Apa Itu Paus Baleen, Kenalan Dulu!!

Wartaterbaru.com – Paus baleen adalah satwa yang umum dijumpai di perairan Indonesia, apalagi di daerah-daerah yang bersisian dengan laut dalam.

Dia menyebut, salah satu ciri khas dari paus baleen adalah pada pertulangan rahang bawahnya, yakni tidak ada tulang penyambung antara rahang kanan dan kiri.

“Memang pertulangan rahang bawahnya tidak memiliki tulang penyambung antara rahang kanan dan kiri. Sehingga ketika terekspose, akan terlihat seperti sepasang gading,” kata Mira. Mengutip Smithsonian Magazine, 1 September 2017, baleen adalah organ yang diandalkan jenis paus tanpa gigi ini untuk menyaring makanan dari laut.

Apa Itu Paus Baleen

Baleen adalah ratusan pelat fleksibel, yang terbuat dari protein struktural keratin, dan tumbuh ke bawah dari rahang atas paus, serta berbaris seperti tirai.

Para peneliti memperkirakan, struktur mulut yang unik itu berevolusi secara bertahap sekitar 30 juta tahun yang lalu, ketika lautan penuh dengan paus bergigi yang bersaing untuk mendapatkan makanan yang terbatas.  Mengutip Kartu Identifikasi Cetacea untuk Samudera Hindia yang diterbitkan oleh Food and Agriculture Organization (FAO),

Jenis paus baleen terdiri dari beberapa spesies, yaitu:

  1. kanan selatan (Eubalaena australis)
  2. kanan pygmy (Caperea marginata) Paus biru (Balaenoptera musculus)
  3. sirip (Balaenoptera physalus)
  4. sei (Balaenoptera borealis)
  5. bryde (Balaenoptera edeni/brydei complex)
  6. omura (Balaenoptera omurai)
  7. minke (Balaenoptera acutorostrata)
  8. minke antartika (Balaenoptera bonaerensis)
  9. bungkuk (Megaptera novaeangliae)
Baca Juga »  Nama Obatnya Sama, Merknya Beda, Harganya pun beda

Leave a Reply

Your email address will not be published.