Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama Serta Besaran Biayanya

wartaterbaru.com – Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama Serta Besaran Biayanya. Setiap nasabah bank biasanya bertanya tentang perbedaan jaringan ATM yang digunakan.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki beberapa jaringan ATM anggota Cirrus, seperti ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan ATM. Dengan cara ini, nasabah penasaran dengan perbedaan antara masing-masing jaringan ATM.

Beda 2 jaringan ATM di Indonesia. Dimana akan dibahas yaitu perbedaan ATM LINK dan ATM Bersama.

Mungkin berawal dari Anda, nasabah Bank Indonesia bahkan sering melakukan transaksi perbankan di mesin ATM Link dan ATM Bersama. Namun, terkadang banyak nasabah yang tidak mengetahui perbedaan antara kedua jaringan ATM itu sendiri.

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

1. Bank Anggota

Perbedaan pertama berasal dari bank anggota kedua ATM tersebut. Dimana ATM Link juga bisa disebut Bersama. Perbedaan ATM Link hanya dapat digunakan untuk nasabah anggota Himbara seperti BRI, BNI, BTN dan Mandiri.

Sedangkan ATM BERSAMA merupakan jaringan ATM pertama yang beroperasi di Indonesia dengan jumlah anggota melebihi ATM Link yang mencapai 94 anggota. Anggota bersama itu sendiri termasuk bank swasta, bank daerah dan bank Himalaya.

2. Ciri- Ciri

Perbedaan kedua terletak pada ciri fisik mesin ATM, Sekilas tidak jauh berbeda antara ATM Link dan ATM Bersama. Perbedaannya terletak pada logo yang ada di ATM, termasuk ATM Link dan ATM Bersama.

Dengan cara ini, ketika Anda melakukan transaksi, silakan tarik tunai, periksa saldo, pembayaran, atau lainnya. Anda hanya perlu melihat logo yang ditempel di unit mesin ATM tersebut untuk mengetahui jenis ATM yang digunakan.

Selain perbedaan fisik di atas, ATM Link dan ATM Bersama juga memiliki warna ATM yang berbeda. Warna merah dan putih ATM Link mana yang lebih menarik dibandingkan ATM Bersama.

Baca Juga »  Cara Membuat Rekening Bank Tanpa KTP, Cocok Bagi Pelajar

3. Bayaran Transaksi

Dalam hal biaya transaksi, kedua jaringan ATM itu berbeda. Misalnya, saat transaksi tarik tunai dilakukan di ATM Link, ATM Link memberikan benefit kepada nasabah Himbara dalam bentuk non discount.

Hanya ada diskon saat melakukan transfer, dan jumlahnya akan berbeda satu sama lain. Cara transfer ke bank BUMN atau bank swasta berbeda, biaya transfer ke BUMN Rp 4.000, sedangkan ke bank swasta Rp 6.500.

Sedangkan untuk ATM Bersama, Anda akan dikenakan biaya transaksi tarik tunai sebesar Rp 7.500. Lalu, untuk transfer tiap transaksi berkisar Rp6.500-Rp8.000, tergantung jenis transfernya.

ATM Bersama
Foto : banksentral.com

ATM Link dapat buat bank Apa saja

ATM Link adalah seluruh ATM yang dimiliki oleh empat (4) bank negara yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank BTN dengan logo ATM Link. Saat ini terdapat 53.000 ATM link di seluruh Indonesia.

Fitur yang dipunyai ATM Link

Pelanggan bisa melaksanakan transkasi:

  1. Pembayaran Tagihan
  2. Transfer Antar Bank
  3. Cash Withdrawal / Penarikan Tunai
  4. Pembelian Pulsa
  5. Balance Inquiry / Cek Saldo
  6. Isi ulang / top up uang electronic Himbara (e-Money, Brizzi, Tapcash dan Blink). Khusus untuk isi ulang uang electronic, untuk saat ini masih dilakukan di ATM Bank Himbara penerbit, yaitu :
    1. Kartu Brizzi ke ATM Link dengan logo Bank BRI
    2. Kartu Blink ke ATM Link dengan logo Bank BTN atau logo Bank Mandiri
    3. Kartu Tapcash ke ATM Link dengan logo Bank BNI
    4. Kartu e-Money ke ATM Link dengan logo Bank Mandiri atau Bank BTN

Manfaat menggunakan ATM Link

Nasabah Bank Himbala (Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN) yang bertransaksi melalui ATM Link dapat memperoleh banyak keuntungan melalui ATM Link, yaitu:

  1. Mudah dijangkau, dengan jumlah ATM 53 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjangkau hingga pelosok terpencil di tanah air.
  2. Gratis biaya Cash Withdrawal / Penarikan Tunai di seluruh jaringan ATM Link
  3. Biaya yang lebih murah untuk transaksi transfer antar Bank Himbara di seluruh jaringan ATM Link dibandingkan dengan jaringan ATM lainnya, yaitu sebesar Rp 4.000,- (empat ribu rupiah)
  4. Gratis biaya Balance Inquiry / Cek Saldo di seluruh jaringan ATM Link
Baca Juga »  Aplikasi Investasi yang Terdaftar di OJK, Terjamin dan Bagus Untuk Pemula

Nominal jumlah transaksi di ATM Link

No Fitur Mandiri
Silver
Mandiri
Gold
Mandiri
Platinum
Mandiri
Platinum
Khusus
1 Tarik Tunai 10 Juta  10 Juta  10 Juta  10 Juta
2 Transfer inHouse Mandiri **  25 Juta 50 Juta  100 Juta Sesusai Saldo
3 Transfer ke Bank Lain *  5 Juta  10 Juta  25 Juta 25 Juta
4 Bayar & Beli 5 Juta 50 Juta 100 Juta Sesuai Saldo

* Transfer antar Bank Anggota Link, maksimum Rp. 10 Juta / transaksi
** Maksimum Rp. 50 juta/ transaksi

Biaya penarikan tunai ATM Link

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs resmi BRI, Himbara mengenakan biaya transaksi cek saldo sebesar Rp 2.500 dari sebelumnya Rp 0. Untuk transaksi tarik tunai akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dari semula Rp 0.

Sumber : kitaswara.com

Pencarian Popular

daftar biaya transaksi di atm link language:en

Leave a Reply

Your email address will not be published.