fungsi dalam sekali waktu. Akan tetapi sangat jarang yang tahu bahkan banyak tidak tahu sama sekali. Untuk itu silahkan disimak beberapa fungsi di bawah ini.

Penjelasan Tentang Fitur NFC Di HP Android

Sebelum mengetahui dan memahami lebih dalam tentang bagaimana dan apa itu fitur NFC di HP Android harus terlebih dahulu untuk mengetahui apa pengertiannya. NFC adalah fitur komunikasi yang bisa menyambungkan beberapa perangkat yang ada di dalam satu wilayah atau area yang dekat. Memang benar fitur ini tidak terdapat di seluruh ponsel Android yang ada di pasaran. Fitur ini hanya tersedia di HP mind range atau flagship saja.

Untuk memastikan apakah ponsel pengguna terdapat fitur ini atau tidak bisa dilihat di body ponsel. Biasanya tertulis NFC di bagian belakang atau samping ponsel tergantung merknya. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu aktifkan saja pada shortcut ponsel pengguna secara langsung. Posisinya biasanya di atas sejajar dengan WiFi dan Hotspot Pribadi. Selain itu juga bisa membukanya di pengaturan. Pilih networks dan aktifkan mode NFC. Mayoritas bilang bahwa bluetooth dengan NFC itu sama.

Ya, itu tidak salah tapi sedikit keliru!. Hal yang mungkin bisa disebut sama adalah sama-sama dalam mengirimkan informasi membutuhkan gelombang radio dan electric. Terdapat sedikit perbedaan perlakuan terhadap komponen pasifnya. NFC bisa mengirimkan data hanya dengan cara menginduksi arus elektrik yang ada di komponen pasif sementara bluetooth tidak. Berbeda dengan bluetooth yang bisa mengisi daya ke perangkat NFC ini tidak bisa. Selain itu juga kecepatan transfer datanya 13.56 mHz yang tentu saja lebih cepat daripada bluetooth.

Fungsi dan Manfaat dari NFC

NFC berfungsi sebagai konektor yang menyambungkan dua buah alat atau perangkat yang berbeda dengan cara mendekatkan keduanya. Penting untuk diketahui fitur ini hanya akan berfungsi jika perangkat tersebut masih dalam satu area dan jaraknya hanya beberapa sentimeter saja. Untuk manfaat dan kegunaannya, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga »  Inilah 7 Aplikasi Buat Curriculum Vitae Terbaik yang Unik dan Wajib Dicoba!

1. Bisa Membuka dan Menutup Aplikasi Secara Otomatis

Dengan adanya NFC Tag memungkinkan pengguna bisa secara otomatis mengakses sebuah aplikasi. Semua aplikasi yang terhubung dengan ini tidak perlu terlebih dahulu membuka menu. Hanya dengan tekan fitur NFC tag bisa langsung terbuka. Dengan ini juga pengguna bisa dengan mudah mengubah mode, volume, maupun lightin dan sebagainya. Jadi lebih cepat dan praktis hanya sekali sentuh.

2. Memberitahukan Informasi Lokasi Pengguna

 Hal ini karena NFC dilengkapi LBS yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui berbagai informasi tentang lokasi tertentu. Untuk mengetahui posisi pengguna cukup hanya dengan scan petanya dengan NFC ini. Akan tetapi, sebelumnya check in terlebih dahulu di NFC tag.

3. Melakukan Pembayaran Digital dan Tugas Khusus

Fitur ini memunginkan pengguna untuk mengirimkan pesan khusus setiap harinya. Hal kecil contohnya jika pengguna adalah seorang pedagang untuk memberi perhatian bisa mengirimkan pesan ucapan selamat pagi kepada konsumen. Pesan ini akan otomatis terkirim dengan waktu yang telah disetting sebelumnya. Untuk jumlah orangnya juga tidak dibatasi jadi pengguna bebas mengirim ini sistemnya seperti broadcasting tapi pesannya otomatis.

Selain bisa memberikan ucapan, juga bisa melakukan pembayaran. Caranya hubungkan NFC terlebih dahulu dengan alat yang tersedia di toko kemudian tap NFC Tag. Dengan itu tidak perlu membawa uang tunai berlebih kemana-mana. NFC juga bisa digunakan untuk membayar e-tol.

Itulah informasi penting tentang apa itu fitur NFC di HP Android yang harus pengguna ketahui. Fitur penting yang sangat jarang digunakan bahkan terlupakan. Padahal NFC mempunyai fitur dan manfaat yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.