Tekno  

5 Cara Menambah NFC di Hp Non NFC

5 Cara Menambah NFC di Hp Non NFC

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, teknologi ini biasanya dimanfaatkan untuk transaksi pembayaran virtual. Tidak banyak smartphone yang dijual dengan fitur NFC bawaan, karena itu para pengguna smartphone non NFC harus mengetahui cara menambah NFC di hp. Memang jika dibandingkan dengan bluetooth atau WiFi, teknologi NFC masih kalah populer. Bukan berarti tidak penting sama sekali.

Di Masa depan ada kemungkinan besar, NFC menjadi cara baru untuk bertransaksi. Memiliki smartphone yang memiliki fitur NFC akan sangat membantu. Bagaimana jika smartphone belum memiliki fitur NFC. Tidak perlu terlalu khawatir, karena 5 cara di bawah ini bisa dilakukan untuk pengguna smartphone non NFC.

1. Adaptor NFC Eksternal

Untuk smartphone yang belum memiliki fitur NFC, bisa menambah NFC di hp dengan menggunakan adaptor NFC eksternal. Cara ini adalah cara yang cukup umum digunakan dan paling populer. Karena pengguna tinggal pasang saja adaptor NFC ke smartphone, tidak perlu membongkar pasang smartphone untuk memasang fitur NFC.

Terlebih lagi adaptor NFC eksternal ini bisa dilepas pasang dengan mudah dari smartphone. Jika pengguna sedang tidak bertransaksi atau tidak menggunakan NFC. Adaptor NFC Eksternal bisa dilepas lebih dahulu dari smartphone dan disimpan di tempat yang terpisah.

2. Sticker NFC

Cara menambah NFC selanjutnya adalah menggunakan sticker NFC.  Selain berbentuk perangkat eksternal, NFC juga ada yang berbentuk sticker. Namun sticker NFC ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Biasanya sticker NFC dikeluarkan oleh produsen tertentu, sehingga transaksi yang bisa dilakukan umumnya cukup terbatas.

Terbatasnya karena kerja sama produsen NFC dengan merchant-merchant tertentu. Contohnya seperti sticker NFC yang dikeluarkan oleh T-Cash.  Sticker ini hanya berlaku untuk pembayaran melalui aplikasi pembayaran Telkomsel dan merchant yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel. Produsen Samsung sendiri juga tengah mengembangkan teknologi sticker NFC. Sticker NFC dari Samsung ini diklaim bisa bekerja seperti fitur NFC bawaan pada smartphone.

3. Micro SD NFC

Beberapa merk Micro SD atau Memory Card memiliki fitur tambahan NFC di dalam chipnya. Jika dipasang di smartphone NFC, Micro SD ini dapat memberikan fitur tambahan NFC pada smartphone. Merk yang umumnya memiliki fitur ini adalah Optelio Gemalto, Netcom, Credense, Device Fidelity dan Tyfone. Harga dan ukuran memorinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Cara menggunakannya pun mudah, tinggal pasang saja Micro SD dengan fitur NFC pada slot Micro SD pada smartphone. Kemudian dalam pengaturan carilah menu ‘Micro SD’ akan ada fitur NFC di dalamnya yang bisa diaktifkan. Kemudian fitur NFC bisa digunakan oleh smartphone tapi keberadaan Micro SD NFC di Indonesia sendiri terbilang cukup langka.

4.  SIM Card NFC

Sama seperti Micro SD NFC, SIM Card NFC sama langka keberadaannya di Indonesia. Seiring perkembangannya memungkinkan teknologi SIM Card NFC menjadi solusi baru bagi perangkat smartphone yang belum memiliki fitur NFC. Teknologi SIM Card NFC sendiri tengah dikembangkan di Singapura. Tujuannya adalah untuk pembayaran alat transportasi publik di negeri singa tersebut.

5. Menambah fitur NFC dengan Membongkar Smartphone

Cara terakhir yang disarankan dalam daftar ini adalah untuk menambah perangkat NFC langsung ke dalam tubuh smartphone. Penambahan perangkat keras untuk reader NFC sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang profesional. Untuk menambahkan perangkat NFC dengan cara ini, berarti para pengguna smartphone harus rela smartphonenya dibongkar untuk menambahkan fitur.

Itulah 5 cara menambah NFC di HP yang non NFC, jika pengguna benar-benar membutuhkan fitur NFC kelima cara di atas bisa menjadi solusi. Masing-masing cara memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan para pengguna.

Pencarian Popular

https://wartaterbaru com/2988/5-cara-menambah-nfc-di-hp-non-nfc html,Cara pasang NFC di HP non NFC,nfc eksternal,cara menambah nfc di hp non nfc,cara rubah hp non nfc jadi nfc,Menambah Fitur FNC pada HP android,Aplikasi untuk hp non android,cara pasang nfc di realme 5 pro,cara mengakali hp yang tidak ada nfc,Cara menambahkan nfc di hp yang belum suport,cara menambahkan nfc di hp,Alat untuk menambah NFC pada ho,cara menambah nfc di hp,cara membuat hp jadi nfc,cara membuat aplikasi nfc android,apakah bisa pasang nfc di hp,cara hp jadi nfc,Cara bikin nfc dihp,ubila hp tidak punya nfc,cara agar hp bisa nfc